Mempromosikan SDG 6 Air dan Sanitasi: Potensi Organisasi Ekstrakurikuler Siswa Pecinta Alam (Sispala)
Abstract
Latar Belakang: Indonesia salah satu negara yang tengah memperjuangkan dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Menindaklanjuti hal itu, lewat pendidikan bisa menopang dalam pencapaian tujuan. Kegiatan ekstrakurikuler SISPALA berpotensi untuk pencapiaan SDGs. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis potensi kegiatan ekstrakurikuler SISPALA untuk mendukung tercapainya pembangunan berkelanjutan.
Subjek dan Metode: Metode yang digunakan yaitu literature review dengan mengkaji artikel temuan yang sesuai dengan studi.
Hasil: Hasil yang ditemukan SISPALA bisa memaksimalkan program susur sungai mengadaptasi program River Cleanup. Tujuan yang ditargetkan adalah SDG 6 air dan sanitasi. Pada program ini juga bisa mengembangkan sikap peduli lingkungan siswa serta mengembangkan kompetensi kunci berkelanjutan yaitu system thinking dan self- awareness. Dalam kaitannya, program ini juga bisa menguatkan kegiatan intrakurikuler pada mata pelajaran biologi terutama materi perubahan lingkungan dan keanekaragaman hayati. Selain itu, learning objective muncul dari dimensi kognitif, sosio-emosional dan behavioral untuk penguatan intrakurikuler dari peserta didik yang ikut pada program ini.
Kesimpulan: Program susur sungai berbasis River Cleanup dalam Sispala berpotensi mendukung SDG 6 melalui konservasi lingkungan dan akses air bersih. Kegiatan ini mengembangkan kompetensi siswa yaitu system thinking, dan self-awareness, memperkuat pembelajaran biologi pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan, serta menumbuhkan sikap peduli lingkungan melalui pendekatan multidimensi (kognitif, sosio-emosional, dan perilaku) yang mendorong pendidikan holistik dan keberlanjutan ekosistem
References
Ahmad, W.R. & Listyaningsih. (2017). Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pecinta Alam dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Kajian Moral dan Negara, 5(1) : 426-440.
Anam, K. (2023). Indeks Kualitas Air Indonesia Masih Rendah, Kenapa ?. Retrieved from https://www.adb.org/sites/default/files/institutional-document/183339/ino-water-assessment.pdf
Ashari, A.A. (2018). Implementasi Program Praktik Keagamaan dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa Jurusan IPS di MA Darul Huda Sumbermanjing Wetan Malang (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang).
Baba, M.A., Bachdar, A. & Subani, P.S. (2023). Kegiatan Ekstrakurikuler Sispala Bani Insani dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan di MAN Model 1 Plus Keterampilan Manado. Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization.
Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2023. Retrieved from https://www.bps.go.id/id/publication/2023/11/30/d3456ff24f1d2f2cfd0ccbb0/statistik-lingkungan-hidup-indonesia-2023.html.
Bappenas. (2020). Metadata Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) : Pilar Pembangunan Lingkungan. Retrieved from https://sdgs.bappenas.go.id/website/wp-content/uploads/2021/02/Metadata-Pilar-Lingkungan-Edisi-II_REV3.pdf
Demirbilek B. & Benson D. (2019). Between emulation and assemblage: analysing WFD policy transfer outcomes in Turkey. Water 11(2):324. doi: https://doi.org/10.3390/w11020324
Diba, A. F., & Supriadi, Y. (2024, February). Program Kampanye Lingkungan River Cleanup Indonesia di Kota Bandung. In Bandung Conference Series: Public Relations (Vol. 4, No. 1). doi: https://doi.org/10.29313/bcspr.v4i1.10303
Garg, T., Hamilton, S.E., Hochard, J.P., Kresch, E.P. & Talbot, J. (2018). (Not so) gently down the stream: River pollution and health in Indonesia. Journal of Environmental Economics and Management, 92. doi: https://doi.org/10.1016/j.jeem.2018.08.011
Global Waters. (2021). Indonesia Water Resource Profile Overview. Retrieved from https://www.globalwaters.org/sites/default/files/indonesia_country_profile_final.pdf
Fridayani, H.D. (2020). The Government’s Role in Facing SDGs 2030 Citarum River Clean- up Program, Indonesia: An Analysis. Journal of Governance and Publicy, 7, 41-50. doi: https://doi.org/10.18196/jgpp.71120
Hadi, N.F. & Afandi, N. K. (2021). Literature Review is a Part of Research. Sultra Educational Journal (Seduj). 1(3) : 64-71.
Haholongan, R., Kristiara, Meryani, Arianti, B. & Aziiz, A.R. (2024). Edukasi dalam Upaya Pelestarian Alam di Organisasi Siswa Pecinta Alam (SISPALA) SMAN 6 Bekasi. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat, 2(1) : 63-68. doi: https://doi.org/10.59581/jphm-widyakarya.v2i1.2893
Hoerr, T.R., Boggeman, S. & Wallach, C. (2010). Celebrating every learner: Activites and strategies for creating a multiple intelligences classroom. John Wiley & Sons.
Lima A.T., Bastos F.A., Teubner F.J., Neto R.R., Cooper A. & Barroso G.F. (2020) Strengths and weaknesses of a hybrid post-disaster management approach: the Doce River (Brazil) mine-tailing dam burst. Environ Manage 65:711–724. doi: https://doi.org/10.1007/s00267-020-01279-4
Lutan, R. (2010). Interaksi Intrakurikuler, Ko-Kurikuler dan Ekstrakurikuler. Bandung : Depdikbud.
