Implementasi Steam PJBL Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar: Literatur Review
Abstract
Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan analisis terkini mengenai penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) di Sekolah Dasar, serta dampaknya terhadap keterampilan peserta didik.
Subjek dan Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur dengan model Narrative Literature Review (NLR) dan teknik Compare. Penelitian ini menganalisis lima artikel yang diterbitkan pada tahun 2023-2024, yang membahas implementasi PjBL berbasis STEAM di berbagai sekolah dasar. Tahapan penelitian ini meliputi mengkritik dan meringkas literatur, serta membuat ulasan naratif untuk menarik kesimpulan dengan mengidentifikasi persamaan dan perbedaan temuan yang ada.
Hasil: Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL terintegrasi STEAM secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan pemecahan masalah peserta didik. Pendekatan ini juga mendorong peserta didik untuk berinovasi dalam proyek-proyek yang relevan dengan kehidupan nyata. Namun, terdapat tantangan dalam penerapannya, seperti kurangnya pengetahuan guru dalam menggunakan model ini dan keterbatasan sarana serta prasarana.
Kesimpulan: Pelatihan untuk guru dan penyediaan fasilitas yang memadai sangat penting agar implementasi model pembelajaran ini dapat berjalan dengan optimal. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis STEAM dengan pendekatan PjBL sangat efektif dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi tantangan di masa depan, meskipun masih membutuhkan penguatan dalam aspek pelatihan dan fasilitas pendidikan.
References
Amelia, W., & M. (2022) ‘Urgensi Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Arts, and Math (STEAM) untuk Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), pp. 291–298.
Anindayati, A. T., & Wahyudi, W. (2020) ‘Kajian Pendekatan Pembelajaran STEM Dengan Model PJBL Dalam Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa’, EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(2), pp. 210–217.
Arini Rahmawati, Alviyatun Endah Saputri, Nur Endah Fajarwati, A.F.N. (2023) ‘Integrasi PjBL Dengan Pendekatan STEAM Pada Mata Pelajaran IPAS Di Sekolah Dasar’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), pp. 6115–6124.
Arlinda Bayu Prastiwi, S.Y. (2024) ‘Efektivitas Model Pembelajaran PJBL Terintegrasi STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar’, Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), pp. 2189–2202.
Arsy, I., & Syamsulrizal, S. (2021) ‘Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Arts, And Mathematics) Terhadap Kreativitas Peserta Didik’, Biolearning Journal, 8(1), pp. 24–26.
Budiwati, R., Budiarti, A., Muckromin, A., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023) ‘Analisis Buku IPAS Kelas IV Kurikulum Merdeka Ditinjau dari Miskonsepsi’, Jurnal Basicedu, 7(1), pp. 523–534.
Cahyani, G. P., & Sulastri, S. (2021) ‘Pengaruh Project Based Learning dengan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Online di SMK Negeri 12 Malang’, Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(3), pp. 372–379.
Emre, Y., Scott, A., Bartholomew, R., Reeve, E. M., & T. (2022) ‘A case study of science, technology, it, design, physics, music, STEAM education’, www.educcon.org [Preprint].
Enggar Kusuma Triprani, Nawang Sulistyani, D.F.N.A. (2023) ‘Implementasi Pembelajaran STEAM Berbasis PjBL Terhadap Kemampuan Problem Solving pada Materi Energi Alternatif di SD’, Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(2), pp. 176–187.
Erwinda Fitriana, Ana Fitrotun Nisa, H.M.Z. (2024) ‘Penerapan Project-Based Learning Berbasis STEAM dalam Pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kewirausahaan Siswa Sekolah Dasar’, Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), pp. 1593–1608.
Fatimatuzzohrah, S., Jufri, A. W., & Mertha, I.W. (2020) ‘Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA’, Jurnal Pijar Mipa, 15(4), pp. 351–356.
Heryahya, A., Herawati, E. S. B., Susandi, A. D., & Zulaiha, F. (2022) ‘Analisis kesiapan guru sekolah dasar dalam implementasi kurikulum merdeka’, JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2(5), pp. 301–309.
Khoerunnisa, P., & A. (2020) ‘Analisis Model-model Pembelajaran’, FONDATIA, 4(1), pp. 1–27.
Najamuddin, N., Fitriani, R., & Puspandini, M. (2022) ‘Pengembangan Bahan Ajar Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics (STEAM) Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini’, Jurnal Basicedu, 6(1), pp. 954–964.
Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021) ‘Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar : Implementasi Dan Tantangan’, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), pp. 187–197.
Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., & Astra, I.M. (2021) ‘Project Based Learning (PjBL) learning model in science learning: Literature review’, Journal of Physics: Conference Series, 1(1), pp. 3–9.
Priantari, I., Prafitasari, A. N., Kusumawardhani, D. R., & S. (2020) ‘Improving Student Critical Thinking Trough STEAM-PjBL Learning’, Bioeducation Journal, 4(2), pp. 95–103.
Rahmadana, A., & A. (2022) ‘Deskripsi Implementasi Steam (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) dan Integrasi Aspek “Art” Steam pada Pembelajaran Biologi SMA’, JOTE: Journal on Teacher Education, 4(1), pp. 190–201.
Ramadhan, W. (2023) ‘Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEAM Melalui Project-Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Kependidikan Islam Berbasis Sains, 8(2), pp. 171–186.
Syakur, A., Musyarofah, L., Sulistiyaningsih, S., & Wike, W. (2020) ‘The Effect of Project Based Learning (PjBL) Continuing Learning Innovation on Learning Outcomes of English in Higher Education’, Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), pp. 625–630.
Syarifuddin, Setyosari, P., Sulton, Kuswandi, D., & S. (2020) ‘The effect of the community of inquiry (COI) learning model and learning style towards social skills’, European Journal of Educational Research, 9(2), pp. 569–578.
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023) ‘Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21’, Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, pp. 281–288.
Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J.M. (2023) ‘Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan’, Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(9), pp. 982–991.
Keywords | : |
Keywords:
STEAM-PjBL, Pembelajaran IPAS, Project Based Learning
|
Galleys | : | |
Published | : |
2025-06-24
|
How to Cite | : |
Andayani, T., Rahmawati , Y., & Aziz , T. A. (2025). Implementasi Steam PJBL Dalam Pembelajaran Ipas Di Sekolah Dasar: Literatur Review. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 140–144. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3124
|
Issue | : |