Keterampilan 4C Dan Kesiapan Kerja Siswa Program Keahlian Tata Rias: Studi Observasi Awal Di SMKN 6 Makassar
Abstract
Latar Belakang: Kesiapan kerja siswa SMK, khususnya di bidang Tata Rias, berpengaruh oleh kemampuan mereka dalam menguasai keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication), yang menjadi keterampilan penting di dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan 4C yang dimiliki oleh siswa Tata Rias di SMKN 6 Makassar dan menghubungkannya dengan kesiapan mereka untuk memasuki dunia kerja.
Subjek dan Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket yang diberikan kepada 28 siswa kelas XI.
Hasil: Hasil observasi awal menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis berada pada (76%), keterampilan komunikasi (69%), keterampilan kolaborasi (67%), dan keterampilan kreativitas (58%). Sementara itu, kesiapan kerja siswa tercatat pada (65%). Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menganalisis sejauh mana keterampilan 4C berperan dalam mempengaruhi kesiapan kerja siswa dan mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu diperkuat agar siswa lebih siap menghadapi dunia kerja.
Kesimpulan: Temuan ini diharapkan dapat memberikan gambaran awal untuk analisis lebih mendalam dalam tesis, yang akan berfokus pada peran keterampilan 4C dalam meningkatkan kesiapan kerja siswa di bidang Tata Rias.
References
Andini, A., Utomo, S. W., & Sulistyowati, N. W. (2021). Determinan Kesiapan Kerja Siswa AKL Kelas XII SMKN 2 Madiun. Tangible Journal, 6(1), 94–101. https://doi.org/10.47221/tangible.v6i1.127
Elfajry, A. E., Ikhsanudin, I., & Iman, A. (2024). Analisis Kesiapan Kerja Siswa Smkn 2 Kabupaten Tangerang Jurusan Teknik Otomotif : Dilihat Berdasarkan Aspek Keterampilan 4C. Journal of Vocational Education and Automotive Technology, 6(1), 81. https://doi.org/10.31331/joveat.v6i1.3196
Fitria, F., Sukardi, S., & Handayani, N. (2023). Efektivitas Model Blended Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 101–111. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1159
Hilmi, M. A. (2020). Pengaruh Pengalaman Prakerin, Konsep Diri Dan Komitmen Siswa Terhadap Kesiapan Kerja Bidang Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Di Kediri. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 79–90. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1951
Khasawneh, M. A. S. (2024). Quantifying the Impact of Career Preparedness Programs for Saudi Students with Disabilities. Journal of Educational and Social Research, 14(6), 345–355. https://doi.org/10.36941/jesr-2024-0177
Khodijah, S., Nurajizah, S., & Irham, I. (2024). Kontribusi Organisasi Terhadap Pendidikan Karakter dan Kesiapan Profesional Mahasiswa. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(3), 1773. https://doi.org/10.35931/aq.v18i3.3439
Marsela, M., Siti Nurfauzia Azaini, S., Siti Yuliyati, S., Ridwan Firmansyah, R., & Akmal Rizki Gunawan Hasibuan, A. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Berpikir Kritis melalui Model Think Pair Share (TPS) dalam Perspektif Pendidikan Islam di Sekolah Dasar. Al-Mau’izhoh, 6(1), 789–805. https://doi.org/10.31949/am.v6i1.8690
Ponnusamy, V. M., & Hassan, Z. (2023). The Attitude Competencies of Tamil Schoolteachers in Implementing Creativity, Critical Thinking, Collaboration, and Communication Skills in Classroom Learning. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 12(2), 938–944. https://doi.org/10.6007/ijarped/v12-i2/17363
Rahayu, S., Harifuddin, Firdaus, Syamsurijal, & Imran, A. (2023). Hubungan Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Yang Sedang Mempersiapkan Skripsi. Information Technology Education Journal, 2(3), 52–56. https://doi.org/10.59562/intec.v2i3.477
Salman, A. (2022). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Melalui Keteladanan. Jurnal Impresi Indonesia, 1(3), 176–183. https://doi.org/10.36418/jii.v1i3.41
Sari, R. E., & Wahyono. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Siswa Terhadap Kesiapan Kerja. Business And Accounting Education Journal.
Satya Zulhijah, M. P., Hamid Halin, & Endah Dewi Purnamasari. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Praktik Kerja Lapangan Dalam Kesiapan Kerja Siswa-Siswi Perhotelan SMK Negeri 3 Palembang. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(2), 1339–1349. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2313
Subarjo, M. D. P., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Analisis Penerapan Pendekatan Teori Belajar Konstruktivisme pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 313–318. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.834
Wiska, S., Musdi, E., Permana, D., & Yerizon, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Dengan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Teori Van Hiele. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 59. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.59-66
Zubaidah, S. (2020). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. 2, 1–17.
Keywords | : |
Keywords:
Keterampilan 4C, Kesiapan Kerja, Siswa SMK, Tata Rias, Studi Observasi
|
Galleys | : | |
Published | : |
2025-06-24
|
How to Cite | : |
Salsabila, S., Mukhlisin, M., & Nur, H. (2025). Keterampilan 4C Dan Kesiapan Kerja Siswa Program Keahlian Tata Rias: Studi Observasi Awal Di SMKN 6 Makassar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 131–139. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3123
|
Issue | : |