ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN KOLABORASI MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ENGINERING DESIGN PROCESS (EDP)
Abstrak
Keterampilan abad 21 saat ini menjadi keterampilan yang ramai dikembangkan melalui pembelajaran salah satunya yaitu keterampilan kolaborasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profil keterampilan kolaborasi mahasiswa melalui pembelajaran dengan menggunakan model EDP. Mahasiswa diarahkan untuk mengatasi pencemaran lingkungan di Banten. Deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan dengan sampel 30 mahasiswa Pendidikan Biologi. Isntrumen yang digunakan adalah angket dengan teknik pengambilan data menggunakan penilaian diri. Terdapat lima indikator yang diamati yaitu mendengarkan dan menghargai orang lain, fleksibel dan kompromi, bekerja secara efisien, bertanggungjawab dan berkontribusi secara aktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi mahasiswa Pendidikan Biologi dengan pembelajaran EDP menunjukkan level sangat tinggi dengan nilai rata-rata 88,37.
Unduhan
Referensi
Anugerahwati, M. (2019). Integrating the 6Cs of the 21st Century Education into the English Lesson and the School Literacy Movement in Secondary Schools. KnE Social Sciences, 3(10), 165. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3898
Berland, L., Steingut, R., & Ko, P. (2014). High School Student Perceptions of the Utility of the Engineering Design Process: Creating Opportunities to Engage in Engineering Practices and Apply Math and Science Content. Journal of Science Education and Technology, 23(6), 705–720. https://doi.org/10.1007/s10956-014-9498-4
Boholano, H. (2017). Smart social networking: 21st Century teaching and learning skills. Research in Pedagogy, 7(2), 21–29. https://doi.org/10.17810/2015.45
DLHK Provinsi Banten. (2017). Buku Status Lingkungan Hidup Daerah Provinsi
Haik, Y. (2014). Engineering Design Process Second Edition Yousef Haik Tamer Shahin (Nomor January 2010).
Hesse, F., Care, E., Buder, J., Sassenberg, K., & Griffin, P. (2015). In P. Griffin, & E. Care (Eds.) (2015). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Methods and approach. Dordrecht: Springer, 37–56.
Lelasari, M., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2017). Pemanfaatan social learning network dalam mendukung keterampilan kolaborasi siswa. Prosiding TEP & PDs, 3(2), 167–172. https://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/859
Mangold, J., & Robinson, S. (2013). The engineering design process as a problem solving and learning tool in K-12 classrooms. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings. https://doi.org/10.18260/1-2--22581
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta
Widiastuti, I., & Budiyanto, C. W. (2022). Pembelajaran STEM Berbasis Engineering Design Process untuk Siswa Sekolah Alam di Kabupaten Klaten. DEDIKASI: Community Service Reports, 4(2), 121–132. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v4i2.64923
Keywords | : |
Kata Kunci:
Keterampilan Kolaborasi, Enginering Design Process (EDP) Collaboration Skills, Engineering Design Process (EDP)
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2023-12-04
|
Cara Mengutip | : |
Fitriana, D. E. N., Ratnasari, D., & Hendriyani, M. E. (2023). ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN KOLABORASI MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ENGINERING DESIGN PROCESS (EDP). Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 379–383. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1501
|
Terbitan | : |