Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Rancangan penelitian menggunakan Non Randomized Contro-Group Pretest-Postest Desaign. Teknik analisis data menggunakan uji t (uji hipotesis). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai postest pada kelas XI IPA 3 (eksperimen) yaitu 73,53, dan rata-rata nilai postest pada kelas XI IPA 2 (kontrol) yaitu 64,06. Sedangkan rata-rata nilai minat siswa pada kelas XI IPA 3 (eksperimen) yaitu 50,59, dan rata-rata nilai minat siswa pada kelas XI IPA 2 (kontrol) yaitu 47,56. Hasil uji t pada hasil belajar siswa diperoleh nilai yang signifikan yaitu 0,005 < 0,05, hal tersebut menunjukan bahwa nilai sig. hasil belajar siswa lebih kecil dari pada nilai daftar distribusi, dan hasil uji t pada minat siswa diperoleh nilai signifikan yaitu 0,000 < 0,05, menunjukan bahwa nilai sig. hasil belajar siswa lebih kecil dari pada nilai daftar distribusi. Berdasarkan hipotesis diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu.
Downloads
References
Anggita, W. N., Meti, I., & Sugiharto, B. (2013). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Kegiatan Laboratorium Disertai Strategi Catatan Terbimbing (Guide Note Taking) pada siswa kelas VIII E SMP Neger7 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. BIO-PEDAGOGIK, 2 (2), 40.
Azis, M. N., Chamdani, M., & Salimi, M. (2015). Pengaruh Metode Guided Note Taking Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Tentang Perjuangan Masa Kemerdekaan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Bumirejo Kebumen Tahun Pelajaran 2015/2016. Kalam Cendekia, 4 (5), 609.
Cesari, A. Y., Imam, K., & Wahyuni, S. (2013). Penerapan Numbered Head Together Dengan Pendekatan Guided Note Taking Pada Materi Koloid. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7 (1), 1113.
Condra, T., Armen, & Maizeli, A. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Aktif Tipe Guided Note Taking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Solok Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumetara Selatan ,2(1), 20.
Halim, A. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa di SMPN 2 Secangga Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 9 (2), 146.
Jumadi, W., Djumadi, & Chalima, S. (2012). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem Melalui Penerapan Guided Taking Dengan Media PowerPoint Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi FKIP UNS, 1 (1), 236.
Nurhasanah, S. A., & Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinasi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1 (1), 137.
Novianti. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking Pada Materi Sifat Bangun Ruang Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Bireuen. ISSN: 2355-360, 3 (2), 20.
Nursyahra. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Active Learning Tipe Guided Note Taking Terhadap HasilL baLajar Biologi di SMAN 15 Padang. BioCONCETTE, 2 (2), 236.
Putri, D. T., & Gatot, I. (2015). Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap HasilBelajar Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1 (2), 118.
Rumiasih. (2011). Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dengan Media Torso Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII F SMP Negeri Kartasura Tahun Pelajaran 2010/2011. Pendidikan Biologi, 1 (1),15
Keywords | : |
Keywords:
Minat Belajar Biologi, Hasil Belajar Biologi, Guided Note Taking (GNT)
|
Galleys | : | |
Published | : |
2020-12-05
|
How to Cite | : |
Asiyah, A., Topano, A., & Walid, A. (2020). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa Di SMA Negeri 10 Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking (GNT). Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 742–751. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.395
|
Issue | : |