Tren dan Pola TPACK dalam Pendidikan: Analisis Bibliometrik dari Tahun 2015 hingga 2025

Muffidafajrika Dinda Febriana ( Universitas Negeri Jakarta )
Esmar Budi ( Universitas Negeri Jakarta )
Ely Rismawati ( Universitas Negeri Jakarta )

Abstract

Latar Belakang: Technological, Pedagogical, and Content Knowledge (TPACK) merupakan kerangka konseptual yang digunakan untuk memahami kompetensi professional guru dalam mengintegrasikan teknologi, strategi pengajaran, dan pemahaman materi ajar dalam proses pembelajaran. Dalam konteks pendidikan secara luas, TPACK menjadi landasan penting dalam merancang pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan tuntutan pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren dan pola publikasi ilmiah terkait TPACK dalam bidang pendidikan selama periode 2015 hingga 2025 menggunakan pendekatan bibliometrik.

Subjek dan Metode: Data diambil dari basis data Scopus dan dianalisis menggunakan pendekatan (Biblioshiny).

Hasil: Hasil analisis mencakup tren publikasi tahunan, penulis dan institusi paling produktif, kolaborasi antarnegara, serta kata kunci utama yang sering muncul dalam studi mengenai TPACK.  Dari 1.033 dokumen dan 416 sumber yang dianalisis, tahun 2024 mencatat jumlah publikasi terbanyak, yaitu sebanyak 196 dokumen. Negara dengan kontribusi publikasi terbanyak adalah China dengan 68 artikel. Sumber publikasi paling relevan adalah Jurnal Education and Information Technologies dengan 55 publikasi. Sementara itu, penulis paling produktif adalah Chai C.S. dengan 13 dokumen. Kata kunci yang paling sering muncul antara lain: adalah ‘teaching’, ‘technological pedagogical and content knowledge’, ‘engineering education’, ‘education’.

Kesimpulan: Hasil ini diharapkan dapat memberikan gambaran menyeluruh mengenai perkembangan studi TPACK serta menjadi dasar bagi pengembangan praktik dan kebijakan pendidikan berbasis teknologi. Keterlibatan Indonesia dalam tren global ini juga memperlihatkan adanya peluang besar dalam memperkuat penerapan TPACK secara kontekstual di tingkat lokal, sekaligus meningkatkan kontribusi Indonesia dalam literatur pendidikan berbasis teknologi secara internasional.

References

Çer, E. (2025). Enhancing lecturer awareness of technology integration within the TPACK framework: A mixed methods study. STEM Education, 5(3), 356–382. https://doi.org/10.3934/steme.2025018

Cojorn, K., & Seesom, C. (2024). Enhancing pre-service teachers’ TPACK through the integrating of community of practice and lesson study. International Journal of Evaluation and Research in Education, 13(6), 4237–4246. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i6.29240

Dewi, N. R., Rusilowati, A., Saptono, S., Haryani, S., Wiyanto, W., Ridlo, S., Listiaji, P., & Atunnisa, R. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) Research Trends: A Systematic Literature Review of Publications Between 2010 - 2020. Journal of Turkish Science Education, 18(4), 589–604. https://doi.org/10.36681/tused.2021.92

Fabian, A., Fütterer, T., Backfisch, I., Lunowa, E., Paravicini, W., Hübner, N., & Lachner, A. (2024). Unraveling TPACK: Investigating the inherent structure of TPACK from a subject-specific angle using test-based instruments. Computers and Education, 217(March), 105040. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2024.105040

Hanifah, U., Budayasa, I. K., & Sulaiman, R. (2025). Technology, pedagogy, and content knowledge in mathematics education: a systematic literature review. Journal of Education and Learning, 19(1), 579–586. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21816

Li, M. (2024). Exploring the digital divide in primary education: A comparative study of urban and rural mathematics teachers’ TPACK and attitudes towards technology integration in post-pandemic China. Education and Information Technologies, 1913–1945. https://doi.org/10.1007/s10639-024-12890-x

Liu, C., Zou, D., Chen, X., Xie, H., & Chan, W. H. (2021). A bibliometric review on latent topics and trends of the empirical MOOC literature (2008–2019). Asia Pacific Education Review, 22(3), 515–534. https://doi.org/10.1007/s12564-021-09692-y

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1177/016146810610800610

Saputra, D. D. (2019). Dicky Dwi Saputra_D74213055.

Ulya, A. R., Lubis, I., & Sukiman, S. (2023). Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge dan Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 208–215. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.501


Keywords  :  
Keywords: TPACK, Education, Bibliometrik
Galleys  :  
Published  :  
2025-06-24
How to Cite  :  
Febriana, M. D., Budi, E., & Rismawati, E. (2025). Tren dan Pola TPACK dalam Pendidikan: Analisis Bibliometrik dari Tahun 2015 hingga 2025. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 115–123. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3121
Issue  :