PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KINEMASTER APPLICATION MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS IV SD

Estuhono Estuhono ( Universitas Dharmas Indonesia )
Muhammad Subhan ( FKIP Universitas Dharmas Indonesia )
Ria Hopipah ( FKIP Universitas Dharmas Indonesia )

Abstrak

Penulisan ini dilatar belakangi kurang tepatnya pemilihan media video pembelajaran pada materi bagian tubuh tumbuhan di kelas IV SD Negeri 82 Rantau Limau Kapas Kabupaten Merangin. Video pembelajaran yang tidak tepat tidak mampu mengakomodasikan sepenuhnya gaya belajar peserta didik. Penulisan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa video pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk materi bagian tubuh tumbuhan di kelas IV. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 82 Rantau Limau Kapas dan guru mata pelajaran IPAS kelas IV. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa media video pembelajaran menggunakan kinemaster application yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari proses pengembangan video pembelajaran menggunakan kinemaster application materi bagian tubuh tumbuhan untuk mendukung merdeka belajar siswa kelas IV telah menghasilkan media yang (1) valid, baik dari segi aspek sebagai media, aspek bahasa, dan aspek materi, (2) media yang praktis digunakan baik dari aspek peserta didik maupun pendidik, dan (3) telah menghasilkan media yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran sesuai kurikulum.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, M., Anggrayni, M., & Saputra, A. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis KineMaster Muatan IPA Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7644–7656. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3560

Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, & H, N. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. CV. CAHAYA BINTANG CEMERLANG.

Alifa, N. S. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Kedaleman IV. jurnal Uviversitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten, November, 165–176.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaraan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bessi, A. R. (2021). Pengembangan media video pembelajaran berbasis kinemaster sebagai sumber belajar siswa sma/ma kelas x mia pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Fajariyah, L. A. (2018). Pembelajaran Teks Report Dengan Proyek “Cerdig” Berbasis KineMaster. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 2(1), 207–220.

Fitri, F., & Ardipal, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6330–6338. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1387

Khoiriyah, E. L., Sari, A. M., & Imtihanudin, D. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Kinemaster Di Era Pasca New Normal Pada Materi Greeting Exspression Di Smpn 3 Cipeucang. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(6), 1773. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i6.8562

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Smaldino, Sharon E ; Deborah L. Lowther ; James D. Russell. (2012). Instructional Technology Dan Media For Learning : Teknologi Pembelajaran Dan Media Untuk Belajar. Jakarta : Kencana

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. In Jurnal IKA (Vol. 11, Nomor 1). Graha Ilmu. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145


Keywords  :  
Kata Kunci: Video Pembelajaran, Kinemaster, Tumbuhan, Model ADDIE Learning Videos, kinemaster, Plant, ADDIE Model
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-12-04
Cara Mengutip  :  
Estuhono, E., Subhan, M., & Hopipah, R. (2023). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KINEMASTER APPLICATION MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS IV SD. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 437–445. https://doi.org/10.52060/mp.v8i2.1414
Terbitan  :