PENCAPAIAN AKURASI EVALUASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA APLIKASI QUIZIZ

Lili Lindasari ( Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung )
Yunni Arnidha ( universitas muhammadiyah pringsewu )

Abstrak

Mata pelajaran matematika dipandang oleh siswa sebagai mata pelajaran yang sulit. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang monoton terutama pada evaluasi belajar, apalagi pada saat ini pembelajaran dilaksanakan secara daring akibat adanya virus covid19. Oleh karena itu, dibutuhkan alternative pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik. Guru harus memilih salah satu media aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai alat evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa selama pembelajaran daring. Salah satu media yang digunakan yaitu game edukasi Quiziz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media aplikasi quiziz terhadap pencapaian akurasi belajar matematika.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan quasi experimental dengan desain non quivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri Karangsari yang berjumlah 49 siswa, dan keseluruhannya dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar test dan kuesioner. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS dengan pengujian hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media aplikasi Quiziz terhadap pencapaian akurasi evaluasi belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika di masa daring, hal tersebut ditunjukkan oleh nilai signifikansi (p) adalah 0,000. Karena signifikansi p (0,000) <∝ (0,05), serta t-hitung 55,618 > t-tabel yaitu 1,678, sehingga bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Peningkatan kemampuan siswa dapat diketahui dari nilai rata-rata siswa pada pre-test sebesar 59,39 dan pada post-test meningkat rata-ratanya menjadi 72,65.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 263. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Hidayati, Alexon, T. (2017). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Berbasis Structure Analysis Program untuk Meningkatkan Kecermatan dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 2017 ISSN 2089-483X, 7(2), 98–110.

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.30656/gauss.v3i1.2127

Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Pendidikan Hayati, 6(2), 1–7.

Nurfadillah Septy, Rachmadani Annisa, Cintana Shafa Salsabila, Yoranda Oktaviani Dea, Destri Savira, S. N. O. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Melalui Aplikasi Quiziz Pada Pelajaran Matematika VI SDN Karang Tengah 06. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 7(1), 51–60. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/10017

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas Vi Di SDN Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269–279. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1496

Setiawan, A., Wigati, S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Implementasi Media Game Edukasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X IPA 7 SMA Negeri 15 Semarang Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS 2019 ISBN, 167–173. Retrieved from http://prosiding.unimus.ac.id

Zulyadaini. (2016). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.16 No.1 Tahun 2016 PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOP-COOP DENGAN KONVENSIONAL. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1)


Keywords  :  
Kata Kunci: Media aplikasi quiziz, Akurasi evaluasi belajar, Matematika Quiziz application media, learning evaluation accuracy, Mathematics
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-06-03
Cara Mengutip  :  
Lindasari, L., & Arnidha, Y. (2022). PENCAPAIAN AKURASI EVALUASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MEDIA APLIKASI QUIZIZ. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 19–25. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.757
Terbitan  :