KORELASI ANTARA GÜLEN MOVEMENT DENGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Novi Revolina Doriza ( IAIN Curup )

Abstrak

Abstrak: Gűlen Movement adalah gerakan sosial kemanusiaan yang dipelopori oleh Fethullah Gülen. Gerakan ini telah memberikan kontribusi nyata bagi timbulnya kesadaran bersama umat manuisa di 140 negara di dunia untuk sama-sama pengakui pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai dasar kemanusiaan yang terdiri atas cinta kasih (love), tolrenasi (tolerance), rasa perikemanusiaan (humanity), kebersamaan dan ketulusan (integrity, kebutuhan pada pendidikan (education), bimbingan dan asuhan (bringing up the young), kemerdekaan dan kebebasan (freedom), demokrasi (democracy), kesenian (art),  dan pelestarian lingkungan dan konservasi alam (environment and nature). Dalam gerakan ini pendidikan menjadi misi yang sangat urgen untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kemanusiaan tersebut. Sementara di Indonesia pendidikan karakter yang dewasa ini menjadi fokus pembahasan, dalam substansinya substansinya misi dari gerakan ini. Demikian pula Panca Jiwa Pesantren (The Five Souls of Pesantren) yakni; Kejujuran (Sincerity). Kesederhanaan, (Simplicity), moralitas yang tingi (Hight Morality), keluasaan pengetahuan (Wide Knowlwdge), dan latihan pengalaman  (Experience), memiliki spirit moral yang sama dengan model pendidikan Gűlen Movement. Dengan mendiskripsikan sejarah singkat Gűlen Movement serta nilai-nilai yang diusungnya, tulisan ini mencoba mencari kunci keberhasilan model pendidikan Gűlen Movement serta korelasinya dengan karakter pendidikan di Indonesia.

 

Referensi

Abdullah, M. A. (2020). Peluang dan Tantangan Internasionalisasi Pemikiran Muhammadiyah. Jurnal Muhammadiyah Studies, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.22219/jms.v1i1.11405
Akhir, M. (2021). The Implementation Of Character Education In Indonesian Language Learning For Class Va Students At Sd Inpres Parangrea, Bajeng District, Gowa Regency, South Sulawesi. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(2), 329–338. https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.6243
Altuntas, Y. (2015). Kontribusi Gerakan Fethullah Gülen Dalam Membangun Dialog Lintas Agama di Turki.
Asrori. (2017). Humanisasi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal Tarbiyah XXIV, 13(2), 161–176.
Ayan, A. (2019). An Ontological Reading of Turkey ’ s AK Party – Gülen Movement Conflict. E-International Relations, 1–8.
Azhar, M. (2014). Pandangan Murid Terhadap Guru: 60 Tahun Prof. Dr. M. Amin Abdullah. PROFETIKA, Jurnal Studi Islam, 15(1), 28–43.
Canbolat, M. (2017). The Educational Vision Of Fethullah Gülen : Its Implementation In Two Australian Schools (Issue November).
Firdaus Wajdi. (2018). Globalization And Transnasional Islamic Education: The Role of Turkish Muslim Diaspora in Indonesian Islam. Jurnal Adabiyah, 16(2), 176–186.
Haderi, A. (2016). Aktivisme Tasawuf Menurut Fethullah Gülen. Jurnal THEOLOGIA, 26(2). https://doi.org/10.21580/teo.2015.26.2.431
Hidayat, M., Rozak, R. W. A., Hakam, K. A., Kembara, M. D., & Parhan, M. (2022). Character education in Indonesia: How is it internalized and implemented in virtual learning? Cakrawala Pendidikan, 41(1), 186–198. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.45920
Huda, S. (2018). Spirit Moral dalam Dakwah Sufistik Gerakan Hizmet M. Fethullah Gülen. International Joint Colloquium on Postgraduate Research Findings Held by Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Indonesia in Collaboration with Fakulti Pengajian Kontemporari Islam Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Trengg, April, 26 p. https://doi.org/10.5281/zenodo.1216217
Jati, I. (2017). Comparative Study of the Roles of ASEAN and the Organization of Islamic Cooperation in Responding to the Rohingya Crisis. IKAT : The Indonesian Journal of Southeast Asian Studies, 1(1), 17. https://doi.org/10.22146/ikat.v1i1.27466
Khamami, A. R. (2019). Kontroversi Dakwah Fethullah Gulen: Golden Generation dan Infiltrasi ke dalam Lembaga Negara. Tsaqafah, 15(1), 1. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v15i1.2885
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.
Khusnul Auliyah, Suwarno, Uswatun Chasanah, R. A. (2021). Student Centered Learning In Surah Thaha 17-18 And It ’ s Implication In Islamic Boarding School Education. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 02, 4887–4899.
Ma’arif, M. A. (2019). Konsep Pemikiran Pendidikan Toleransi Fethullah Gulen. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(2), 295–307. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i2.812
Mahpudin, M., Kelihu, A., & Sarmiasih, M. (2020). The Rise of Student Social Movement: Case Study of #GejayanCalling Movement in Yogyakarta. Ijd-Demos, 2(1). https://doi.org/10.37950/ijd.v2i1.2
Nabila Safitri, G. Y. (2022). Implikasi Gerakan Gulen Turki terhadap Sistem Pendidikan Di Jerman. MOMENTUM Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 156–169.
Noeralamsyah, Z. (2019). Gülen on Nature of Knowledge. Aqlania, 10(2), 147. https://doi.org/10.32678/aqlania.v10i2.2302
Patriana, D. R. B., & Yumitro, G. (2022). Cosmopolitanism Perspective on the Gülen Movement. Budapest International Researchand Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1), 3624–3632. https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4034
Restu, M., & Hamami, T. (2022). Fethullah Gülen ’ s Epistemology of Islamic Education and its Implementation towards Integrated Islamic Education. 10(1), 41–58.
Shadiqin, S. I. (2011). Islam Dan Modernitas Dalam Pandangan Fethullah Gulen. Jurnal Subtantial, 13(2), 1689–1699.
Şimşek, C. (2013). Gülen ’ s Model as a Solution for Problems in Current Education. 4(September), 22–30.
Solihat, A. (2012). The Gulen-Inspired School in Indonesia as a Model Multicultural Based Education. 30–53.
Suwarno, S. (2020). the Gülen Movement; Pelayan Sipil Tanpa Batas. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan …, 98–120. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2031
Thoha, M., Islam, A., & Madura, N. (2022). EGALITARIANISME PENDIDIKAN ISLAM (Telaah a tas Pemikiran M. Fethullah Gűlen dan Korelasinya dengan Pendidikan Islam di Indonesia) 1. x(1), 173–187.
Weller, P. (2022). Fethullah Gülen’s Teaching and Practice. In Fethullah Gülen’s Teaching and Practice. https://doi.org/10.1007/978-3-030-97363-6
Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
Zeki Saritoprak, G. S. (2010). Fethullah Gulen and the “People of the Book”: A Voice from Turkey for Interfaith Dialogue.

Keywords  :  
Kata Kunci: Korelasi, Gűlen Movement, Pendidikan,
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-03-05
Cara Mengutip  :  
Doriza, N. R. (2023). KORELASI ANTARA GÜLEN MOVEMENT DENGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 394–408. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1000
Terbitan  :