Studi Literatur: Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa

Junartiah ( Universitas Sebelas Maret )

Abstract

Rendahnya keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menjadi perhatian penting dalam dunia pendidikan. Model pembelajaran yang berpusat pada siswa, seperti Problem-Based Learning (PBL), dinilai mampu menjadi solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem-Based Learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa melalui studi literatur. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan desain sistematis, yang menganalisis 38 artikel penelitian yang dipublikasikan pada Google Scholar dari tahun 2019 hingga 2024. Populasi dalam studi ini adalah seluruh artikel yang membahas pengaruh PBL terhadap pembelajaran IPA. Sampel dipilih secara purposive dengan kriteria inklusi seperti jenjang pendidikan dasar hingga menengah, artikel berbahasa Indonesia dan Inggris, serta mencantumkan data kuantitatif tentang hasil belajar dan keterampilan proses sains. Variabel independen adalah model PBL, sedangkan variabel dependen mencakup keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif melalui tabulasi dan grafik menggunakan statistik ringkasan, seperti rerata skor dan nilai N-Gain. Hasil studi menunjukkan bahwa model PBL secara konsisten meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Rata-rata keterampilan proses sains pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (misalnya: Janah et al. eksperimen= 85.4 vs kontrol= 65.3; Stevani et al. eksperimen= 79.94 vs kontrol= 69.56). Hasil belajar juga mengalami peningkatan signifikan dengan nilai N-Gain rata-rata kategori sedang hingga tinggi. Distribusi jenjang pendidikan didominasi oleh tingkat SMP (42.1%), diikuti SMA, SD, dan perguruan tinggi. Problem-Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Implikasi praktis dari hasil ini mendukung pentingnya integrasi PBL dalam kurikulum pendidikan sains untuk mendorong pembelajaran yang aktif, kontekstual, dan bermakna.

References

Afriani, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Labuhan Deli. Jurnal Pendidikan Sains, 8(1), 35–42.

Anjarsari, I., & Astutik, S. (2023). Efektivitas model Problem-Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VIII. Jurnal IPA dan Pembelajarannya, 13(2), 99–108.

Ayu, R. M., & Ningsih, M. (2023). Penerapan model Problem-Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 14–21.

Haerun, A., Heriyawati, D. F., & Handayani, R. (2022). The effectiveness of PBL model on students' science process skills and learning outcomes in science class. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 105–115. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.26480

Hidayah, N., & Prasetya, A. T. (2023). Pengaruh model Problem-Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 12(3), 55–62.

Janah, N. M., et al. (2021). Pengaruh model pembelajaran PBL terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 12–20.

Latifah, M. (2023). Implementasi Problem-Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 35–42.

Marlina, R. (2020). Pengaruh model Problem-Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan. Jurnal Sains dan Pembelajaran, 6(1), 18–26.

Pratama, Y. A., & Sari, D. N. (2023). Model PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 11(2), 101–110.

Putri, R. A. (2021). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMPN 3 Tulungagung. Jurnal Edukasi Sains, 4(2), 44–51.

Rismayanti, N. (2023). Pengaruh model Problem-Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika dan IPA, 7(1), 61–70.

Sari, L. P., & Wibowo, B. (2023). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem pencernaan manusia terhadap keterampilan proses sains. BioEdu, 11(1), 22–30.

Stevani, M., et al. (2020). Pengaruh model Problem-Based Learning terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA, 6(1), 25–31.

Susanti, E. R., & Nugroho, R. A. (2022). Penerapan model PBL dalam meningkatkan minat dan hasil belajar IPA. Jurnal Pembelajaran Sains, 9(2), 78–86.

Yuliana, S. (2019). Implementasi model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII SMPN 4 Bangkalan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(3), 210–217.


Keywords  :  
Keywords: Problem-Based Learning, keterampilan proses sains, hasil belajar, studi literatur, pembelajaran IPA
Galleys  :  
Published  :  
2025-06-19
How to Cite  :  
Junartiah. (2025). Studi Literatur: Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 70–77. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3114
Issue  :