PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA SUNGAI PENUH
PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA SUNGAI PENUH
Abstrak
Berpikir kritis merupakan salah satu aspek yang terdapat dalam ranah kognitif. Sebagaimana tujuan khusus dari pendidikan anak usia dini adalah agar anak mampu berpikir secara kritis, memberi alasan, memecahkan masalah dan menemukan hubungan sebab akibat. Untuk itu kemampuan berpikir kritis ini sangat perlu untuk diajarkan sejak dini, anak belajar melalui bermain, dengan memanfaatkan media puzzle dapat melatih kemampuan berpikir anak. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Sungai Penuh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Penelitian ini termasuk Pre-Eksperimental Design. Populasi penelitian ini berjumlah 16 orang anak, Sampel penelitian ini berjumlah 16 orang anak dari keseluruhan populasi yang dipilih menggunakan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang di peroleh, nilai ttabel adalah 1,7531, sedangkan nilai t yang diperoleh adalah sebesar 8,91942 , maka t > t , hal ini berarti, terdapat pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Sungai Penuh.
Referensi
Aqib, Zainal, 2016. Penelitian Tindakan Kelas Berserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta Bumi Aksara
Depdiknas. Petunjuk Teknik Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas, 2006.
Komariyah & Laili, 2018. Pengaruh kemampuan Berfikir Kritis. Terhadap hasil belajar Matematika . Jurnal Penelitian Dan pengajaran Matematika. Vol 4. No 2
Kuswana, 2012. Taksonomi Berpikir, Bandung, Rosda
Mason, Mark, 2017. Critical Thinking and Learning. Australia: B;ackwall Publising
Maria, Montessori. “The Absorbent Mind, Pikiran Yang Mudah Menyerap, Terjemahan Dariyatno.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Malahayati. 50 Permainan Melatih Kecerdasan Anak. Nusantara Publisher, 2009.
Mawaddah, Siti, Anisah, Hana. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. FKIP Universitas Lampung Mangkurat. Volume 3 No 2, Oktober 2015. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644
Safitri, D., Syukri, M., &. Yuniarni D. Meningkatkan Kemampuan PPeningkatan Kemampuan Daya Ingat Melalui Permainan Puzzle Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Universitas Tanjungpura Pontianak. 2014, http://jurnal.untan.ac.id/index.php/j pdpb/article/view/5667.
Keywords | : |
Kata Kunci:
Puzzle Games, Children’s Critical Thinking Ability, Early Childhood Permainan Puzzle, Kemampuan Berpikir Kritis Anak, Anak Usia Dini
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-10-14
|
Cara Mengutip | : |
Wijayanti, T. M. (2025). PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA SUNGAI PENUH: PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA SUNGAI PENUH. Jurnal Tunas Pendidikan, 8(1), 262–268. https://doi.org/10.52060/pgsd.v8i1.1694
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|