ANALISIS PENGARUH DIMENSI FRAUD TRIANGLE TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SELAMA MASA PANDEMI COVID 19
Abstrak
Pada masa pandemi Covid 19, hampir semua sekolah maupun perguruan tinggi menggunakan sistem daring dalam proses belajar mengajarnya. Namun dengan sistem daring ini berbagai kecurangan muncul didunia pendidikan. Kecurangan dilakukan diantaranya copy paste, saling berbagi jawaban, menyalin tugas teman dan sebagainya. Dari fenomena ini maka perlu diadakan penelitian untuk menguji faktor faktor yang mempengaruhi kecurangan akademik dengan menggunakan dimensi Fraud Triangle diantaranya Tekanan, Kesempatan, dan Rasionalisasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan metode pengamatan dan kuesioner yang dibagikan kepada mahasiwa aktif di Program Sarjana STMIK dengan teknik random sampling. Pengolahan dan analisis data dibantu dengan program SPSS. Sebelum mengolah data, dilakukan uji validitas, relaiabilitas, dan normalitas. Penelitian ini menggunakan Uji F dan Uji t dengan derajat kesalahan sebesar 5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel tekanan dan rasionalisasi tidak berpengaruh terhadap kecurangan akademik, sedangkan variabel kesempatan berpengaruh terhadap kecurangan akademik. Namun secara keseluruhan (Uji F), didapat semua variabel, tekanan, kesempatan, dan rasional secara simultan (bersama) berpengaruh terhadap kecurangan akademik. Hal ini menunjukkan bahwa tekanan dan rasionalisasi tidak mempengaruhi mahasiswa melakukan kecurangan, jadi secara garis besar mahasiswa Program Sarjana di STMIK Widya Pratama Pekalongan memiliki kesadaran yang cukup tinggi bahwa kecurangan merupakan tindakan yang tidak diperbolehkan baik secara etika kampus maupun secara norma hukum yang ada.
Kata Kunci : Kecurangan akademik, dimensi Fraud Trianggle, Tekanan, Kesempatan dan Rasionalisasi
Referensi
Ariani, R., Pusporini, A. Y., & Priono, H. (1970). Fraud Triangle Pada Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Pada SMK Negeri 10 Surabaya). Jurnal Mebis (Manajemen Dan Bisnis), 3(2), 26–37. https://doi.org/10.33005/mebis.v3i2.33
Astrina, F., Sabrina, N., Arifin, M. A., & Agustini, H. (2022). Pengaruh Dimensi Fraud Triangle Terhadap Kecurangan Akademik (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Palembang). Jurnal Media Wahana Ekonomika, 19(2), 257. https://doi.org/10.31851/jmwe.v19i2.8935
Bunayya, A. W., Wiralestari, & Safelia, N. (2021). The Effect Of Diamond Fraud Dimensions On Academic Fraud Behavior Of S1 Students Department Of Accounting Faculty Of Economics And Business Jambi University Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademi. Jambi Accounting Review, 2, 144–161.
Deliana, Abdulrshmsn, & Nursiah. (2017). Perilaku Kecurangan Akademik (Academic Fraud) Mahasiswa Akuntansi pada Perguruan Tinggi Negeri di Sumatera Utara. Proceedings: Profesionalisme Akuntan Menuju Sustainable Business Practice, 1995, 772–779.
Maina, N., Diana, N., & Hariri. (2022). Pengaruh Pressure, Opportunity, Rationalization Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Akuntansi Pada Perkuliahan Online (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang Dan Universitas Negeri Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 11(09), 66–73. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view/15837
Maulana, I. R., & Almilia, L. S. (2018). Factors affecting the internet financial reporting (IFR) in banking sector companies listed on the indonesia stock exchange (IDX). The Indonesian Accounting Review, 8(2), 175. https://doi.org/10.14414/tiar.v8i2.1534
Minanari. (2016). Analisa Perilaku Kecurangan Akademik Ditinjau Dari Pengaruh Konsep Fraud Triangle : Tekanan, Kesempatan Dan Rasionalisasi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas XYZ Jakarta). Jurnal Quality, Vol. VI(23), 320–334.
Mushthofa, Z., Rusilowati, A., Sulhadi, S., Marwoto, P., & Mindiyarto, B. N. (2021). Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Siswa dalam Pelaksanaan Ujian di Sekolah. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 446. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3302
Nurkhin, A., & Fachrurrozie, F. (2018). Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNNES. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2026
Nusron, L. A., & Sari, R. T. (2021). Pengaruh Fraud Diamond dan Religiusitas terhadap Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Telaah Bisnis, 21(2), 79. https://doi.org/10.35917/tb.v21i2.173
Saidina, D. A. (2015). Metadata, citation and similar papers at core.ac.uk 4. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Kecurangan Akademik Dalam Perspektif Fraud Triangle Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang, 5(December), 118–138.
Shafina, E., Mardi, & Fauzi, A. (2020). The Effect of Pressure, Rationalization, Religiosity on Academic Fraud Behaviour. International Journal of Economics, Business and Accounting Research, 5(2), 485–498.
Sintiani, G. A., Sulindawati, N., & ... (2020). Analisis Pengaruh Academic Self Efficacy dan Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Academic Fraud)(Studi Kasus pada Mahasiswa Penerima …. JIMAT (Jurnal Ilmiah …, 201–211.
Wahidin, A. N., Asse, A., & Bulutoding, L. (2020). Pengaruh Dimensi Fraud Triangle Terhadap. Islamic Accounting and Finance Review, 1(1), 40–58.
Wulansuci, R., & Laily, N. (2022). Academic Cheating : Dimensi Fraud Diamond Theory. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(2), 154–160. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n2.p154-160
Yendrawati, R., & Akbar, A. W. (2019). The Influence of the Fraud Triangle and Islamic Ethics on Academic Fraudulent Behaviors. Review of Integrative Business and Economics Research (ISSN : 2304-1013), 8(4), 441–457.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Kecurangan akademik, dimensi Fraud Trianggle, Tekanan, Kesempatan dan Rasionalisasi Academic cheating, Dimensions of Fraud Trianggle, Pressure, Opportunity and Rationalization
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-02-14
|
Cara Mengutip | : |
Siswanto, V. A. (2023). ANALISIS PENGARUH DIMENSI FRAUD TRIANGLE TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK SELAMA MASA PANDEMI COVID 19. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 274–286. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1013
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|