ZSH MODEL PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI SOSIAL GURU DILIHAT DARI LINGKUNGAN SEKOLAH HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

MODEL PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI SOSIAL GURU

Zuhri Saputra Hutabarat ( Universitas Batanghari Jambi )

Abstract

Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru ekonomi dan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Muara Bungo. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Muara Bungo sebanyak 52 orang. Data diperoleh dengan cara menyebarkan angket. Setelah itu dianalisis dengan korelasi parsial product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang baik terhadap kompetensi sosial guru ekonomi, dan lingkungan sekolah yang baik, serta memiliki motivasi belajar ekonomi yang tinggi. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru ekonomi dengan motivasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Muara Bungo dengan koefisien sebesar 0,485, terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dengan motivasi belajar ekonomi dengan koefisien sebesar 0,458 serta terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru ekonomi dan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar ekonomi siswa, dengan koefisien sebesar 0,515.

References

A, Kosasih dan R, Angkowo. 2006. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.
Catharina, A.T, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPC UNNESS Press Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Daryanto, 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung. Yrama Widya
De Porter, Bobby, dkk. 2001 Quantum Teaching Student Success. Terjemaha dari “Quantum Teaching”. Bandung: Kaifa
Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Djamarah dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo. Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo
------------------ 2006. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Handoko, Martin. 1995. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius Indrakusuma, Daien Amir. 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Usaha Nasional Janawi. 2011. Kompetensi Guru. Pangkalpinang: Alfa Beta
Jamaludin. 2003. Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Kanisius Kock, Heinzk. 1995. Saya Guru Yang Baik. Yogyakarta: Kanisius
Marliani, Rosley. 2010. Psikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia
Mulyasa, E. 2005. Implementasi Kurikulum 2004: Panduan Pembelajaran KBK. Cetakan kedua.
Bandung: Rosdakarya
----------2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
M. Masnur. 1987. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Malang: Jemmars Nasution, S. 2003. Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara
Rachman. 1999. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Rineka
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kecana
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
............ 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Sjarkawi. 2006. Guru Profesional. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
---------2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhui. Jakarta: Rineka Cipta Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Surviani, Istanti. 2004. 20 Point Menghias Jiwa dan Perilaku Anak. Bandung: Pustaka Ulumuddin
Sudijono, Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada
Syah. 2001. Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya Syamsu, Yusuf dan Sughandi, Nani. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada Tirwan. 2010. Hubungan Kompetensi Sosial Guru IPS dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Dua Mei-Ciputat.
Tri, Anggono. 2012. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan Tahun Ajaran 2012/2013.

Keywords  :  
Galleys  :  
Published  :  
2022-09-30
How to Cite  :  
Hutabarat, Z. S. (2022). ZSH MODEL PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI SOSIAL GURU DILIHAT DARI LINGKUNGAN SEKOLAH HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA: MODEL PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI SOSIAL GURU. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 110–120. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.856
Issue  :