Lubis, S.P.W., Muzanna, S.R. & Firdausyiah, I. (2020). Profil Sikap Lingkungan Siswa SMA di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 34-42. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/558/pdf
Magrisa, T., Wardhani, K.D.K. & Saf, M.R.A. (2018). Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(1), 49-55. doi: http://dx.doi.org/10.30872/jim.v13i1.648
Mardianto, A., Koentjoro & Purnamaningsih, E.H. (2000). Penggunaan Manajemen Konflik Ditinjau dari Status Keikutsertaan dalam Mengikuti Kegiatan Pecinta Alam di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 2, 111-119. doi: https://doi.org/10.22146/jpsi.7003
Maryanti, R., Rahayu, N.I., Muktiarni, M., Al-Husaeni, D.F., Hufad, A., Sunardi, S. & Nandiyanto, A.B.D. (2022). Sustainable Development Goals (SDGS) In Science Education : Definition, Literature Review, and Bibliometric Analysis. Journal of Engineering Science and Technology, 17, 161-181. https://jestec.taylors.edu.my/Special%20Issue%20ICMScE2022/ICMScE2022_20.pdf
Mulligan, M., Soesbergen, A.V., Hole, D.G., Brooks, T.M., Burke, S. & Hutton, J. (2020). Mapping nature’s contribution to SDG 6 and implications for other SDGs at policy relevant scales. Remote Sensing of Environment, 239, 111671. doi: https://doi.org/10.1016/j.rse.2020.111671
Nurhamidah, Junaidi, A., Ferial, R., Syukur, M. & Marliana, D.F. (2022). Identifikasi Kerusakan pada Hulu Sungai Guo Melalui Kegiatan Susur Sungai di Desa Guo Kuranji. Warta Pengabdian Andalas, 29(3),
-340. doi: https://doi.org/10.25077/jwa.29.3.329-340.2022
Ortigara, A. R., Kay, M. & Uhlenbrook, S. (2018). A Review of the SDG 6 Synthesis Report 2018 from an Education, Training, and Research Perspective. water, 10, 1353. doi : https://doi.org/10.3390/w10101353
Rahman, M. (2021). Aktivitas Masyarakat Tepian Sungai Martapura Melalui Kegiatan Susur Sungai Sebagai Pengembangan Pariwisata di Banjarmasin. Doi: https://doi.org/10.31219/osf.io/vx24z
Rifki, A.W. & Listyaningsih. (2017). Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler Pecinta Alam dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 5(1), 426-440. doi: https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n01.p%p
Safira, R.H., Sari, M.M., Notodarmojo, S., Inoue, T. & Harryes, R.K. (2021). Potential Utilization Analysis of River Waste in Jakarta, Indonesia. Geosfera Indonesia, 6(2), 157-172. doi: https://doi.org/10.19184/geosi.v6i2.23297
Shafina, G. (2023). Mayoritas Sungai di Indonesia Tercemar Ringan pada 2022. Retrieved from https://data.goodstats.id/statistic/gammashafina/mayoritas-sungai-di-indonesia- tercemar-ringan-pada 2022-cx3U6
Silva, C. F. D., Pereira, E. A., Carvalho, M. D. A. R., Botero, W. G., & de Oliveira, L. C. (2024). Urban river recovery: a systematic review on the effectiveness of water clean- up programs. Environmental Science and Pollution Research, 1-23.
Suwarno, P. & Nurhayati. (2021). Traditional Views and Attitude Towrd Waste and Rivers in Indonesia: Challenges of Cleaning Up the Indonesia Polluted Environment. The 6th International Conference on Energy, Environment, Epidemiology, and Information System . doi : https://doi.org/10/1051/e3sconf/202131701002
Syarbini, Amirulloh. (2012). Buku Pinter Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap Mendidik Karakter Anak di Sekolah, Madrasah dan Rumah). Jakarta : As-Prima Pustaka.
United Nation. (2018). Sustainable Development Goals : Synthesis Report 2018 on Water and Sanitation, United Nations : New York.
United Nation Escap. (2015). Sustainable Development Goals. Bangkok: Escap
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals : Learning Objective. Retrieved from
https://stairwaytosdg.eu/images/UNESCO_Education_for_Sustainable_Development_ Goals_ENG.pdf
UNESCO. (2015). Thematic Indicators to Monitor the Education 2030 Agenda. Technical Advisory Group Proposal. Retrieved from http://www.uis.unesco.org/Education/Documents/43-Indicators-to-monitor- education2030.pdf
Yeniyati, Safilu & Sabilu, M. (2021). Hubungan Keikutsertaan Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler Pecinta Alam (SISPALA) dan Kecerdasan Naturalis Siswa di SMA Negeri 10 Kendari. AMPIBI : Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 5(4) : 144-150. doi: http://dx.doi.org/10.36709/ampibi.v5i4.28314
Yudha, B.A. (2014). Dampak Ekstrakurikuler Futsal terhadap Perilaku Disiplin Siswa. (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia)
Zulaica, L. & Celemín, J.P. (2014). Condiciones De Habitabilidad Y Crecimiento Po- Blacional En El Periurbano De La Ciudad De Mar Del Plata, Argentina. Espaço & Geografia. 17(1), 281-321. Retrieved from https://ri.conicet.gov.ar/handle/11336/32630
Keywords | : |
Keywords:
Ekstrakurikuler, Sispala, SDGs
|
Galleys | : | |
Published | : |
2025-06-24
|
How to Cite | : |
Mohammad Farhan Umar, Solikhah Isti Fadilah, Riandi, & Rini Solihat. (2025). Mempromosikan SDG 6 Air dan Sanitasi: Potensi Organisasi Ekstrakurikuler Siswa Pecinta Alam (Sispala) . PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 205–212. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3176
|
Issue | : |