ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKN KELAS V DI SDN KLAKAHKASIHAN 01 KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2021
Abstrak
ABSTRAK
Peneliti bertujuan untuk mengetahui: (1) Faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada muatan pembelajaran PPKn kelas V di SDN Klakahkasihan 01 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati; (2) Upaya mengatasi kesulitan belajar siswa pada muatan pembelajaran PPKn kelas V di SDN Klakahkasihan 01 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 5 di SDN Klakahkasihan 01 pada tahun pelajaran 2021. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Subyek penelitian ini adalah guru wali kelas 5 dan siswa kelas 5. Objek penelitian ini menganalisis faktor kesulitan belajar siswa pada muatan pembelajaran PPKn dan upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada muatan pembelajaran PPKn. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan, analisis datanya menggunakan analisis deskriptif Miles dan Huberman yang terdiri dari: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/vertifikasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa siswa kesulitan dalam belajar pada muatan pembelajaran PPKn. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada muatan pembelajaran PPKn yaitu: a) Faktor Internal yaitu minat dan bakat siswa, motivasi siswa yang rendah, konsentrasi siswa dalam belajar yang kurang fokus, kurang aktif bertanya pada kegiatan belajar, dan rendahnya siswa pada kegiatan membaca. b) Faktor Eksternal yaitu faktor dari guru kurang maksimal dalam mengajar, cara mengajar guru, metode dan yang digunakan guru, dan kurangnya pengawasan orang tua dalam pendampingan belajar dirumah.
Referensi
Abdullah, N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis Dengan Penggunaan Modelkooperatif Learning Tipe Stad. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(1), 217-225. https://doi.org/10.31004/jpt.v2i2.669
Abdurrahman.(2018). Pendidikan Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahdar, A., & Wardana, W. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis.
Ahmad, N. S. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Harapan.
Alam, Z. (2015). Teknik Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Tingkat Sekolah Dasar. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, 16(1), 5379.
Arfani, Laili. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar Dan Pembelajaran. PPKN & Hukum, 11(2), 81-97. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9679
Atmoko, A. (2011). Model tindakan guru menanggapi perilaku siswa dalam pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(4), 255–264.
Awwaliyah, R., & Baharun, H. (2019). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional (Telaah epistemologi terhadap problematika pendidikan Islam). Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 19(1), 34-49. https://doi.org/10.51468/jpi.v1i2.13
Bakri, Y., Barasandji, S., & Syamsuddin, S. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam memahami isi cerita pendek pada siswa kelas V SDN 25 Ampana. Jurnal Kreatif Online, 4(4).
Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2008, hlm.58.
Dimyati. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Indriyani, E. N. (2019). Implementasi Metode Menggambar Montase Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Kelas IV SD Negeri Karangpari 02 Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Peradaban).
KADIR, R. (2015). Analisis Kesulitan Belajar PKn pada Anak Tuna Grahita (Studi Kasus di Kelas III SLB Kota Gorontalo. Skripsi, 1(151413337.
Kasnadi, J. (2021). Meningkatkan Kreativitas Belajar Melalui Model Pembelajaran Paikem Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 41 Seluma Kabupaten Seluma (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno).
Kebudayaan, K. P. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Akreditasi Program Studi Dan Perguruan Tinggi.
Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84-92. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2419
LIATI, L. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran PKn di SDI Pagandongan I Makassar (Doctoral dissertation, Pascasarjana).
Makmun. 2017. Psikologi Kependidikan. Bandung: Remaja Rosakarya.
Masada, C., & Dachmiati, S. (2016). Faktor Pemengaruh Perilaku Siswa Dan Mahasiswa Menyontek. Sosio E-Kons, 8(3), 227–233.
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630-1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416
Mudjiono, D. d. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyono, A. 2018. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Renaka Cipta.
Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar PPKn DI SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.339
Nursalam, N. 2016. “Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika: Studi Pada Siswa Sd/Mi Di Kota Makasar”. Lentera Pendidikan, 19(1): 1-15. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a1
Ngalimun. 2017. Stategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Persindo.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pritandhari, M. (2016). Penerapan komik strip sebagai media pembelajaran mata kuliah manajemen keuangan mahasiswa universitas Muhammadiyah metro. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 4(2). https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.631
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahayu, R., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Guru Dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 220–229. https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.178
Riyanda, A. R., Herlina, K., dan Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), 66–71.
Rusiadi, R., Aprilia, A., Adianti, V., & Verawati, V. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Stabilitas Ekonomi Dunia (Studi 14 Negara Berdampak Paling Parah). Jepa, 5(2), 173-182.
Sakti, M. G. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Hasil Belajar PPKN Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 12 Sei Kambing (Doctoral dissertation, UNIMED).
SARAGIH, M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kebebasan Berorganisasi Mata Pelajaran Pkn di Kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Medan Selayang TA 2019/2020 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
Slamet. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Tersiana, A.(2018). Metode Penelitian.Yogyakarta : Start Up
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan.
Uno, H. B. (2022). Landasan Pendidikan. Bumi Aksara.
Wicaksono, T. H. (2012). Perilaku Mengganggu Di Kelas. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, VIII(15), 115–130.
Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif model Spradley (etnografi).
Winkel, W. S. 2017. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
YULIANA, A. S. (2019). Analisis kesulitan yang dialami Siswa dalam pembelajaran tematik SDN 064033 jalan parang ii kec. Medan johor TA 2018/2019 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357
Zainal, Arifin Ahmad. 2012. Perencanaan Pembelajaran dari Desain Sampai Implementasinya. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Kata kunci : Kesulitan Belajar, Sekolah Dasar, PPKn learning difficulties, elementary school, Civic Education
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-01
|
Cara Mengutip | : |
Melinda, T., & Dwi Lukitoaji, B. (2024). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN PPKN KELAS V DI SDN KLAKAHKASIHAN 01 KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2021. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 128–138. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1017
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|