Pengembangan Modul Bahasa Jepang Tingkat Dasar Berbasis Aktivitas Pembelajaran dengan Pendekatan CLT (Communicative Language Teaching) di Lembaga Pelatihan Kerja (Sebuah Studi Pendahuluan)

Rezki Fajriannoor ( Universitas Negeri Jakarta )

Abstract

Meningkatnya kesempatan untuk bekerja di Jepang, membuat peningkatan yang signifikan terkait banyaknya lembaga pelatihan kerja (LPK) yang membuka kelas persiapan bahasa Jepang. Namun, di samping ketatnya jadwal belajar, muncul berbagai masalah yang dihadapi pemelajar di LPK yang tidak bisa dipandang sebelah mata, sehingga perlu dilakukan variasi pembelajaran untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang mereka. Sebagai salah satu solusi, Communicative Language Teaching dipandang sebagai sebuah jawaban agar pembelajaran bahasa Jepang yang bersifat komunikatif dapat dimaksimalkan di kelas. Dengan memperhatikan kerangka metodologi dalam pendekatan komunikatif yang diusung oleh CLT, tahapan pembelajaran yang komunikatif dapat dirancang agar pemelajar dapat menguasai tahap demi tahap materi dalam pembelajaran hingga mereka siap dalam mempraktikkan bahasa yang mereka pelajari di kelas di masa mendatang saat mereka mulai bekerja di Jepang.

References

Abdelmageed, N. A. T., & Ahmed, M. A. (2020). The effectiveness of using communicative language teaching approach (CLT) in developing students' speaking skills from teachers' perceptions. European Journal of English Language Teaching, 5(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.3786139

Adinda, S. A. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang Di LPK SO YLPKPKB (Brother Training Center) Cianjur dan Kendala Penggunaan Bahasa Jepang Pada Kehidupan Internship di Jepang. Retrieved from https://repository.widyatama.ac.id/items/e0cc2a98-d09a-4d4d-a31a-e87e5f2 39d73

Astina, I. K. W., Hermawan, G. S., & Mardani, D. M. S. (2019). Profil Strategi Pembelajaran Bahasa Jepang di LPK Terakoya Bali. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 5(3), 324. https://doi.org/10.23887/jpbj.v5i3.21457

Berezenko, V., Cherkhava, O., & Musiienko, Y. (2022). Communicative Language Teaching Approach in Promoting The Linguistic Competence of EFL Learners. Advanced Education, 88–96. https://doi.org/10.20535/2410-8286.224016

BINALATTAS. (2025). Daftar Sending Organization (SO) Direktorat Bina Pemagangan Ditjen Binalattas. Retrieved from https://binalattas.kemnaker.go.id/pemagangan/perizinan/so/datalembaga/

BINAPENTA & PKK (2021). Indonesia-Jepang Bahas Penempatan Pekerja Migran dan Program Pemagangan. Retrieved from https://kemnaker.go.id/news/detail/indonesia-jepang-bahas-penempatan-pekerja-migran-dan-program-pemagangan

Dos Santos, L. M. (2020). The Discussion of Communicative Language Teaching Approach in Language Classrooms. Journal of Education and E-Learning Research, 7(2), 104–109. https://doi.org/10.20448/journal.509.2020.72.104.109

Ghafar, Z. N., Sawalmeh, M. H., & Mohamedamin, A. A. (2023). Impact of Communicative Language Teaching Method on Students’ Speaking and Listening Skills: A Review Article. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 6(1), 54–60. https://doi.org/10.32996/ijllt.2023.6.1.8

Hien, L. T. N. (2021). Communicative Language Teaching in Teaching ESL for University Students. Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics, 3(6), 49–57. https://doi.org/10.32996/jeltal.2021.3.6.7

Hou, Y.-j., Hou, Y.-a., & Chen, L.-C. (2021). A study of communicative language teaching for EFL at junior college in Taiwan. The International Journal of Pedagogy and Curriculum, 28(2), 51–63. https://doi.org/10.18848/2327-7963/CGP/v28i02/51-63

Iriani, T., & Ramadhan, M. A. (2019). Perencanaan Pembelajaran untuk Kejuruan. Jakarta: Prenada Media.

Krisnawa, K. B. (2023). Pembelajaran Bahasa Jepang di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Babaking Course. Jurnal Penelitian Mahasiswa Indonesia, 3(1), 1-10. Retrieved from https://www.jurnal.stkipahsingaraja.ac.id/index.php/jpmi/article/view/441

Littlewood, W. (1981). Communicative language teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

MAhmed, E., & Abdalrahman, I. (2017). The Effect of Using Communicative Language Teaching on EFL Learners' Speaking Skill. European Academic Research, 5(6), 2769-2791. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Amin-Ahmed-5/publication/359134271_The_Effect_of_Using_Communicative_language_Teaching_on_EFL_Learner's_Speaking_skill/links/6229bdd09f7b3246341d4a13/The-Effect-of-Usi ng-Communicative-language-Teaching-on-EFL-Learners-Speaking-skill.pdf

Qasserras, L. (2023). Systematic Review of Communicative Language Teaching (CLT) in Language Education: A Balanced Perspective. European Journal of Education and Pedagogy, 4(6), 17–23. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.6.763

Richards, J. C. (2006). Communicative Language Teaching Today. New York: Cambridge University Press.

Sari, D. S. (2020). Perbandingan antara Buku Ajar Minna no Nihongo I dengan Marugoto A1 Rikai. (Skripsi), Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/42749/

Sari, N. L. M., Sadyana, I. W., & Suartini, N. N. (2021). Pembelajaran Bahasa Jepang di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bulan Palapa Desa Landih Bangli. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 7(1), 42. https://doi.org/10.23887/jpbj.v7i1.31854

Sitoy, J. S., & Sonsona, R. P. J. V. (2024). Investigating the use of communicative language teaching (CLT) strategies to promote innovative teaching and learning approach. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(2), Page Range. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i2.79184

Visiaty, A. (2020). Unsur Budaya dalam Komunikasi Berbahasa Jepang di Dunia Korporasi di Indonesia: Kajian Konflik Interkultural. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 4(1), 1. https://doi.org/10.22146/jla.57500

Wahidati, L., & Djafri, F. (2021). Kendala Berkomunikasi yang Dihadapi oleh Tenaga Profesional Penutur Bahasa Jepang di Perusahaan Jepang. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 5(1). https://doi.org/10.18196/jjlel.v5i1.10523


Keywords  :  
Keywords: Pembelajaran Bahasa Jepang, Kelas Persiapan Bahasa Jepang, LPK, Lembaga Pelatihan Kerja, Pengajaran Bahasa
Galleys  :  
Published  :  
2025-06-19
How to Cite  :  
Fajriannoor, R. (2025). Pengembangan Modul Bahasa Jepang Tingkat Dasar Berbasis Aktivitas Pembelajaran dengan Pendekatan CLT (Communicative Language Teaching) di Lembaga Pelatihan Kerja (Sebuah Studi Pendahuluan). PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 21–30. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3106
Issue  :