PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Elvima Nofrianni ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Rendahnya hasil belajar siswa menuntut guru untuk memperbaiki proses pembelajaran, salah satu cara dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 101/II Muara Bungo. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori Susanto (2014) tentang pembelajaran Bahasa Indonesia dan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) yang dikemukakan oleh Istarani (2012). Jenis penelitian ini eksperimen dengan menggunakan design true experimental design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 101/II Muara Bungo, dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara undian. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada akhir kegiatan penelitian. Data dianalisis menggunakan Uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh  = 2,43 dan = 1,69913 yaitu > maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan penerapan pengaruh pembelajaran CIRC memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar SDN 101/II Muara Bungo.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Al Kautsar, M. R. (2018). Hubungan akreditasi sekolah, asal sekolah, jalur penerimaan mahasiswa dan tempat tinggal dengan indeks prestasi kumulatif mahasiswa. Biomedical Journal of Indonesia, 4(3), 140–147.

Andira, T. O. U. (2020). Asuhan Persalinan Normal Pada Ibu Hamil Multigravida Dengan Umur Berisiko> 35 Tahun Di Puskesmas Karang Taliwang Tahun 2020. Universitas_Muhammadiyah_Mataram.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (Vol. 7). McGraw-hill New York.

Huda, M., & Pd, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kaelan, MS (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma, 2(3).

Jenisa, K., & Lubis, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil, 2(1 JUNI).

Rahim, F. (2019). Pengajaran membaca di sekolah dasar.

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. Vii.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model).


Keywords  :  
Kata Kunci: Model CIRC, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia Model CIRC, Learning Outcomes, Indonesian language
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Nofrianni, E. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 338–344. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1418
Terbitan  :