PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI GUIDE READING DI KELAS VI SD NEGERI 104/II SUNGAI PINANG

KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, STRATEGI GUIDE READING

Apdoludin Apdoludin ( STKIP MMB  --  https://orcid.org/0000-0003-2966-4460 )
Reni Guswita ( )
Nur Habibah ( )
Ahmad Ridhoh ( )
Putri Nadila Aswa ( )

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan siswa masih prendah. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman setelah penerapan strategi Guide Reading pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas VI SD Negeri 104/II Sungai Pinang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di kelas VI SDN 104/II Sungai Pinang dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terdiri dari 11 perempuan dan 11 laki-laki untuk mata pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Pelajaran 2022-2023 yang terbagi dalam dua Siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatakan keterampilan membaca pemahaman setelah penerapan strategi Guide Reading, dimana proses pembelajaran siklus I pertemuan I aspek guru 60% dan aspek siswa 58% dan pada siklus I pertemuan II aspek guru 73% dan aspek siswa 75% sedangkan siklus II pertemuan I aspek guru 80% dan aspek siswa 70% dan siklus II pertemuan II aspek guru 85% dan aspek siswa 80%. Terjadi peningkatan keterampilan membaca pemahaman menggunakan strategi Guide Reading dari siklus I dengan persentase 75,86% ke siklus II dengan persentase 93%. Disimpulkan bahwa penggunanaan strategi Guide Reading dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Referensi

Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Karakter. Bandung: PT Refika Aditama. angkasa.
Apdoludin dan Nopriyanti, (2021). Implementasi Metode Time Token untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa. Muara Pendidikan. 6(2), 149-156. DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.567
Arifin. 2011. Upaya peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD berdasarkan tes internasional dan tes lokal. Jurnal bahasa dan sastra.
Arwida Endah Zuhari. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Guide Reading (GR) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Astana Anyar kota Bandung. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan UniversirasPendidikan Indonesia.
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Mardani
Hanifah, Nurdinah. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas:Teori dan. Aplikasinya. Bandung: UPI PRESS
Ibnu, M. 2017. Penerapan strategi PQ4R untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III sekolah dasar. Skripsi pada FIF UPI Bandung: tidak diterbitkan
Khasanah dan Cahyani. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Question Answer Relationships (QAR) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik pendidikan Dasar. (2). 161-175. DOI: https://doi.org/10.17509/jppd.v1i2.6468
Kunandar (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan. Kurikulum 2013). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Lewin, Kurt. (2008). Resolving social conflicts and field theory in social science. New York
Noer, muhamad. (2012). Spead Reading for Beginners (panduan membaca LebihCepat, LebihCerdas, dan dengan Pemahaman yang lebih baik). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Putra R. E., Apdoludin, Putra J. (2022). Meningkatkan Proses Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Gambar Bercerita di Kelas IV Sekolah Dasar. Muara Pendidikan. 7(1), 85-89. DOI: https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.764
Rahman (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Pada SDN No. 1 Pantolobete. Jurnal Kreatif Online, 5(4), 152-165
Somadoyo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yokyakarta:Graha Ilmu.
Subyantoro. 2011. Pengembangan keterampilan membaca cepat.
Suharsimi A., (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta
Suryana, dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini (stimulasi & aspek perkembang anak)
Sutirto. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 4 (1). Hlm. 60.
Tarigan, H G. 2015. Berbicara Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Rosda
Zhulaikhoh. 2010. Strategi Guide Reading. Yokyakarta: CTSD

Keywords  :  
Kata Kunci: keterampilan membaca pemahaman, Guide Reading reading, comprehension skills, Guide Reading
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-03
Cara Mengutip  :  
Apdoludin, A., Guswita, R., Habibah, N., Ridhoh, A., & Aswa, P. N. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI GUIDE READING DI KELAS VI SD NEGERI 104/II SUNGAI PINANG: KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN, STRATEGI GUIDE READING. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 186–195. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i1.1215
Terbitan  :