Peran Literasi lingkungan terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis: Literature review

Titis Wulandari ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstract

Kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan studi literatur. Literasi lingkungan mencakup pemahaman, kesadaran, dan tanggung jawab individu terhadap isu-isu lingkungan, serta kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat dalam konteks keberlanjutan. Kemampuan berpikir kritis sangat penting dalam menghadapi kompleksitas permasalahan lingkungan yang menuntut analisis, evaluasi, dan solusi yang logis serta berbasis data. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode tinjauan sistematis, menggunakan Systematic  Review  dan  Meta-Analysis. Artikel yang akan dianalisis dicari  menggunkan aplikasi Publish Or Perish  untuk  database  dari  Google  scholar.  Melalui telaah berbagai sumber pustaka, ditemukan bahwa program dan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada literasi lingkungan mampu merangsang siswa untuk berpikir lebih analitis, reflektif, dan solutif terhadap masalah nyata di sekitar mereka. Artikel ini menyimpulkan bahwa integrasi literasi lingkungan dalam pembelajaran merupakan strategi yang efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Studi ini juga merekomendasikan perlunya penguatan kurikulum dan metode pengajaran yang kontekstual dan interdisipliner guna mendukung pengembangan kedua aspek tersebut secara sinergis.

References

Alberida, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Tentang Materi Perubahan Lingkungan Untuk Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 03(1).

Ayub, S., Rokhmat, J., Ramdani, A., & Hakim, A. (2022). Karakteristik Soal Literasi Sains Programme for International Student Assesment (PISA) Tahun 2015. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.1039

Besar, B., Pemalang, M. I. N., Practice, B., & Ibrohim, A. (2022). 2797-3840 2797-992X. Http://E-Journal.Iainpekalongan.Ac.Id/Index.Php/Ijiee, 2, 72–81.

Irawati, H., Aprilia, N., & Saifuddin, M. F. (2024). Literasi lingkungan mahasiswa keguruan environmental literacy of teaching students. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 7(2023), 91–97.

Maesaroh, S., Bahagia, B., & Kamalludin, K. (2021). Strategi Menumbuhkan Literasi Lingkungan Pada Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4).

Muhammad, H. F., & Subekti, H. (2023). Strategi Gallery Walk Berbasis Socio-Scientific Issues Untuk. Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 80–88.

Rahmanda, A. E., Rokhanayah, L., Lestari, W., Rokayah, N. S., Dewi, N. A., & Anam, A. (2022). Penurunan Frekuensi Penggunaan Gadget Pada Anak Sd/Mi Dengan Mantra Sipil (Mainan Tradsional, Literasi Dan Peduli Lingkungan). Journal Of Community Health Development, 3(1).

Ramadani, N. K. (2022). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa di Masa Pandemi. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program …, 23.

Wahyudin, U. (2017). Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Membangun Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Jurnal Common, 1(2). https://doi.org/10.34010/common.v1i2.576

Wulan Sekar Tanjung, A., Bektiarso, S., & Djoko Lesmono, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Sumber Belajar Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1). https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.35163

Zahrawati, F. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 71–79. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o


Keywords  :  
Keywords: literasi lingkungan, berpikir kritis, pembelajaran kontekstual, studi literatur
Galleys  :  
Published  :  
2025-06-19
How to Cite  :  
Wulandari, T. (2025). Peran Literasi lingkungan terhadap peningkatan kemampuan berfikir kritis: Literature review. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 78–83. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3108
Issue  :