Literasi Digital sebagai Fondasi Pengembangan Keterampilan Mahasiswa PGSD dalam Perancangan Pembelajaran IPAS Gamifikasi: Tinjauan Literatur

Sundahry ( Universitas Jambi )

Abstract

Artikel ini mengkaji peran literasi digital sebagai fondasi dalam pengembangan keterampilan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) untuk merancang pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) yang menerapkan prinsip gamifikasi. Melalui metode tinjauan literatur sistematis terhadap 10 artikel terpilih yang diterbitkan dalam rentang waktu 10 tahun terakhir (2015-2025), penelitian ini mengidentifikasi tren, tantangan, dan peluang dalam integrasi literasi digital dan gamifikasi dalam pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar. Hasil menunjukkan bahwa tingkat literasi digital yang memadai memungkinkan mahasiswa PGSD mengembangkan pembelajaran IPAS gamifikasi yang lebih efektif, interaktif, dan sesuai dengan tuntutan era digital. Implikasi dari temuan adalah pentingnya memperkuat kurikulum PGSD dengan komponen literasi digital dan desain pembelajaran gamifikasi untuk mempersiapkan calon guru yang mampu mengintegrasikan teknologi secara bermakna dalam pembelajaran IPAS di era pendidikan 4.0.

References

Amalia, F. R., & Sulistyo, E. (2023). Pengembangan kompetensi digital calon guru sekolah dasar dalam era pembelajaran digital. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Bawden, D. (2018). Digital literacy. Encyclopedia of Information Science and Technology, Fourth Edition, 2555-2563.

Braun, V., & Clarke, V. (2016). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.

Deterding, S., Khaled, R., Nacke, L. E., & Dixon, D. (2022). Gamification: Toward a definition. CHI 2022 Conference on Human Factors in Computing Systems.

Dicheva, D., Dichev, C., Agre, G., & Angelova, G. (2015). Gamification in education: A systematic mapping study. Educational Technology & Society, 18(3), 75-88.

Garcia-Martinez, S., & Silva-Fletcher, A. (2023). Gamification in science education: A systematic review of approaches and outcomes in elementary education contexts. Science Education International, 34(1), 48-62.

Garousi, V., Felderer, M., & Mäntylä, M. V. (2019). Guidelines for including grey literature and conducting multivocal literature reviews in software engineering. Information and Software Technology, 106, 101-121.

Hallinger, P., & Kulophas, D. (2020). The evolving knowledge base on leadership and teacher professional learning: a bibliometric analysis of the literature, 1960-2018. Professional Development in Education, 46(4), 521-540.

Johnson, L., & Adams, S. (2018). Digital literacy framework for pre-service teachers: Preparing educators for gamification in elementary classrooms. Educational Technology Research and Development, 66(3), 743-762.

Kitchenham, B., & Charters, S. (2007). Guidelines for performing systematic literature reviews in software engineering. Technical Report EBSE-2007-01.

Kurniawan, B., Sugiyarto, K. H., & Ikhsan, J. (2019). Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada mata kuliah IPA untuk mahasiswa PGSD. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45-53.

Liberati, A., Altman, D. G., Tetzlaff, J., Mulrow, C., Gøtzsche, P. C., Ioannidis, J. P., et al. (2019). The PRISMA statement for reporting systematic reviews and meta-analyses of studies that evaluate health care interventions: explanation and elaboration. PLoS Medicine, 6(7), e1000100.

Moher, D., Shamseer, L., Clarke, M., Ghersi, D., Liberati, A., Petticrew, M., et al. (2015). Preferred reporting items for systematic review and meta-analysis protocols (PRISMA-P) 2015 statement. Systematic Reviews, 4(1), 1.

Nugroho, A. A., & Purwanto, A. (2020). Literasi digital dan kreativitas guru: Studi pada mahasiswa PGSD dalam mengembangkan media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 77-90.

Okoli, C., & Schabram, K. (2010). A guide to conducting a systematic literature review of information systems research. Sprouts: Working Papers on Information Systems, 10(26).

Praherdhiono, H., Adi, E. P., & Prihatmoko, Y. (2018). Strengthening performance of digital learning for pre-service teachers through project-based approach. Journal of Education and Learning, 12(1), 14-25.

Pratiwi, N., & Susilowati, I. (2021). Digital literacy skills of pre-service elementary teachers: A path to innovative science learning design. Journal of Education and Learning, 15(2), 202-213.

Purnomo, H., Utari, S., & Wulan, A. R. (2022). Pengembangan model pembelajaran IPAS berbasis gamifikasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(2), 228-239.

Rachman, A., Sukmanasa, E., & Nugraha, D. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran gamifikasi berbasis TIK untuk guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 201-209.

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17-25.

Santoso, H. B., Schrepp, M., Isal, R. Y. K., Utomo, A. Y., & Priyogi, B. (2021). Measuring user experience of the student-centered e-learning environment. Journal of Educators Online, 16(1).

Saputra, M. R. D., & Kuswanto, H. (2022). Enhancing pre-service elementary teachers' digital literacy for gamified science learning design. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(5), 67-82.

Suryani, A. (2024). Peningkatan kualitas pembelajaran IPAS melalui pendekatan inovatif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.

Suwana, F. (2017). Empowering Indonesian women through building digital media literacy. Kasetsart Journal of Social Sciences, 38(3), 212-217.

Widodo, A., Indraswati, D., & Erfan, M. (2020). Profil literasi digital mahasiswa PGSD dalam pembelajaran berbasis teknologi di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 246-258.

Xiao, Y., & Watson, M. (2019). Guidance on conducting a systematic literature review. Journal of Planning Education and Research, 39(1), 93-112.

Yılmaz, R. M., & Baydaş, Ö. (2021). Pre-service teachers' digital literacy levels and views about integrating digital technologies into elementary science education. Education and Information Technologies, 26(4), 4179-4199.

Zourmpakis, A. I., Papadakis, S., & Kalogiannakis, M. (2023). Digital literacy skills in primary education: A systematic literature review. Education Sciences, 13(2), 167.


Keywords  :  
Keywords: Literasi Digital, Mahasiswa PGSD, Pembelajaran IPAS, Gamifikasi
Galleys  :  
Published  :  
2025-06-19
How to Cite  :  
Sundahry. (2025). Literasi Digital sebagai Fondasi Pengembangan Keterampilan Mahasiswa PGSD dalam Perancangan Pembelajaran IPAS Gamifikasi: Tinjauan Literatur. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 53–60. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3112
Issue  :