PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X MATERI IKATAN KIMIA

Siti Darmawati ( Universitas Darussalam Ambon )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah materi ikatan kimia siswa Kelas X SMA Negeri 1 Leihitu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan subjek penelitian kelas X-1 berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan essay untuk mengukur aspek kognitif dan lembar observasi untuk mengukur aspek sikap dan keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif untuk kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah memberikan dampak yang baik pada kelas X SMA Negeri 1 Leihitu materi ikatan kimia dengan presentase ketuntasan pada aspek pengetahuan 88%, aspek sikap 80% dan aspek keterampilan 84%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewa, I. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar materi hukum newton tentang gerak. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol.5 (3), 1-11.

Fathurrohman. 2006. Model-Model Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta: Disampaikan dalam Acara Pelatihan Guru Post Traumatik.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mendikbud. 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik: Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Sudewi, N. L. 2014. Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem based Learning dan Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Bloom. E-journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesa, Vol.4, 1-9.


Keywords  :  
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, ikatan kimia, hasil belajar problem-based learning, chemical bond, learning outcomes
Galleys  :  
Published  :  
2019-06-30
How to Cite  :  
Darmawati, S. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS X MATERI IKATAN KIMIA. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 200–207. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.119
Issue  :