PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KALOR KELAS VII.1 SMPN 7 MUARA BUNGO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan lembar kerja peserta didik. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas VII.1 SMPN 7 Muara Bungo tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 31 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dimulai dari 28 Oktober 2019 hingga 26 November 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep kalor. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik, daya serap peserta didik, dan ketuntasan belajar dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Untuk nilai rata-rata peserta didik pada siklus I, siklus II, dan siklus III, yaitu: 80, 85, dan 88. Untuk daya serap peserta didik pada siklus I, siklus II, dan siklus III, yaitu: 80%, 86%, dan 89%. Sedangkan untuk ketuntasan belajar pada siklus I, siklus II, dan siklus III, yaitu: 72%, 89%, dan 94%.
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Published | : |
2020-02-28
|
How to Cite | : |
LUBIS, A. (2020). PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KALOR KELAS VII.1 SMPN 7 MUARA BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 22–31. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.245
|
Issue | : |
Section
Articles
|