PERCEPTIONS OF ENGLISH EDUCATION STUDENTS TOWARDS COOPERATIVE LEARNING IN LEARNING ENGLISH AT MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF MUARA BUNGO
Abstrak
Pembelajaran kooperatif telah menjadi pendekatan pedagogis penting dalam pendidikan bahasa Inggris, dengan diskusi kelompok sebagai implementasi utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris terhadap pembelajaran kooperatif melalui kegiatan diskusi kelompok di Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. Menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, penelitian ini melibatkan lima mahasiswa dari berbagai angkatan yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan analisis tematik berdasarkan lima elemen dasar teori pembelajaran kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kesadaran tinggi terhadap interdependensi positif dan akuntabilitas individu, serta menyadari pentingnya keberhasilan kolektif. Mereka lebih menyukai format kelompok kecil dan menilai interaksi promotif sangat bermanfaat, terutama melalui fenomena "learning by teaching". Mahasiswa mengembangkan keterampilan interpersonal dan strategi penyelesaian konflik, meski keterampilan komunikasi masih perlu ditingkatkan. Pemrosesan kelompok muncul sebagai elemen yang paling sedikit diterapkan. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pemrosesan kelompok yang lebih terstruktur dan pelatihan sistematis mengenai prinsip pembelajaran kooperatif.
Referensi
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed.). Boston, MA: Pearson Education.
Hadijah & Musfirah. (2022). The Students' Perception of Small Group Discussion for Developing EFL Students' Speaking Skills (Vol. 9). https://doi.org/https://doi.org/10.26858/eltww.v9i2.37739
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2014). Cooperative learning in 21st century. Anker Publishing Company.
Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (1998). Active learning: Cooperation in the college classroom. Interaction Book Company.
Johnson, R. T., & Johnson, D. W. (2008). Active Learning: Cooperation in the Classroom. The Annual Report of Educational Psychology in Japan, 47(0), 29–30. https://doi.org/10.5926/arepj1962.47.0_29
Lubis, R. H., Syarifah, D., & Hasibuan, S. W. (2025). Students' perceptions toward small group discussion on reading comprehension skills at the eleventh grade of SMK Negeri 2 Panyabungan. Jurnal Edu Research, 6(1), 630-637.
Prayudha, J. (2023). Students' Opinion on English Group Discussion to Improve Collaboration Skill. Issues in Applied Linguistics and Language Teaching, 5(1), 70–75. https://doi.org/10.37253/iallteach.v5i1.7650
Sudiro, S., Anggraini, P. L., Setyorini, M., Antasari, A. B., & Juhansar, J. (2022). Students' Perceptions on the Use of Group Discussion Method towards English Speaking Proficiency. Acitya: Journal of Teaching and Education, 4(2), 357–373. https://doi.org/10.30650/ajte.v4i2.3273
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
World Economic Forum. (2020). The Future of Jobs Report 2020.
| Keywords | : | |
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2025-11-30
|
| Cara Mengutip | : |
Dhea Aura Cindyana, Kurniawan, R., & Habibah, N. (2025). PERCEPTIONS OF ENGLISH EDUCATION STUDENTS TOWARDS COOPERATIVE LEARNING IN LEARNING ENGLISH AT MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF MUARA BUNGO. Journal Of Language Education and Development (JLed), 8(1), 70–71. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pbi/article/view/3666
|
| Terbitan | : |







1.png)
