THE INFLUENCE OF THE SMART BOARD MEDIA BASED RME APPROACH ON LEARNING OUTCOMES IN THE MATERIAL ADMINISTRATION OF CLASS I PRIMARY SCHOOL

Tri Wahyuni ( Universitas PGRI Palembang )
Ramanata Disurya ( Universitas PGRI Palembang )
Farizal Imansyah ( Universitas PGRI Palembang )

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini adalah pemahaman tentang konsep matematika dalam pembelajaran. Rumusan masalah adalah  Apakah ada pengaruh pendekatan RME berbasis media papan pintar terhadap hasil belajar pada materi penjumlahan kelas 1 SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME berbasis media papan pintar terhadap hasil belajar pada materi penjumlahan kelas I SD. Metode penelitian ini menggunakan True Experimental design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok kelas, yaitu kelas 1.A dan kelas 1.B dengan total 41 peserta didik. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pendekatan RME berbasis media papan pintar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada materi penjumlahan kelas I SD. Hal ini dapat dilihat dari hasil hipotesis dengan menggunakan uji-t terhadap dua kelompok dengan hasil yang diperoleh thitung = 4,136, sedangkan ttabel yaitu 1,684. Demikian thitung > ttabel (4,136 >1,684) yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan pendekatan RME berbasis media papan pintar terhadap hasil belajar pada materi penjumlahan kelas I SD Negeri 09 Sumber Marga Telang.

Referensi

Achmad, G. H. (2021). Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan Agama Islam. Yasin, 1(2), 246–261. https://doi.org/10.58578/yasin.v1i2.130

Agustin Sukses Dakhi. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Aniqoh, A. N., Khan, R. I., Iswantiningtyas, V., & Sugiarto. (2022). Strategi Guru Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Menggunakan Papan Pintar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5,

Budi Teguh Harianto. (2023). Problematika Problematika Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Khazanah Intelektual, 7(1), 1567–1583. https://doi.org/10.37250/khazanah.v7i1.184

Catrining, L., & Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap minat dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains, VII(2), 120–129. https ://doi. org/10.5281 / zenodo.2548071

Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2019). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 1(1b). Diambil dari https :// journal . unsika .ac. id /index .php / sesiomadika/article/view/2097. Prosiding Sesiomadika, 1(1b), 65–72.

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https :// https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547

Kemampuan, T., & Permulaan, M. (2023). Pengaruh metode silaba berbantuan media papan pintar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. 7, 226–236.

Lestari, E. R., & Halidjah, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. As-Sabiqun, 5(6), 1573–1586. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4040

Maghfi, U. N., & Suyadi. (2020). Meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui media papan pintar (Smart Board ). SELING-Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 157–170.

Midya Yuli Amreta, & Ani Safa’ah. (2021). Pengaruh Media PAPINKA terhadap Kemampuan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 21–28. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.192

Nadila, Singodiwongso, S., & Vioreza, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Menggunakan Alat Peraga Montessori. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 21, 687–692.

Pasaribu, F. T., & Ramalisa, Y. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri SMP Menggunakan 3D Pageflip Professional Berbasis RME Terintegrasi STEM. Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 55–66. https://doi.org/10.24952/logaritma.v8i01.2374

Sidik, G. S., Maftuh, A., & Salimi, M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2179–2190. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1137

SSugiyono. (2019). Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan Pengembangan R&D. Bandung: Alfabeta

Trisnani, N. (2022). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Antara Kepercayaan Vs Realita. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 49. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i1.4034

Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744

Yani, K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Realistik Mathematic Education (RME) dengan Berbantuan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematik.

Yasir, M., Rakhmawati, F., & Wandini, R. R. (2023). Pengaruh Media Papan Pintar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II Mis Mutiara Sei Mencirim. Jurnal Manuhara: Pust Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 1(4), 331–340. https://doi.org/10.61132/manuhara.v1i4.261

Yulianti, S., & Yulianti, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.736


Keywords  :  
Kata Kunci: Pendekatan RME, Media Papan Pintar, Materi Penjumlahan RME Approach, Smart Board Media, Summation Material
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-04-08
Cara Mengutip  :  
Wahyuni , T., Disurya, R., & Imansyah, F. (2025). THE INFLUENCE OF THE SMART BOARD MEDIA BASED RME APPROACH ON LEARNING OUTCOMES IN THE MATERIAL ADMINISTRATION OF CLASS I PRIMARY SCHOOL. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(2), 563–574. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i2.2176
Terbitan  :