PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

Herawati Herawati ( Universitas Sriwijaya )

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan. Subjek penelitian pada tahap pengembangan adalah lembar kerja peserta didik dan pada tahap ujicoba adalah kelas X IPA. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli, angket, dan soal pretest dan posttest. Selama tahap validasi menyatakan lembar kerja peserta didik yang dikembangkan valid, skor ahli media 100% (sangat valid) dan skor ahli materi 87% (valid). Pada tahap uji coba terbatas dengan 10 peserta didik dediperoleh skor 75% (praktis) dengan N-gain sebesar 0,779 (kategori tinggi). Pada tahap uji coba luas dengan 30 peserta didik diperoleh skor 76% (praktis) dan N-gain sebesar 0,758 (kategori tinggi). Begitu juga pada tahap disseminate terjadi peningkatan berpikir kritis dengan skor 0,755 (kategori tinggi), sehingga lembar kerja peserta didik berbasis problem based learning dapat menghasilkan lembar kerja peserta didik yang valid, praktis dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dengan demikian, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dapat dengan mudah digunakan dalam pembelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, SRI. Dkk. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), Pend. Kimia PPS UNM, Vol.1, No.2 (90-114).

Dewi, RATF. Dkk. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal_ep, Vol.10 No. 2.

Gabriella, Nonik & Mitarlis. (2021). Pengembangan LKPD Berorientasi Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Hidrokarbon. Journal Chemichal Education Vol 10 No 2.

Hamdi, Husnul, dkk. 2013 “Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan Moodle pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam dan Keteraturannya untuk Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI Semester I”. Pillar of Physics Education, 1: 55-62.

Hanifah, Rifa. Dkk. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan Lectura, Vol 12 No 1.

Hake, Richard R. 1998. “Interactiveengagement vs traditional methods: A six-thousandstudent survey of mechanics test data for introductory physics courses”. American Journal of Physics, 66 (1) : 64-74.

Khamzawi, Syukron. Wiyono, Ketang. Zulherman. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Fluida Dinamis. Jurnal Inovas dan Pembelajaran Fisika. Vol 2 No 1.

Litbang Kemendikbud. (2013) Kurikulum 2013; Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta. Diva Press.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System. Thorndike, R.L. (1982). Applied Psychometri.

Yamani, Insan, Kemala. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Suplemen Fisika Materi Suhu dan Perubahannya Berbasis Open Ended Problem.


Keywords  :  
Keywords: LKPD, PBL, Berpikir Kritis LKPD, PBL, Critical Thinking
Galleys  :  
Published  :  
2022-12-01
How to Cite  :  
Herawati, H. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 165–177. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.944
Issue  :