Analisis Model Pembelajaran STEAM Berbasis PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Siswa
Abstract
Latar Belakang: Penelitian ini menganalisis model pembelajaran STEAM berbasis Project-Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa. Era Society 5.0 menuntut pendidikan yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga mendorong keterampilan berpikir kreatif dan inovatif. Pendekatan STEAM-PjBL mengintegrasikan ilmu sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika dalam pembelajaran berbasis proyek, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan aplikatif bagi siswa.
Subjek dan Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur (literature review), dengan menganalisis berbagai artikel akademik terkait pembelajaran STEAM-PjBL dalam kurun waktu 2020-2025.
Hasil: Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif, pemecahan masalah, serta motivasi belajar siswa. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam implementasinya, seperti keterbatasan waktu, kesiapan siswa, serta sarana dan prasarana yang diperlukan. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang lebih efektif dalam penerapan STEAM-PjBL guna mengoptimalkan manfaatnya dalam pembelajaran abad ke-21
References
Ayuningsih, F., et al. (2022). Pembelajaran Matematika Polinomial Berbasis STEAM PjBL Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal BASICEDU, 6(5), 8175-8187.
Dewi,S., & Sutriyani,W. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Dmiration,5(7), 2752-2759.
Fatma, H. (2021). Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bioteknologi dengan PjBL berbasis STEAM. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 7-14.
Fitriyah, A. & Ramadani, S., D. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis PjBL (Project-Based Learning) Terdadap Keterampilan Berpikir Kreatif daan Berpikir Kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan,10(1), 209-226.
Julia, Y. (2020). Penerapan Goolital-Ject Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Critical Thinking Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII-A SMP Negeri Unggul Sigli. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(1), 62-67.
Lestariningsih, D., & Bariyah, I. ( 2024). Proyek “Melukis di Atas talenan” Terintegrasi STEAM-Tri N untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Jurnal UNIMMA, 16(1), 205-222.
Refitaniza & Effendi. (2022). Pengembangan LKPD Terintegrasi STEAM-PjBL Pada Materi Larutan Penyangga SMA. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari jambi, 22(3), 1662-1667.
Safriana, Ginting, F., & Khairina. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Alat-Alat Optik di SMA Negeri 1 Dewantara. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 127-136.
Salma, R., Cahya, A., & Rifqoh, S. ((2024). Pendekatan STEAM Pada Project Based Learning Mewujudkan Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Natural Science, 10(1), 1-12.
Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di era society 5.0; pembelajaran, tantangan, peluang, akses, dan keterampilan teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 18-28.
Supriyatin., et al. (2023). Integrasi STEAM-PjBL Pada Pembelajaran Ipa di SMP Negeri 3 Karangmojo, Bantul-Yogyakarta: Proyek Mikroskop Sederhana, Jurnal Terapan Abdimas, 8(1), 102-110.
Suryaningsih, S. & Nisa, F. (2021). Kontribusi STEAM Project Based Learning dalam Mengukur Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(6), 1097-1111.
Widhi, B. A., Susilowati, D., Anggrawan, A., Wardhana, H., Satria, C., & Miswaty, T. C. (2023). Peran Pendidikan dalam Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 menuju Era Revolusi Industri 5.0. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 63-72.
Zahro, A., et al. (2024). Pengaruh PjBL-STEAM terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(2), 513-524.
Zubairi, M., & Rohim,A. (2022). Meningkatkan Inovasi dan Kreativitas Pembelajaran Guru RA Muslimat NU, PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1), 47-59
Keywords | : |
Keywords:
STEAM, PjBL, kreativitas, inovasi, pendidikan abad ke-21
|
Galleys | : | |
Published | : |
2025-06-24
|
How to Cite | : |
Reynafi Arini Putri, Ravita Delta Maskara Nusa, R. Maharani Yasmin Arova, & Bintang Festivani. (2025). Analisis Model Pembelajaran STEAM Berbasis PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Siswa . PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 221–227. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3178
|
Issue | : |