Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Proyek Terintegrasi Laboratorium Virtual Untuk Membangun Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pengajaran High Performance Liquid Chromatography
Abstract
Latar Belakang: Pembelajaran kromatografi cair kinerja tinggi (HPLC) melibatkan peningkatan mutu laboratorium dan kurangnya sumber belajar yang inovatif. Keadaan ini mengakibatkan tingginya tingkat kemahiran (HOTS) di kalangan siswa dalam memahami dan mempraktikkan konsep HPLC. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan materi pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi dengan laboratorium virtual guna meningkatkan kinerja siswa dalam pembelajaran HPLC.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Penelitian dilakukan di Universitas Negeri Medan, khususnya pada program studi Pendidikan Kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen dan mahasiswa program studi Pendidikan Kimia yang terlibat dalam perkuliahan Kimia Pemisahan dengan materi HPLC. Sampel dipilih secara purposive yang terdiri dari dosen pengampu mata kuliah terkait dan mahasiswa yang sudah mengikuti perkuliahan Kimia Pemisahan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Variabel Independen: Ketersediaan dan kualitas sumber belajar berbasis proyek serta penggunaan laboratorium virtual. Variabel Dependen: Keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS) mahasiswa dalam pembelajaran HPLC. Instrumen yang digunakan adalah obeservasi, wawancara dan kuisioner dalam bentuk google form. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif.
Hasil: Mahasiswa memiliki sumber belajar yang memungkinkan simulasi menggunakan HPLC, terlepas dari waktu kuliah. Mahasiswa juga setuju bahwa ada sumber belajar inovatif yang menyediakan akses lengkap dan mudah ke teori, praktik, dan simulasi HPLC.
References
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415
Dick, W., & Carey, L. (2009). The Systematic Design of Instruction (7th ed.). Pearson Education.
Edali, M., Mattheos, N., & Aljaaf, A. J. (2024). Virtual laboratory-based learning improves practical skills and student satisfaction in experimental sciences. Biomedical and Health Sciences Journal, 4(2), 91–104. https://jhas- bwu.com/index.php/bwjhas/article/download/351/291/569
Mayer, R. E. (2005). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Munthe, B., Ginting, E., Siregar, F. A., & Siahaan, P. (2024). Virtual-based project learning model in chemistry learning to improve HOTS on electrophoresis topic. EAI Endorsed Transactions on e-Learning, 10(3), e4. https://doi.org/10.4108/eai.2-11-2023.2343253
Situmorang, M., Sinaga, B., Hutabarat, W., & Purba, D. (2022). The Effectiveness of Innovative Project-Based Learning Packages to Improve Critical Thinking Skills in Chemistry. Indian Journal of Pharmaceutical Education and Research, 56(1s), s41–s47. https://www.ijper.org/sites/default/files/IndJPhaEdRes-56-1s-41.pdf
Taylor, A., Blackford, E., & Ellis, R. (2024). Breaking the Access to Education Barrier: Enhancing HPLC Learning with Virtual Reality. UCL Discovery Research Repository. https://discovery.ucl.ac.uk/10197725/
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation. https://www.bie.org/research/study/review-research-project-based-learning
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
Bell, S. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43. https://doi.org/10.1080/00098650903505415
Dick, W., & Carey, L. (2009). The Systematic Design of Instruction (7th ed.). Pearson Education.
Edali, M., Mattheos, N., & Aljaaf, A. J. (2024). Virtual laboratory-based learning improves practical skills and student satisfaction in experimental sciences. Biomedical and Health Sciences Journal, 4(2), 91–104. https://jhas- bwu.com/index.php/bwjhas/article/download/351/291/569
Mayer, R. E. (2005). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Munthe, B., Ginting, E., Siregar, F. A., & Siahaan, P. (2024). Virtual-based project learning model in chemistry learning to improve HOTS on electrophoresis topic. EAI Endorsed Transactions on e-Learning, 10(3), e4. https://doi.org/10.4108/eai.2-11-2023.2343253
Situmorang, M., Sinaga, B., Hutabarat, W., & Purba, D. (2022). The Effectiveness of Innovative Project-Based Learning Packages to Improve Critical Thinking Skills in Chemistry. Indian Journal of Pharmaceutical Education and Research, 56(1s), s41–s47. https://www.ijper.org/sites/default/files/IndJPhaEdRes-56-1s-41.pdf
Taylor, A., Blackford, E., & Ellis, R. (2024). Breaking the Access to Education Barrier: Enhancing HPLC Learning with Virtual Reality. UCL Discovery Research Repository. https://discovery.ucl.ac.uk/10197725/
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation. https://www.bie.org/research/study/review-research-project-based-learning
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
Keywords | : |
Keywords:
High Performance Liquid Chromatography (HPLC), Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Laboratorium Virtual, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kimia Pemisahan
|
Galleys | : | |
Published | : |
2025-06-24
|
How to Cite | : |
Munthe, H. M., & Sitorus, I. N. (2025). Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Proyek Terintegrasi Laboratorium Virtual Untuk Membangun Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pengajaran High Performance Liquid Chromatography. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 145–149. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3119
|
Issue | : |