PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FLASH FLIPBOOK BERBASIS WEB MOBILE PADA MATA KULIAH SISTEM BASIS DATA

Yogi Irdes Putra ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Ahmad Ridoh ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Rahmat Caniago ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Tampan Satria ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstract

Observasi terhadap mahasiswa Program studi Pendidikan Teknologi Informasi, ditemukan permasalahan pada pembelajaran yaitu belum tersedianya modul yang inovatif serta terintegrasi dengan teknologi. Media alternatif yang digunakan pada kegiatan pembelajaran berupa modul cetak yang sudah tidak layak digunakan, isi materi pada modul tidak ada pembaharuan. Kemudian terdapat e-learning kampus yang tidak bisa digunakan, karena keterbatasan fitur pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul flash flipbook berbasis web mobile pada matakuliah sistem basisdata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D), model pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Media ini dirancang mengunakan aplikasi flipbookmaker dan bahasa pemrograman HTML, PHP serta javascript. Hasil penelitian ini yaitu: (1) validitas dinyatakan valid pada aspek perangkat lunak, media pembelajaran dan isi materi dengan rata-rata 0,91 kategori valid; (2) praktikalitas ditentukan oleh respon dosen dan mahasiswa dengan rata-rata oleh dosen sebesar 88,92% kategori valid dan respon mahasiswa dengan rata-rata 87,44% kategori praktis. (3) efektifitas dinyatakan efektif berdasarkan test hasil belajar yang diperoleh secara klasikal sebesar 85% mahasiswa telah lulus, uji t berpasangan menunjukan tingkat perbedaan secara signifikan sebesar 0,028 > 0,05. Sehingga, e-modul pembelajaran flash flipbook berbasis web mobile efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Darmansyah. 2010. Pembelajaran Berbasis WEB: Teori, Konsep dan Aplikasi. Padang: UNP Prees Padang.

Ghofur, Abdul. 2015. Pengembangan E-Book Berbasis Flash Kvisoft Flipbook Pada Kinematika Gerak Lurus sebagai Sarana Belajar Siswa Sma Kelas X. Jurnal. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Hakim, Lukmanul. 2014. Rahasia Inti Master PHP dan MySQLi (improved). Yogyakarta: Lokomedia.

Hanif, Al Fatta.2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI

Hujair AH Sanaky. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif.Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Nusa Putra.(2011). Research & Development.Jakarta: Raja Grafindo Persada

Rahmi dkk. 2018. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyadi, Dendik Udik. 2016. Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di SMP. Jurnal. Jember: Univesitas Jember.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Keywords  :  
Keywords: E-Modul, FlashFlipbook, Web, Mobile, 4D Model E-Modul, FlashFlipbook, Web, Mobile, 4D Model
Galleys  :  
Published  :  
2022-12-01
How to Cite  :  
Putra, Y. I., Ridoh, A., Caniago, R., & Satria, T. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FLASH FLIPBOOK BERBASIS WEB MOBILE PADA MATA KULIAH SISTEM BASIS DATA. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 191–197. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.875
Issue  :