KERJASAMA ORANGTUA DAN GURU UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Cahcha Ferawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Tri Wera Agrita ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Tri Wiyoko ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Kesulitan belajar biasanya terjadi pada siswa yang mendapatkan hasil belajar yang rendah. Kesulitan belajar merupakan ketidakmampuan anak yang berhubungan dengan kerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan kerjasama orang tua dan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 1 SDN 37/II Pasar Lubuk Landai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang berjumlah 10 orang terdiri dari kepala sekolah, guru, orang tua, dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah data penelitian kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa kerja sama orang tua dan guru dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa kelas 1 di SDN 37/II Pasar Lubuk Landai, memiliki permasalahan yang terjadi pada orangtua dan guru, dan juga ada permasalahan yang terjadi pada siswa yaitu: (1) Adanya kolaborasi antara orang tua dan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu komunikasi melalui  chat group whatsapp, keikutsertaan orangtua dalam menuntaskan permasalahan belajar siswa dan keikutsertaan orangtua dalam menuntaskan permasalahan belajar siswa dan kesertaan orangtua penguatan ketentuan sekolah. (2) Hambatan yang dihadapi orangtua dan guru dalam mengajar yaitu intelegensi, minat, bakat, kematangan dan kesiapan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abarca, R. M. (2021). Sugiyono (2019 : 147). Nuevos Sistemas de Comunicación e Información.

Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik / Suharsimi Arikunto | OPAC Perpustakaan Nasional RI. In Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, W. T., & Muslim, M. A. (2018). Perencanaan dan Analisis E-Book Interaktif Materi ASEAN. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 2(3). https://doi.org/10.14421/jiska.2018.23-01

Deti, H., Aprison, W., & Risdoyok, R. (2022). The Effect of Online Micro Teaching-Learning on The Perception of Managing IRE Students’ Class. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). https://doi.org/10.31538/nzh.v5i1.2013

Fahturochman, G. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(1).

Fauzi, A. (2021). معلم اللغة العربية وصفاته الشخصية. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 11(2). https://doi.org/10.22373/ls.v11i2.11621

Garbe, A., ogurlu, U., Logan, N., & Cook, P. (2020). Parents’ Experiences with Remote Education during COVID-19 School Closures. American Journal of Qualitative Research, 4(3). https://doi.org/10.29333/ajqr/8471

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Hartaka, I. M., Ardiyani, L. P. C., & Suciani, K. (2020). Berbagai Sikap Tehadap Eksistensi Tuhan Pada Era Industri 4.0. Jurnal Mahasiswa Filsafat Hindu, 2(1).

Hendrawan, A., & Sucahyowati. (2020). Prilaku Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Taruna Studi Kasus Di Akademi …. Prosiding, 6(April 2020).

Hikmah, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Alqur’an Hadis Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat …, 4(2).

Imani, L. N., Dewanti, K. A., Pratanto, C., Wijayanti, A., Nurjanah, A., Pgmi, R., Santang, I., sadirman 2016 didalam imani dkk.2023, & arifudin, 2021 didalam imani dkk.2023. (2023). UPAYA MENINGKATKAN ANTUSIAS BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. In Jurnal Primary Edu (JPE) (Vol. 1, Issue 1).

Kafle, A., Akamatsu, M., Bhadani, A., Sakai, K., Sakai, K., Kaise, C., Kaise, C., Kaneko, T., Kaneko, T., Sakai, H., & Sakai, H. (2020). Phase Behavior of the Bilayers Containing Hydrogenated Soy Lecithin and β-Sitosteryl Sulfate. Langmuir, 36(21). https://doi.org/10.1021/acs.langmuir.0c00472

Nazir, M. (2014). Metode wawancara menurut Moh Nazir (2014:170-171). Journal of Chemical Information and Modeling.

Rahman, N. A., Arifin, N., Manaf, M., Ahmad, M., Mohd Zin, N. A., & Jamaludin, M. (2020). Students’ Perception in Blended Learning among Science and Technology Cluster Students. Journal of Physics: Conference Series, 1496(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1496/1/012012

Rompas, R., Ismanto, A. Y., & Oroh, W. (2018). Hubungan Peran Orangtua Dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Sekolah di SD INpres Talikuran Kecamatan Kawangkoan Utara. Journal Keperawatan (EKp), 6(1).

Slameto. (2012). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Surasmi, W. A. (2014). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Suryadi, A. D. (2021). Analisis Kerjasama Orangtua Dengan Guru Paud Terhadap Efektivitas Pembelajaran Online. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9 (1), 1-9. https://ejournal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/2127

Suryani, L. (2012). Kerja Sama Orang Tua Dengan Guru Pembimbing Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 27 Pekanbaru. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah - Google Books. In Kencana Group.

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1). https://doi.org/10.33487/mgr.v3i1.3922

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. In Kencana.

Yus, A. (2011). Model Pendidikan Anak usia dini. Jakarta: Kencana


Keywords  :  
Kata Kunci: Kerjasama, Orang Tua, Guru, Kesulitan Belajar Cooperation, Parents, Teacher, Difficulty learning
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Ferawati, C., Agrita, T. W., & Wiyoko, T. (2023). KERJASAMA ORANGTUA DAN GURU UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 429–436. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1530
Terbitan  :