PENGARUH KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU

LINCA HARIATI NUR ( SDN 26 JOLLO )
Muh. Yahya ( Universitas Patomo )
Rego Devilla ( Universitas Patomo )
Muqtakdir Nurfalaq Syarif ( Universitas Patomo )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan profesionalisme guru terhadap kinerja guru SDN 26 Jollo, untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru SDN 26 Jollo, dan untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan profesionalisme guru dan kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru SDN 26 Jollo. Jenis penelitian ini adalah penelitian adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian adalah guru SDN 26 Jollo yang berjumlah 10 orang guru. Prosedur pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi kemudian dianalisis mengunakan deskriptif kuantitatif.  Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan profesionalisme guru dan kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru SDN 26 Jollo. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan profesionalisme guru dan kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru SDN 26 Jollo. Hal ini dilihat dari taraf signifikansi yang didapatkan itu sebesar 0,033 artinya lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Serta Fhitung yang didapatkan yaitu  0,033 lebih besar dibandingkan ttabel (K=2, n-k=8) sebesar 4,460. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan profesionalisme guru terhadap kinerja guru di SDN 26 Jollo.

Referensi

Amna Emda. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Yang Profesional. Lantanida Journal, 4(2), 111–117. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1883

Arifin. (1995). Kapita Selekta Pendidikan (Islam dan Umum). Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 19(2), 243–255.

Dewi, T. A. (2015). Pengaruh profesionalisme guru dan motivasi kerja guru ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 24–35. https://media.neliti.com/media/publications/162610-ID-pengaruh-profesionalisme-guru-dan-motiva.pdf https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.148

Dewi, T. anggia. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 24–35. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.148

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence : Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. PT. Gramedia Pustaka.

Hamalik, O. (2015). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara.

Hartawan, H. A. (2020). Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Melalui Kepala Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 386. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29087

Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi Dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269

Kunandar. (2010). Guru Profesional. Rajawali Pers.

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. PT. Remaja Rosda Karya.

Pandipa., A. K. H. (2018). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sma Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua). Raja Grafindo Persada.

Satriyono, G., & Vitasmoro, P. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Di Smp Negeri 4 Kediri. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(1), 31. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.104

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syahrum, Usman, S., & Yamin, N. (2019). Pengaruh Profesionalisme Guru dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di MTS Negeri 2 Bulukumba. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(1), 38–44. https://doi.org/10.23917/jmp.v14i1.8514


Keywords  :  
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Profesionalisme, Kinerja Emotional Intelligence, Professionalism, Performance
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2024-10-07
Cara Mengutip  :  
LINCA HARIATI NUR, Muh. Yahya, Rego Devilla, & Muqtakdir Nurfalaq Syarif. (2024). PENGARUH KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 230–241. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1010
Terbitan  :