THE UTILIZATION OF CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TO ENHANCE STUDENTS’ ENGLISH LEARNING OUTCOMES: AN ACTION RESEARCH

Yahfenel Evi Fussalam ( Universitas Muhammadiyah Jambi  --  https://orcid.org/0000-0001-9163-3767 )
Resi Silvia ( Universitas Adiwangsa Jambi )
Elmiati Elmiati ( Dinas Pendidikan Kabupaten Sarolangun )
Leni Marlina ( SDN 093/VII Sei Abang )

Abstrak

Penelitian pada siswa kelas V SD Negeri 093 Desa Sungai Abang didorong keinginan tim peneliti untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Temuan peneliti menunjukkan bahwa nilai rata-rata ketercapaian siswa masih rendah atau dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah. Diantara siswa yang berjumlah 12 orang hanya 2 orang siswa yang mencapai KKM atau 16,7% dari total jumlah siswa. Sebagai alternatif pemecahan masalah ini peneliti melaksanakan perbaikan pembelajaranb dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan mengimplementasikan metode Contextual Teaching learning (CTL). Penelitian dijalankan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan melibatkan 12 orang siswa. Hasil analisis data pada siklus I penelitian, nilai rata-rata kelas sudah mencapai nilai KKM dengan 9 (75%) dari 12 siswa mencapai KKM. Hasil belajar siswa terus mengalami kenaikan pada siklus II dimana hampir seluruh siswa atau 11 (91,7%) mencapai KKM. Dari hasil penelitian ini terbukti penggunaan CTL tepat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Inggris khususnya materi pada kelas tinggi sebagai subjek penelitian.

Referensi

Ananda, Rusydi. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Praktik untuk Pengembangan Kompetensi Guru). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Asrori, Mohammad. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima.

Arikunto, S. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Ayu, W. (2021). Implementasi Pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis News Item Pada Siswa Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2022/2023. Widyadari, Jurnal Pendidikan . 24 (1), 32 - 42. https://doi.org/10.5281/zenodo.7813363

Brown, H. D. (2007). Teaching by Principle: An Interactive Approach to Language Pedagogy. Third Edition. New York: Pearson Education.

Darmadi, H., (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Peserta didik. Yogyakarta. CV Budi Utama

Dewi, A.E.R, & Alam, A.A. (2021). The Influence of Contextual Teaching and Learning Approach and Learning Creativity on Students' Learning Results. Journal of Educational Science and Technology, 7 (1), 261-268 https://doi.org/10.26858/est.v7i2.24675

Erol, H. (2021). Reflections on the 21st Century Skills into the Curriculum of Social Studies Course. International Journal of Education and Literacy Studies, 9(2), 90–101. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.9n.2p.90

Fachrurrazy. (2014). Teaching English as a Foreign Language for Teachers in Indonesia. Malang: State University of Malang Press

Gagne. (2014). Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik. Jakarta : PT Asdi Mahasatya

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1–16. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919

Handayani, S., Riyani, R., & Charista, F. D. F. (2022). Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Contextual Teaching and Learning pada Orang Tua Murid. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 149-155. https://doi.org/10.37478/mahajana.v3i2.1976

Johnson Elaine, B. (2012). Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa

Herlina Usman, Nidya Chandra Muji Utami, & Otto Fajarianto. (2019). Model Bahan Ajar Bahasa Inggris Untuk SD Berbasis Pendekatan Kontekstual. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 231 - 240. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.11392

Hidayatillah, Y., Wahdian, A., & Muhammad Misbahudholam. (2022). Peran Sekolah melalui Kegiatan Pembiasaan Terintegrasi Pembelajaran IPS untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1422–1433. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3784

Ismail, M & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar Dan Pembelajaran. Pamengkasan: Duta Media Publishing

Kristin, Firosalia. (2020). Inovasi Pembelajaran IPS SD. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Lubis, Syahron & Muchtar, Muhizar & Rangkuti, Rahmadsyah. (2019). Memotivasi Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Belajar CTL Di MAS Tahfizil Qur’an Dan MTS Hifzhil Qur’an Medan Sumatera Utara. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3 (1). 300-308. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v3i2.4135

Moon, Jayne. (2000). Children Learning English. Macmillan Heinemann: New York

Rahman, A. A., Zulkifli, Z., Kamaruddin, I., Azhari, D. S., & Supriyadi, A. (2023). The Effect of Contextual Teaching Learning (CTL) Model on Students’ Achievement in Elementary School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 146–157. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.282

Sucipto, T. (2022). Contextual Teaching-Learning Model With Teams Games Tournament Technique to Increase Motivation and Outcomes of IPS Learning for Sixth-Grade Students SD Negeri 3 Kloposawit. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 156-160. https://doi.org/10.24903/pm.v7i2.1110.

Sudrajat, D. (2015). Studi Tentang Pelaksanaan Pengajaran Bahasa Inggris di SD Kota Tenggarong. Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(1), 13-24. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i1.49

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71–81. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Theriana, Ana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di SD IT Qurrota’ayun Belitang OKU Timur. Scholastica Journal. 2(1), 56-66 https://doi.org/10.31851/sj.v2i1.3994

Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 120 - 128. https://doi.org/10.21009/ Bahasa dan Sastra, 14(2), 120 - 128. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.142.02 Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 120 - 128. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.142.02 Dasar. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 120 - 128. https://doi.org/10.21009/BAHTERA.142.02


Keywords  :  
Kata Kunci: Learning outcomes, English, CTL Hasil Belajar, Bahasa Inggris, CTL
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-08-14
Cara Mengutip  :  
Fussalam, Y. E., Silvia, R., Elmiati, E., & Marlina, L. (2023). THE UTILIZATION OF CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TO ENHANCE STUDENTS’ ENGLISH LEARNING OUTCOMES: AN ACTION RESEARCH. Journal Of Language Education and Development (JLed), 5(2), 23–33. https://doi.org/10.52060/jled.v6i1.1361
Terbitan  :