Preliminary Analysis of the Development of a Chemistry Practicum Guidebook Based on Guided Inquiry Combined with Learning Videos for Senior High School Students

Intan Nurpaula Sitorus ( Universitas Negeri Medan )
Helena Maharani Munthe ( Universitas Negeri Medan )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran kimia melalui pengembangan bahan ajar berupa buku penuntun praktikum berbasis guided inquiry yang dipadukan dengan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai tahap awal dalam proses pengembangan bahan ajar inovatif yang mendukung kegiatan eksperimen siswa di laboratorium. Subjek penelitian terdiri dari guru kimia dan siswa SMA Swasta Methodist El Shadday Perbaungan. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan penyebaran angket kepada siswa menggunakan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah belum memiliki buku penuntun praktikum kimia yang sistematis dan berbasis model pembelajaran. Selama ini, kegiatan praktikum hanya didukung oleh Lembar Kerja Siswa (LKS) buatan guru, sehingga pelaksanaannya kurang terstruktur dan belum optimal dalam membantu pemahaman konsep kimia maupun pengembangan keterampilan proses sains siswa. Selain itu, belum tersedia media pendukung seperti video pembelajaran yang dapat menambah minat dan pemahaman siswa terhadap materi praktikum. Temuan ini diperkuat oleh data bahwa 77% siswa menyatakan tertarik dan membutuhkan menggunakan buku penuntun praktikum, serta 95% siswa menyetujui pengembangan buku penuntun praktikum kimia berbasis guided inquiry yang dilengkapi dengan video pembelajaran. Hasil ini menjadi landasan penting bagi pengembangan bahan ajar yang lebih efektif dan bermakna dalam menunjang kualitas pembelajaran kimia di laboratorium

References

Astafani, A., Resmawati, R. F., & Hakim, M. E. L. (2024). Systematic review: Faktor-faktor kesulitan belajar materi kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (JIPK), 18(2), 81–88.

Fitri, D. A., Sholeh, M., Sari, N. M., Sirait, L. T., Hastuti, N. W., Nurrahmah, S., Litaz, & Darmawan, H. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(3), 391–397.

Kemendikbud. (2021). Panduan Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nufus, V. F., & Sakti, N. C. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis flipbook pada mata pelajaran ekonomi kelas XI. Jurnal PTK dan Pendidikan, 7(1), 27-35. https://doi.org/10.18592/ptk.v7i1.4633

Parnawi, A., & Alfisyahrin, R. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Intelektual Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berajah Journal, 3(1), 191–200. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.204

Putra, Z. A., & Rahayu, P. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Kimia Berbasis Proyek. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(1), 99-110.

Setiawan, M. E., Sastria, E., Monica, D. R., Januharmen, & Purnawati, W. (2021). Validitas dan praktikalitas buku penuntun praktikum pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk siswa SMP At-Thayyibah Semurup. Jurnal Sainsmat, Vol. X(2), 224–234.

Siregar. A. D dan Harahap,. L. K; 2020; Pengembangan e-modul Berbasis Project Based Learning Terintegrasi Media Komputasi HyperChem pada Materi Bentuk molekul. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 10(1):1925–1931; DOI:10.26740/jpps.v10n1.p1925-1931

Kong, Y. (2021). The role of experiential learning on students’ motivation and classroom engagement. Frontiers in Psychology, 12, 771272. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.771272


Keywords  :  
Keywords: Buku Penuntun Praktikum Kimia, Guided Inquiry (inkuiri terbimbing), Keterampilan Proses Sains
Galleys  :  
Published  :  
2025-06-24
How to Cite  :  
Intan Nurpaula Sitorus, & Helena Maharani Munthe. (2025). Preliminary Analysis of the Development of a Chemistry Practicum Guidebook Based on Guided Inquiry Combined with Learning Videos for Senior High School Students. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 234–239. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3180
Issue  :