DAMPAK PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SEKOLAH DASAR

Apdoludin Apdoludin ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo  --  https://orcid.org/0000-0003-2966-4460 )
Randi Eka Putra ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Siska Ramadhani ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya proses dan hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 192/II Sungai Buluh. Tujuan penelti adalah meningkatkan proses dan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 192/II Sungai Buluh. Data penelitian ini dikumpulkan melalui teknik analisis data Kualitatif dan Kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I dengan nilai rata-rata 59% dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 75% yang telah mencapai indikator keberhasilan. Hal yang sama juga terlihat dari hasil belajar siswa pada siklus I belum maksimal. Hasil tes pada siklus I 53% siswa yang memenuhi KKM dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 80% siswa yang memenuhi KKM, melihat hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika.

References

Apdoludin; Randi Eka Putra, Titis Wulandari, Muhammad Hakiki, R. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sdn 188/Viii Wiroto Agung Kabupaten Tebo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(2), 84–92. https://doi.org/10.52060/pti.v2i02.625
Apdoludin. (2021a). INOVASI BARU MODEL PEMBELAJARAN (R. Sari (ed.). CV. Intishar Publishing.
Apdoludin. (2023a). BUKU_Belajar dan Pembelajaran Berbasis Scientific.pdf (J. Waluyo (ed.); 1st ed.). DEEPUBLISH. www.penerbitdeepublish.com
APDOLUDIN, A., & PUTRA, R. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tunas Pendidikan, 3(2), 88–97. https://doi.org/10.52060/pgsd.v3i2.471
Apdoludin, & Martinisyamin. (2022). Modeling Analysis, Findings, Development, Organizing the Material and Learning for Students in Islamic Boarding Schools. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 25–36. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i1.15277
Arikunto Suharsimi, dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Dio Lavarino & Wiyli Yustanti. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kecerdasan Linguistik. Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28.
Li, J., Qian, K., Liu, J., Huang, Z., Zhang, Y., Zhao, G., Wang, H., Li, M., Liang, X., Zhou, F., Yu, X., Li, L., Wang, X., Yang, X., & Jiang, Q. (2022). Identification and diagnosis of meniscus tear by magnetic resonance imaging using a deep learning model. Journal of Orthopaedic Translation, 34(May), 91–101. https://doi.org/10.1016/j.jot.2022.05.006
Mustikasari, I., Supandi, S., & Damayani, A. T. (2019). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 307. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19455
Pratiwi, A. R., Kusuma, A. P., & Ripki, A. J. . (2020). Perbedaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan Auditory, Intellectually, Repetition terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Matriks. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 298–303. http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/616
Rahma, A., & Nurrahmah, A. (2019). Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Diskusi Panel Nasional …, 0812(80), 301–308. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/590%0Ahttp://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/download/590/177
Randi, E. P. dan A. (2022). Model dan metode pembelajaran. In M. P. Andriyanto, S.S. (Ed.), Semarang … (1st ed.). Penerbit Lakeisha.
Rialinsani, H., & Rustopo, R. (2019). Keefektifan Model Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Perpindahan Kalor di Sekitar Kita. International Journal of Elementary Education, 3(2), 226. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18553
Subagyo, C. A., & Arsana, I. M. (2021). KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK Choirul Anam Subagyo Abstrak. Jtpm, 10, 82–90.
Sujuni, A., Jamal, M. A., & Suyidno, S. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Modelpembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFE). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 31. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i1.813
Tamarli, T., & Akhyar, A. (2018). … Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (Sfe) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sistem Hukum Dan Peradilan Di …. Jurnal Serambi Ilmu, 19. http://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/1017

Keywords  :  
Keywords: Learning outcomes, Mathematics, Student Facilitator and Explaining models Learning outcomes, Mathematics, Student Fascilitator and Explaining Models
Galleys  :  
Published  :  
2024-03-23
How to Cite  :  
Apdoludin, A., Putra, R. E., & Ramadhani, S. (2024). DAMPAK PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 512–521. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1680
Issue  :