Analisis Kebutuhan Siswa SMA Terhadap Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Dalam Bentuk Aplikasi Interaktif

Beata Graceshela Muki ( Universitas Pendidikan Indonesia )
Lina Aviyanti ( Universitas Pendidikan Indonesia )

Abstract

Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa SMA terhadap media pembelajaran fisika berbasis Android dalam bentuk aplikasi interaktif.

Subjek dan Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis survei melalui pendekatan secara deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas 50 siswa dari salah satu SMA di Provinsi Jawa Barat, yang mencakup 38 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Instrumen penelitian berupa angket kebutuhan media pembelajaran, yang disebarkan secara langsung kepada responden.

Hasil: Hasil analisis data menunjukkan bahwa 48 dari 50 siswa (96%) menyatakan sangat setuju terhadap pentingnya pengembangan media pembelajaran fisika berbasis Android dalam bentuk aplikasi interaktif, karena dinilai dapat mempermudah pemahaman konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak. Secara keseluruhan, sebesar 88% responden memberikan respon dalam kategori “sangat setuju” terhadap kebutuhan dalam menggunakan media belajar berbasis aplikasi Android dalam pembelajaran fisika.

Kesimpulan: Temuan ini mengindikasikan adanya kebutuhan yang signifikan terhadap pengembangan media pembelajaran fisika berbasis aplikasi Android yang tidak hanya interaktif, tetapi juga mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa dalam belajar fisika.

References

Adiyatma, J., & Diyana, T. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Articulate Storyline Dengan Topik Gerak Lurus. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol3.iss1.953

Afrizon, R., Hufri, H., Dewi, W. S., & Sundari, P. D. (2023). Need Analysis of Interactive Multimedia Based on Scientific Literacy in Physics Learning. https://doi.org/10.24036/ple.v1i2.36

Aji, S. H., Saputra, A. T., & Tuada, R. N. (2020). Development of Physics Mobile Learning Media In Optical Instruments for Senior High School Students Using Android Studio. 1440(1), 012032. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012032

Andani, S. R., Sari, S. Y., Akmam, A., & Sundari, P. D. (2023). The Urgency of Interactive Learning Media in Improving Students’ Physics Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1814

Basir, M., Sinaga, P., & Setiawan, A. (2022). Feasibility Study of An Interactive Multimedia-Based Android Application Using Construct 2 Software In Senior High School Physics Learning. Nucleation and Atmospheric Aerosols. https://doi.org/10.1063/5.0102782

Darmatiara, D., Pratama, W., Susbiyanto, S., & Chaw-Yangon, E. P. (2024). Identifikasi Respon Peserta Didik Terhadap Video Pembelajaran Fisika Berbasis Stem pada Materi Momentum dan Impuls. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(2), 173–181. https://doi.org/10.59052/edufisika.v9i2.24927

Febriani, F., Hayyun, H., Nilawati, R., & Abdullah, A. (2024). Analysis of Comprehension Difficulties in Chemistry and Their Impact on Student Interest in Learning. Jambura Journal of Educational Chemistry, 6(2), 103–112. https://doi.org/10.37905/jjec.v6i2.25748

Ferdinand, C., Azwardi, A., & Ami, H. (2024). Pengembangan Media Digital untuk Pembelajaran Fisika Materi Sumber Energi. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi, 7(6). https://doi.org/10.32672/jnkti.v7i6.8365

Ganceh, H., Rahmadita, W., Mifthachul Jannah, D. A., & Julianto, F. (2022). Komparasi E-Modul dan Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Siswa di Tinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(1), 31–42. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i1.344

Gunawan, C. W., Risdianto, E., & Putri, D. H. (2022). Analysis of Need Response to the Development of E-Magazine on Static Fluid Material at Bengkulu City High School. 1(2), 52–61. https://doi.org/10.58723/ijoem.v1i2.50

Habibie, M. T., Solihah, A., & Aditya, D. Y. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android dalam Menciptakan KBM yang Efektif. Jurnal Bangun Abdimas, 3(1), 228–233. https://doi.org/10.56854/ba.v3i1.326

