MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUALISASI GUA JEPANG KUPANG

Moses Kollo ( Universitas Persatuan Guru 1945 NTT )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Media pembelajaran yang digunakan oleh guru sejarah selama ini; (2) Pengembangan media visualisasi gua Jepang Kupang; dan (3) Efektivitas penerapan Media Visualisasi Gua Jepang di Kupang dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS SMA Sudirman Kupang. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau disebut dengan research and development (R & D) dengan mengadopsi model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media dalam pembelajaran sejarah yang berlangsung selama ini di kelas XI SMA Sudirman Kupang selama ini masih dikatakan minim; (2) setelah dilakukan pembelajaran di kelas dengan menggunakan media visualisasi gua Jepang Kupang, siswa kelas XI di SMA Sudirman Kupang merasa penting untuk mengunjungi situs gua Jepang Kupang; (3 pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui beberapa tahap diantaranya (a) tahap pemilihan bahan yakni memilih pokok bahasan yang digunakan dalam kegiatan pengembangan; (b) desain pengembangan yakni menelaah referensi lain yang relevan dengan pokok materi penelitian; (c) memproduksi video pembelajaran; (d) validasi produk baik oleh ahli materi dan ahli media hasilnya media layak untuk digunakan. (4) uji efektivitas media visualisasi gua Jepang yang dikembangkan melalui tiga tahap yakni uji coba satu-satu terhadap 3 orang siswa, uji coba kelompok kecil terhadap 10 orang siswa dan uji coba lapangan dilakukan terhadap kelas XI IPS sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 27 siswa pada masing-masing kelas. Hasil dari ketiga tahap uji coba tersebut dinyatakan “Baik”. Maka, media visualisasi gua Jepang tersebut dinyatakan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI SMA Sudirman Kupang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Asyhar, Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.Jakarta: Referensi Jakarta.

Agung, Leo S. & Wahyuni, Sri. (2013). Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Ombak

Susanto, Heri. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah: Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran. Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Uno. B. Hamzah & Nina Lamatenggo. (2010). Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyoko, T., Wahyu Hidayat, P., & Setiawan, I. (2019). Penerapan Edmodo Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 238–245. http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/ index.php/mp


Keywords  :  
Keywords: Motivasi Belajar;, media visualisasi Learning Motivation;, visualization media
Galleys  :  
Published  :  
2020-06-07
How to Cite  :  
Kollo, M. (2020). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUALISASI GUA JEPANG KUPANG. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 557–567. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.267
Issue  :