Penggunaan Flashcard Dalam Menumbuhkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini
Abstract
Latar Belakang: Kemampuan membaca ialah salah satu unsur yang sangat penting pada anak usia dini yang diperoleh dari pendidikan Taman Kanak-kanak. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini dengan menggunakan media Flashcard. Flashcard mampu membantu meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini karena dapat memperkenalkan huruf dan kosa kata baru serta juga meningkatkan keterampilan kognitif dan berfikir kritis pada anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan Flashcard dalam menumbuhkan kemampuan membaca pada anak usia dini.
Metode: Metode penelitian ini yakni Studi Pustaka (Library Research) dengan menganalisis dan menelaah beberapa referensi dari beragam sumber yang disesuaikan dengan topik penelitian.
Hasil: Berdasarkan hasil analisis dan telaah, Flashcard terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini, keberhasilan pembelajaran juga dipengaruhi oleh pendampingan dari pendidik atau orangtua, anak usia dini serta konsistensi penggunaan dalam pembalajaran.
Kesimpulan: Hasil Studi Pustaka (Library Research) ini diharapkan dapat memberi landasan bagi pengembangan media Flashcard yang lebih efektif dan menarik bagi anak usia dini
References
Alam, S. K., & Lestari, R. H. (2020). Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1): 274–279.
Andini, A. N. (2022). Pengaruh Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1): 1–11.
Anggraeni, W., & Santana, F. D. T. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD: MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-5
TAHUN. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6 (6): 594-601.
Anisa. A.F.Y., Attamimi. N. (2023). Implementasi Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dan Al-Qur'an. 2(2). 116-125.
Arma. J. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENGENALAN KATA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK IT ASY-SYIFA BENER MERIAH. Aceh: UNIVERSITAS NEGERI ISLAM AR-RANIRY.
Aryanti, Z. (2005). Psikologi Perkembangan. Yogjakarta: Kaukaba Dipantara Azhar, Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Bachtiar, B. (2005). Pengembangan kegiatan bercerita di taman kanak-kanak, teknik dan prosesnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dhieni, Nurbiana dan Fridani, Lara dan Muis, Azizah dan Yarmi, G. (2014). Metode Pengembangan Bahasa: Jakarta. Universitas Terbuka
Hariyani, I.T., Umamia. F.H., Fitri. N.D. (2022). PENGGUNAAN FLASHCARD UNTUK KEMAMPUAN MEMBACA ANAK 5 TAHUN DENGAN METODE BERCERITA. Jurnal AUDHI. 4(2). 86-93.
Hasan, Zubaidillah. M., Muh Haris. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flashcard) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al-Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaarabaan. 2(1).
Hilaliyah, T. (2016). Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Membaca, 1(1): 187- 194.
Husniyah, H. (2008). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini. Jakarta: Indeks.Hidayat Amat. (2022). Pengembangan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini. JOTE: JOURNAL ON TEACHER EDUCATION. 3(2): 277-289.
Jannah, A.N., Furnamasari, Y.F. (2023). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card Pada Peserta Didik Kelas 1 UPTD SDN 1 Juntinyuat. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS). 1(3): 201-207.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing. Kumullah, R., Yulianto, A., & Ida, I. (2019). Peningkatan Membaca Permulaan Melalui
Media Flash Card pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 7(2): 36-42.
Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Marbun. S., dan Nurhayatun. S., (2023). Penggunaan Media Flashcard Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. 9(1): 54-64
Maronta, Y., Sutarto J., Isdaryanti B. (2023). Pengaruh Media Flashcard Berbasis Digital terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi. 7(1): 1153-1161.
Novianti, R., Pratiwi, N., (2024). Stimulasi Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Flash Card Digital. Jurnal Ilmiah Potensia. 9(1): 60-67.
Ramlah, F., Mukminin, A., & Jannah, S. R. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik dan Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1): 259-271.
Riadoh, Larasati. (2024). Penggunaan Media Flash Card dalam Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. MORFOLOGI: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. 2(4): 167-180.
Riyana. C., & Susilana, R. (2009). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Sadirman. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Salmiati dan Samsuri. (2018). Penerapan Media Flash Card dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Kelompok A PAUD di Kabupaten Aceh besar. Jurnal Buah Hati. 5(2): 118-125.
Setyaningsih, U dan Indrawati. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (4): 3701-3713
Suryana, D. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak.
Jakarta: Prenada Media.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eksploratif,
enterpretif, interaktif dan konstruktif (3rd ed.). Alfabeta.
Susilawati, E. (2023). Penerapan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Journal of Innovation in Primary Education, 2(1): 66–71.
Taofah, M., & Mulyani, N. (2024). PENERAPAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN LINGUISTIK ANAK USIA DINI DALAM PENGENALAN HURUF DI RA AL HIDAYAH PESAWAHAN. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 5 (1): 24-36.
Utami Novi Tri. (2023). Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Media Flashcard.
Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling. 6(1): 43-52.
Ulfa, N. M. (2020). Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini.
GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1): 34–42.
Widiyanti, D. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN FLASH CARD. Jurnal Kajian
Perkembangan Anak dan Manajemen PAUD. 4(2): 16-29.
Keywords | : |
Keywords:
Flashcard, Anak Usia Dini, Studi Pustaka (Library Research).
|
Galleys | : | |
Published | : |
2025-06-24
|
How to Cite | : |
Lestari, Ella Amanda Putri, Dennisa Yuniaslihah, Kharisma Widiyarti, & Lusiana Ari Tri Wardani. (2025). Penggunaan Flashcard Dalam Menumbuhkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 185–193. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3174
|
Issue | : |