ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN KOLABORASI MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ENGINERING DESIGN PROCESS (EDP)

Desi Eka Nur Fitriana ( Universitas Sultan Ageng Tirtayasa )
Dwi Ratnasari ( Universitas Sultan Ageng Tirtayasa )
Mila Ermila Hendriyani ( Universitas Sultan Ageng Tirtayasa )

Abstrak

Keterampilan abad 21 saat ini menjadi keterampilan yang ramai dikembangkan melalui pembelajaran salah satunya yaitu keterampilan kolaborasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis profil keterampilan kolaborasi mahasiswa melalui pembelajaran dengan menggunakan model EDP. Mahasiswa diarahkan untuk mengatasi pencemaran lingkungan di Banten. Deskriptif kualitatif merupakan metode penelitian yang digunakan dengan sampel 30 mahasiswa Pendidikan Biologi. Isntrumen yang digunakan adalah angket dengan teknik pengambilan data menggunakan penilaian diri. Terdapat lima indikator yang diamati yaitu mendengarkan dan menghargai orang lain, fleksibel dan kompromi, bekerja secara efisien, bertanggungjawab dan berkontribusi secara aktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi mahasiswa Pendidikan Biologi dengan pembelajaran EDP menunjukkan level sangat tinggi dengan nilai rata-rata 88,37.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anugerahwati, M. (2019). Integrating the 6Cs of the 21st Century Education into the English Lesson and the School Literacy Movement in Secondary Schools. KnE Social Sciences, 3(10), 165. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3898

Berland, L., Steingut, R., & Ko, P. (2014). High School Student Perceptions of the Utility of the Engineering Design Process: Creating Opportunities to Engage in Engineering Practices and Apply Math and Science Content. Journal of Science Education and Technology, 23(6), 705–720. https://doi.org/10.1007/s10956-014-9498-4

Boholano, H. (2017). Smart social networking: 21st Century teaching and learning skills. Research in Pedagogy, 7(2), 21–29. https://doi.org/10.17810/2015.45

DLHK Provinsi Banten. (2017). Buku Status Lingkungan Hidup Daerah Provinsi

Haik, Y. (2014). Engineering Design Process Second Edition Yousef Haik Tamer Shahin (Nomor January 2010).

Hesse, F., Care, E., Buder, J., Sassenberg, K., & Griffin, P. (2015). In P. Griffin, & E. Care (Eds.) (2015). Assessment and Teaching of 21st Century Skills. Methods and approach. Dordrecht: Springer, 37–56.

Lelasari, M., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2017). Pemanfaatan social learning network dalam mendukung keterampilan kolaborasi siswa. Prosiding TEP & PDs, 3(2), 167–172. https://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/sntepnpdas/article/view/859

Mangold, J., & Robinson, S. (2013). The engineering design process as a problem solving and learning tool in K-12 classrooms. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings. https://doi.org/10.18260/1-2--22581

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta

Widiastuti, I., & Budiyanto, C. W. (2022). Pembelajaran STEM Berbasis Engineering Design Process untuk Siswa Sekolah Alam di Kabupaten Klaten. DEDIKASI: Community Service Reports, 4(2), 121–132. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v4i2.64923


Keywords  :  
Kata Kunci: Keterampilan Kolaborasi, Enginering Design Process (EDP) Collaboration Skills, Engineering Design Process (EDP)
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Fitriana, D. E. N., Ratnasari, D., & Hendriyani, M. E. (2023). ANALISIS PROFIL KETERAMPILAN KOLABORASI MAHASISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ENGINERING DESIGN PROCESS (EDP). Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 379–383. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1501
Terbitan  :