STUDENTS' PERCEPTIONS OF THE USE OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING AT STIA LPPN PADANG
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa terhadap penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Lppn Padang. Secara khusus, penelitian ini berfokus pada aplikasi ChatGPT, chatbot berbasis AI yang dikembangkan oleh OpenAI, untuk membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan menulis mereka. Mengingat tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam menguasai bahasa Inggris, terutama dalam menulis, penelitian ini bertujuan untuk memahami efektivitas dan penerimaan alat AI dalam proses pembelajaran. Melalui survei dan wawancara, data dikumpulkan dari mahasiswa untuk mengevaluasi pengalaman dan persepsi mereka terhadap penggunaan ChatGPT. Temuan mengungkapkan bahwa banyak mahasiswa menghargai dukungan yang diberikan oleh AI dalam hal kemudahan akses informasi, peningkatan efisiensi menulis, dan pemahaman yang lebih baik. Namun, kekhawatiran tetap ada mengenai ketergantungan berlebihan pada teknologi dan dampaknya terhadap pembelajaran mandiri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa alat AI seperti ChatGPT dapat menjadi bantuan berharga dalam pendidikan bahasa Inggris, asalkan digunakan secara bijaksana dan bersama dengan metode pembelajaran tradisional. Penelitian ini berkontribusi pada diskusi yang lebih luas tentang integrasi teknologi canggih ke dalam praktik pendidikan dan implikasinya terhadap lingkungan pembelajaran di masa depan.
Referensi
Aydin, Ö., & Karaarslan, E. (n.d.). OpenAI ChatGPT Generated Literature Review: Digital Twin in Healthcare. Retrieved from https://ssrn.com/abstract=4308687
Creswell, J. (2015). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daulay, H., & Pasa, N. (2015). Peranan Etika Akademik di Perguruan Tinggi dalam Membentuk Sikap Ilmiah. Jurnal Al-Irsyad, 5(1).
Dale, R. (2021). GPT-3 What’s it good for? Natural Language Engineering, 27(1), 113-118.
Devlin, J., Chang, M. W., Lee, K., & Toutanova, K. (2018). BERT: Pre-training of Deep Bidirectional Transformers for Language Understanding. arXiv. https://doi.org/10.48550/arXiv.1810.04805
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5, 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779
Khalil, M., & Er, E. (n.d.). Will ChatGPT Get You Caught? Rethinking of Plagiarism Detection. International Journal of Learning Analytics and Artificial Intelligence for Education. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/368358895
Kemdikbud, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2012-2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Kamus versi online/daring (dalam jaringan). Retrieved from https://www.kbbi.web.id/
Lund, B. D., & Wang, T. (2023). Chatting about ChatGPT: How May AI and GPT Impact Academia and Libraries? Library Hi Tech News. Available at SSRN: https://ssrn.com/abstract=4333415 or http://dx.doi.org/10.2139/ssrn.4333415
Loh, E. (2023). ChatGPT and Generative AI Chatbots: Challenges and Opportunities for Science, Medicine, and Medical Leaders. BMJ Leader. https://doi.org/10.1136/leader-2023-000797
Mbakwe, A. B., Lourentzou, I., Celi, L. A., Mechanic, O. J., & Dagan, A. (2023). ChatGPT Passing USMLE Shines a Spotlight on the Flaws of Medical Education. PLOS Digital Health, 2(2), e0000205. https://doi.org/10.1371/journal.pdig.0000205
Mitchell, A. (2022). Professor Catches Student Cheating with ChatGPT: ‘I Feel Abject Terror’. Retrieved from https://nypost.com/2022/12/26/students-using-chatgpt-to-cheat-professor-warns/
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Nanggala, A. (n.d.). “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya”. Kajian Sosioteknologi Dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal PETISI, 04(01). Retrieved from https://chat.openai.com
Stokel-Walker, C. (2022). AI Bot ChatGPT Writes Smart Essays—Should Academics Worry? Nature. https://doi.org/10.1038/d41586-022-04397-7
Study.com. (2023). Productive Teaching Tool or Innovative Cheating? Retrieved from https://study.com/resources/perceptions-of-chatgpt-in-schools
Tangermann, V. (2023). College Student Caught Submitting Paper Using ChatGPT. Retrieved from https://futurism.com/college-student-caught-writing-paper-chatgpt
Zhai, X. (n.d.). ChatGPT: Artificial Intelligence for Education. Retrieved from https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35971.37920
Zhai, X. (2022). ChatGPT User Experience: Implications for Education. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/366463233
Zhang, K., & Aslan, A. B. (2021). AI Technologies for Education: Recent Research & Future Directions. In Computers and Education: Artificial Intelligence (Vol. 2). https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100025

Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-06-30
|
Cara Mengutip | : |
Mandasari, M., Evi Fussalam, Y., & Kurniawan, R. (2024). STUDENTS’ PERCEPTIONS OF THE USE OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) IN ENGLISH LANGUAGE LEARNING AT STIA LPPN PADANG. Journal Of Language Education and Development (JLed), 6(2), 23–33. https://doi.org/10.52060/jled.v6i2.2335
|
Terbitan | : |