Gambaran Umum Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK Negeri 3 Makassar

Ichsan Kamil A Hafid ( Universitas Negeri Makassar )
Mukhlisin Mukhlisin ( Universitas Negeri Makassar )
Hasanah Nur ( Universitas Negeri Makassar )

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi pedagogik dan profesional guru serta hubungannya terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Teknik Energi Terbarukan di SMK Negeri 3 Makassar. Kompetensi pedagogik mencakup kemampuan guru dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara efektif serta sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Hasil: Berdasarkan hasil observasi dan kuesioner yang disebarkan kepada siswa, ditemukan bahwa sebanyak 44% guru belum mampu menjelaskan materi secara jelas sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, yang menunjukkan adanya kesenjangan antara metode penyampaian materi dan kebutuhan belajar. Pada aspek kompetensi profesional, guru dikategorikan sangat baik (33%), baik (31%), cukup (24%), kurang baik (8%), dan tidak baik (3%). Sementara itu, hasil angket motivasi belajar menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada kategori sedang hingga tinggi, yang mencerminkan adanya dorongan belajar yang cukup kuat.

Kesimpulan: Temuan ini menunjukkan adanya keterkaitan yang selaras antara kompetensi pedagogik dan profesional guru dengan tingkat motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, penguatan kapasitas guru melalui pelatihan berkelanjutan dan pendekatan pembelajaran yang adaptif menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di pendidikan kejuruan yang relevan dengan kebutuhan industri.

References

Alhamuddin, Nur Inten, D., & Mulyani, D. (2020). International Journal Of Community Service Learning. Pemberdayaan Berbasis Asset Based Community Development (Abcd) Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Madrasah Di Era Industri 4.0. 4. Https://Doi.Org/10.23887/Ijcsl.V4i4

Fadly, H. M. (2022). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sma Budi Dharma Dumai. Http://Belajarpsikologi.

Ikhsanti, N. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Sman 4 Metro.

Mansuroh, Mansur, R., & Fitri Wiyono, D. (2022). Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Di Smpn 03 Jabung Malang. Http://Riset.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Fai/Index

Muspawi, M., Setiyadi, B., & Gunawan, G. (2020). Upaya Kepala Sekolah Untuk Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 95. Https://Doi.Org/10.33087/Jiubj.V20i1.864

Octavianingrum, D. (2020). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Dalam Kegiatan Magang Kependidikan Bagi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7.

Priani, D. H. S., & Ismiyati. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru, Fasilitas Belajar, Dan Ling-Kungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 379–390. Https://Doi.Org/10.15294/Eeaj.V9i2.31621

Rachmawati, L., & Kaluge, L. (2020). Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru.

Ritonga, T. N. (2021). Pengalaman Dan Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 195–216. Https://Doi.Org/10.46963/Alliqo.V6i2.463

Sabir, A., & Hakiki, M. (2020). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pkn Di Sma Negeri 1 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman (Vol. 1, Issue 2). Http://Ejournal.Stkip-Mmb.Ac.Id/Index.Php/Jipti

Sele, Y., & Sila, V. U. R. (2022). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi, 2(4), 225–230. Https://Doi.Org/10.36312/Bjkb.V2i4.152

Sitti Rahmayani, Jumrah, J., Andi Kamal Ahmad, & Ayu Zulfiah Sulaiman. (2022). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1259–1265. Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V12i4.801

Supyan Sauri, R., Nurhayati, R., & Arifudin, O. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.Id

Wahyuni, E. S., Ridjal, T., & Kurniawan, W. (2021). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Wahyuningsih, R. (2021). Prestasi Belajar Siswa : Kompetensi Pedagogik Guru Dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 117. Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V8i2.3472

Yulianti, U., Julia, J., & Febriani, M. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Pada Pelaksanaan Blended Learning. Jurnal Basicedu, 6(2), 1570–1583. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2164


Keywords  :  
Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Motivasi Belajar, SMK, Pendidikan Kejuruan
Galleys  :  
Published  :  
2025-06-24
How to Cite  :  
Hafid, I. K. A., Mukhlisin, M., & Nur, H. (2025). Gambaran Umum Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMK Negeri 3 Makassar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 108–114. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3120
Issue  :