Hartmann, S., & Mittelstraß, J. (2002). Physics is a Part of Culture and the Basis of Technology. https://epub.ub.uni-muenchen.de/25378/index.html

Jannah, H., Primawati, S. N., Sukri, A., Wahyuni, Bq. S., & Masiah, M. (2024). Pengaruh Media Komik Visual terhadap Motivasi Belajar Siswa Ditinjau dari Gender Berbeda. Bioscientist, 12(1), 932. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v12i1.11510

Kervinen, A., Roth, W.-M., Juuti, K., & Uitto, A. (2020). The Resurgence of Everyday Experiences in School Science Learning Activities. Cultural Studies of Science Education, 15(4), 1019–1045. https://doi.org/10.1007/S11422-019-09968-1

Khotimah, K., Hidayanto, T., & El Ummah, S. A. (2024). Pembuatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Thunkable. https://doi.org/10.46306/ncabet.v3i1.149

Koroh, V. V., Palilingan, R. N., Polii, J., & Lolowang, J. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Fisika Berbasis Aplikasi Android Dengan MIT App Inventor. https://doi.org/10.62383/algoritma.v2i4.76

Mayer, R. (2024). The Past, Present, and Future of the Cognitive Theory of Multimedia Learning. Educational Psychology Review. https://doi.org/10.1007/s10648-023-09842-1

Mustikasari, A., Hindriana, A. F., & Ginanjar Arif, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Vitual Laboratory Berbasis Android Untuk Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Edubiologica, 9(1), 21–26. https://doi.org/10.25134/edubiologica.v9i1.10236

Nasution, E. S., Nasution, F., Harahap, T. R., & Tambunan, E. E. (2025). Language and Visual Representation in Physics: Enhancing Understanding Through Multimedia. International Journal of Educational Research Excellence, 4(1), 01–09. https://doi.org/10.55299/ijere.v4i1.1226

Nesti, E. W., Medriati, R., & Purwanto, A. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran fisika berbasis aplikasi lectora inspire. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 379.

Palomares-Ruiz, A., Cebrián, A., López-Parra, E., & García-Toledano, E. (2020). ICT Integration into Science Education and Its Relationship to the Digital Gender Gap. Sustainability, 12(13), 5286. https://doi.org/10.3390/SU12135286

Paputungan, Moh. Z., Doni, C. P., Damulawan, F. S., & Hasan, C. Y. (2023). Respon Kognitif dan Afektif Siswa terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android. 2(2), 37–48. https://doi.org/10.58194/alkilmah.v2i2.1857

Prakasiwi, L. R., & Gusemanto, T. G. (2021). Development of Adobe Animate Assisted Physics Learning Media as Online Learning Aid. 574–581. https://doi.org/10.2991/ASSEHR.K.210326.083

Saputri, K., Bancong, H., & Sultan, A. D. (2024). Digital Literacy in Physics Education: A Quantitative Analysis of High School Students Across Different School Environments. New Educational Review, 76(2), 123–138. https://doi.org/10.15804/tner.2024.76.2.09

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taa, A. A., Liu, A. N. A. M., & Kaleka, M. (2021). Hubungan antara Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA. 6(1), 41–51. https://doi.org/10.22437/EDUFISIKA.V6I1.11475

Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167-1173.

Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner: Model Pembelajaran Aktif dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak. Nusantara, 4(1), 209–228. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i1-13

Triyadi, A. Z., & Amarulloh, R. R. (2024). Development of Android-Based Learning Media Using App Inventor to Improve Student’s Learning Outcomes for Dynamic Fluid Materials. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(4), 392–400. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i4.1142

Tshering, K., Dorji, P., & Jatsho, S. (2024). Enhancing Students' Behavioural and Cognitive Engagement Through Active Learning Strategies In Physics. International Journal of Didactical Studies. https://doi.org/10.33902/ijods.202423328


Keywords  :  
Keywords: Android, Aplikasi, Fisika, Media Pembelajaran
Galleys  :  
Published  :  
2025-06-24
How to Cite  :  
Muki, B. G., & Aviyanti, L. (2025). Analisis Kebutuhan Siswa SMA Terhadap Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android Dalam Bentuk Aplikasi Interaktif . PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 84–91. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3115
Issue  :