Tren Penelitian Global Tentang MOOC Dalam Pembelajaran Online: Tinjauan Bibliometrik 2015 - 2025

Adinda Adzkia Zhafira Dahlan ( Universitas Negeri Jakarta )
Esmar Budi ( Universitas Negeri Jakarta )
Ely Rismawati ( Universitas Negeri Jakarta )

Abstract

Massive Open Online Courses (MOOCs) telah menjadi salah satu bentuk pembelajaran yang populer dalam dunia pendidikan sebagai bentuk pembelajaran terbuka massal. Dalam konteks pembelajaran daring, MOOCs memberikan kemudahan akses kapan saja dan di mana saja, sehingga berperan penting dalam mendukung proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren publikasi global tentang MOOCs dalam  pembelajaran daring dengan rentang 2015–2025. Metode penelitian ini dilakukan melalui pendekatan bibliometrik terhadap dokumen-dokumen yang diperoleh dari basis data Scopus, dianalisis menggunakan perangkat lunak R dan Biblioshiny dan dilakukan pemetaan. Berdasarkan 625 dokumen dan 385  sumber berbasis Scopus, hasil analisis menunjukkan puncak dari  tren publikasi global terkait MOOCs konteks pembelajaran daring berada pada 2024 dengan jumlah 73 publikasi. Meninjau dari hasil analisis, China menjadi negara yang paling berkontribusi terkait penelitian MOOCs dengan jumlah 132 publikasi artikel. Mengidentifikasi sumber paling berkontribusi dalam penelitian yaitu Lecture Notes in Computer Science, including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics) dan penuli paling produktif adalah Ebner M dengan jumlah publikasi 8 artikel. Penelitian tren publikasi topik MOOC sudah dilakukan oleh Irwanto dengan penelitian nya MOOC pada pendidikan tingkat tinggi rentang tahun 2012 – 2022. Penelitian ini menunjukkan bahwa posisi MOOC sebagai topik penelitian global terus mengalami perkembangan, MOOC dipandang sebagai salah satu upaya memperluas dan memberikan fleksibilitas pembelajaran berbasis teknologi.

References

Albelbisi, N. A., & Yusop, F. D. (2020). Systematic Review Of A Nationwide MOOC Initiative In Malaysian HIgher Education System. The Electronic Journal of e-Learning , 288 - 299.

Amalia, Y. S. (2019). Dasar - Dasar Pengenalan tentang Massive Open Online Course (MOOC). Surabaya: Airlangga University Press.

Azzam A, A., Aufar, M., & Asnan, N. A. (2018). MOOC Based Testing: Taraf Kesukaran Model Rasch dan Waktu Respon Butir. Research Gate.

Harjanto, T., & Sumunar, D. S. (2018). TANTANGAN DAN PELUANG PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN :STUDI KASUS IMPLEMENTAS ELOK (E-LEARNING:OPEN FOR KNOWLEDGE SHARING) PADA MAHASISWA PROFESI NERS . Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 24 - 28.

Najib, W. (2017). ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER DENGAN METODE MASSIVE OPEN ONLIN COURSE . Research Gate.

Oksatianti , B. R., Risdianto, E., & Mayub, A. (2022). Amplitudo: Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika e-ISSN : 2828-2345© 2022 Authors174PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MOOCS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Amplitudo: Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika , 174 - 181.

Puspitasari, Y. D. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN PENGGUNAAN MOOC UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN MAHASISWA. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE) , 392 - 399.

Rohiem, A. F., & Sari, J. (2023). Analisis SWOTSarana Pembelajaran Digital Masive Open OnlineCourse(MOOC) Ruang Guru. Jurnal Manajemendan Pendidikan Islam, 126 - 136 .

Ucha, C. R. (2023). Role of course relevance and course content quality in MOOCs acceptance and use. Computers and Education Open.

Ursula , Y. N., Sutomo, M., & Sahlan, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islamdi Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Media Massive Open Online Course (MOOC). Journal of Islamic Education Research, 133 - 145.

Utami, R., Mulyadi , & Utami , R. A. (2024). Penggunaan MOOC Sebagai Media Pembelajaran Online; Peluang dan Tantangan. Jurnal Pembelajaran Inovatif , 49 - 56.

Yudhana , A. S., & Kusuma, W. A. (2021). KELEBIHAN DAN KEKURANGANLEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS)MENGGUNKAN PENDEKATAN LITERATURE REVIEW, DAN USER PERSONA. Jurnal Syntax Admiration, 1618 - 1628.


Keywords  :  
Keywords: MOOC, Online Learning, Digital, Bibliometrik
Galleys  :  
Published  :  
2025-06-24
How to Cite  :  
Adinda Adzkia Zhafira Dahlan, Esmar Budi, & Ely Rismawati. (2025). Tren Penelitian Global Tentang MOOC Dalam Pembelajaran Online: Tinjauan Bibliometrik 2015 - 2025. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 150–157. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3170
Issue  :