PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA SEKOLAH DASAR

Siti Patimah ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Megawati Megawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Puput Wahyu Hidayat ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Randi Eka Putra ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, dikarenakan proses pembelajaran hanya menggunakan metode yang menoton, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPA menggunakan model problem based learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas IV yaitu 16 siswa. Hasil dalam penelitian ini terlihat aktivitas guru siklus I pertemuan I hasil mencapai 60% pada pertemuan II siklus I terjadi peningkatan menjadi 75%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I 82% pada pertemuan II siklus II terjadi peningkatan menjadi 88%. Siswa selama proses pembelajaran menggunakan model PBL  pada siklus I pertemuan I mencapai 76% dan pertemuan II 82%. Siklus II pertemuan I mencapai 86% dan pertemuan II mencapai 88%. Pada penilaian hasil belajar siswa dengan menggunakan model PBL  pada siklus I hasil belajar siswa yang tuntas mencapai 56% (9 orang) dan yang tidak tuntas mencapai 43% (7 orang). Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas mencapai 81% (13 orang) serta yang tidak tuntas hanya sebanyak 18,75% (3 orang).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cipta Media.

Amrullah. (2020). Pembelajaran IPA SD/MI yang Menyenangkan. Malang: Pustaka Learning Centre

Anurrohman. (2016). Buku Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Cv Alfabeta.

Arikunto. (2019). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Rosdakarya.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional. Jakarta.

Ihsana. (2017). Pengertian Belajar Mengajar. Yogyakarta: CV Alfabeta.

Jihad, H. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kurniasih, S. (2015). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Mulyana. (2011). Tujuan Pembelajaran IPA. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Megawati, M., & Oktavia, S. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Ctl Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 593-601. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.264

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Samatowa, H. U. (2016). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Ejin, S. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN Jambu Hilir Baluti 2 Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 1(1), 66–72. https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p66-72

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. (2015). Model Pembelajaran Inovatif dan Kontekstual. Surabaya: Prenada Media Group.

Megawati, M. (2018). Pentingnya Pengakomodasian Pengalaman Belajar Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(1), 21-30. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pgsd/article/view/62

Wenno, I. (2010). PENGEMBANGAN MODEL MODUL IPA BERBASIS PROBLEM SOLVING METHOD BERDASARKAN KARAKTERISTIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SMP/MTs. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.338.

Wulandari, B., & Surjono, H. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2). https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600.

Wulandari, E. d. (2012). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V. Jurnal FKIP- Universitas Sebelas Maret, Volume 2, Nomor (3).


Keywords  :  
Kata Kunci: Proses Belajar, Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA Learning Process, Problem Based Learning, Learning Outcomes, IPA
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-02
Cara Mengutip  :  
Patimah, S., Megawati, M., Hidayat, P. W., & Putra, R. E. (2023). PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 393–399. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/mp/article/view/1499
Terbitan  :