IMPLEMENTATION OF THE SCRAMBLE METHOD IN OVERCOMING BEGINNING READING DIFFICULTIES IN CLASS 1 PRIMARY SCHOOL (SD) STUDENTS
Abstrak
Keterampilan membaca merupakan salah satu keterampilan dasar untuk peserta didik dapat mengetahui informasi saat proses pembelajaran berlangsung. Diketahui di Kelas I SDN 111/I Muara Bulian berdasarkan observasi peserta didik memiliki kemampuan membaca permulaan dengan persentase 31% (rendah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik melalui metode scramble pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SDN 111/I Muara Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi pengamatan kemampuan membaca permulaan peserta didik dan observasi guru menerapkan metode scramble serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada siklus I keaktifan belajar persentase 65% kemudian meningkat pada siklus II persentase menjadi 98% dengan kategori sangat baik (A). Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan peserta didik dengan menggunakan Metode Scramble pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 1 SDN 111/I Muara Bulian berhasil untuk di tingkatkan.
Referensi
Aries, E. F. & Haryono, A. D. (2012). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Jatmiko, Adi. 2019. Joyfull english games. Kendal: Ahsyara Muda Indonesia.
Kartono. Riyadi. Mahfud, Hasan, Dakir, A. Rukayah. 2014. Modul PLPG (Pendidikan Latihan Profesi Guru) Guru Kelas SD. Surakarta. Pusat Pengembangan Profesi Pendidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI.
Kuntarto. (2007). Cermat Dalam Berbahasa Diteliti dlam Berfikir. Jakarta: Mitra Wacana.
Mabunga, A. S., Mabunga, M. E. M., & Yani, A. (2019). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Analisis Reading Readiness. Mimbar Pendidikan, 4(2), 113–126. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i2.22202
Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas Awal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 30. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464
Pahleviannur, dkk. (2022). Penelitian tindakan kelas. Sukoharjo:Grup penerbit CV. Pradina Pustaka Grup. https://doi.org/10.31237/osf.io/x6p8n
Paramita, A.A.Ayu Trisna Pradnya & Rini Kritstiantari, I Gd Meter. 2013. Penerapan Media Kartu Huruf Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sd Negeri 1 Bunutin Bangli. Jurnal Mimbar PGSD Vol 1 No 1 2013 (68).
Parnawi. 2020. Penelitian Tindakan kelas (classroom action research). Yogyakarta: grup Penerbit CV BUDI UTAMA.
Pratiwi, P. I., Ganing, N. N., & Abadi, I. B. G. S. (2014b). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD No. 6 Dalung. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Satrijono, H., I. F. Badriyah, dan F.S. Hutama. 2019. Penerapan strategi Know, Want to know, learned (KWL) untuk meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IVB Tema Indahnya keragaman di negeriku di SDN Jember Lor 02. Jurnal profesi keguruan 5(1): 102-104.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013.
Keywords | : |
Kata Kunci:
metode scramble, kesulitan membaca permulaan scramble method, beginning reading difficulties
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-07
|
Cara Mengutip | : |
Fauzan, A., ., A., & Noviyanti, S. (2024). IMPLEMENTATION OF THE SCRAMBLE METHOD IN OVERCOMING BEGINNING READING DIFFICULTIES IN CLASS 1 PRIMARY SCHOOL (SD) STUDENTS. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 260–269. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.1457
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|