Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Ekosistem Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test
Abstract
Praktik pembelajaran yang kurang efektif menjadi salah satu penyebab siswa mengalami pemahaman konsep yang kurang. Miskonsepsi merupakan konsep dari dalam diri siswa yang tidak sesuai dengan kaidah konsep ilmiah yang sesungguhnya. Miskonsepsi bersifat persisten, sulit diubah, dan dihilangkan dalam beberapa konsep. Maka, diperlukan usaha untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada setiap materi pembelajaran. Salah satu instrumen untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa yaitu tes diagnostik tiga tingkat . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA pada materi ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling dimana siswa yang menjadi responden merupakan siswa yang belum pernah mempelajari materi ekosistem di tingkat SMA di Kota Pasuruan sebanyak 31 responden. Kriteria profil miskonsepsi siswa menggunakan instrumen tes diagnostik tiga tingkat mengacu pada (Gurel, 2015). Hasil pengujian miskonsepsi pada materi ekosistem di salah satu SMA di Kota Pasuruan, diketahui presentase paling tinggi terdapat pada sub materi definisi dan komponen ekosistem dengan presentase 38%, aliran energi 26%, interaksi antar komponen ekosistem 24%, dan daur ulang biogeokimia 20%. Kriteria ilmiah konsepsi , miskonsepsi positif palsu , dan miskonsepsi negatif palsu siswa memperoleh rata-rata 10%, kurangnya pengetahuan memperoleh presentase sebesar 19%, dan miskonsepsi 28%. Pengembangan instrumen diagnostik three tier test dapat digunakan untuk mengetahui miskonsepsi siswa dan menjadi alat evaluasi bagi guru untuk merancang pembelajaran agar siswa dapat memahami konsep ilmiah dengan benar.
References
Artdej R, Ratanaroutai T, & Coll R K. (2010). Thai Grade 11 Students’ Alternative Conceptions for Acid-Base Chemistry. Research in Science and Technology Education, 28(2), 167–183.
Ayas A, Ozmen H, & Calik M. (2010). Students’ Conception of the Particulate Nature of Matter at Secondary and Tertiary Level. International Journal of Science and Mathematics Education, 8(1), 165–184.
Azzahra, A. N., & Kartikawati, E. (2023). Misconception Analysis of Biology Education Students Using Diagnostic Three Tier Test on Genetics Material. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 200–207. https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.905
Briggs AG, Lee EH, Robert EB, John B, Rachel EA, Horack D, D.Sue KA, Ann H, McDonald, Todd PP, Ann CS, Ann MS, Sunny BY, & Timotty DP. (2017). Concept Inventory Development Revals Common Student Misconception About Microbiology. Journal of Microbiology and Biology Education, 18(3).
Dipuja, D. A., Lufri, L., & Ahda, Y. (2018). Development Biology Worksheet Oriented Accelerated Learning on Plantae and Ecosystems for 10th-Grade Senior High School Students. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012092
Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2015a). A review and comparison of diagnostic instruments to identify students’ misconceptions in science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 989–1008. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a
Gurel, D. K., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2015b). A review and comparison of diagnostic instruments to identify students’ misconceptions in science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 989–1008. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1369a
Haka, N. B., Anggoro, B. S., Hamid, A., Novitasari, A., Handoko, A., & Puspita, L. (2020). The Development of Biology Module Based on Local Wisdom of West Lampung: Study of Ecosystem Material. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012013
Istiyani R, Muchyidin A, & Rahardjo H. (2018). Analysis of Student Misconception on Geometry Concepts Using Three-Tier Diagnostic Test. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 223–236.
Kamilah, D. S., & Suwarna, I. P. (2019). Pengembangan three-tier test digital untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada konsep fluida statis. Edusains, 8(2).
Kemdikbud. (2020). Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus.
Kirbulut ZD. (2014). Using Three-Tier Diagnostic Test to Assess Students’ Misconceptions of States of Matter. Journal of Mathematics, Science, and Technology Education, 10(5), 509–521.
Rizki, C., & Setyarsih, W. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Penyebabnya pada Materi Elastisitas Menggunakan Three–Tier Diagnostic Test. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 11(3), 32–43. https://doi.org/10.26740/ipf.v11n3.p32-43
Salirawati D. (2011). Pengembangan Instrumen Pendeteksi Miskonsepsi Kesetimbangan Kimia pada Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 15(2), 232–249.
Savira, I., Wardani, S., Harjito, & Noorhayati, A. (2019). Desain instrumen tes three tiers multiple choice untuk analisis miskonsepsi siswa terkait larutan penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Suprapto, N. (2020). Do We Experience Misconceptions?: An Ontological Review of Misconceptions in Science. 1(2), 50–55. https://doi.org/10.46627/sipose
Urry, L. A., Cain, M. L., Wasserman, S. A., Minorsky, P. V, & Orr, R. B. (2015). Unit 5 THE EVOLUTIONARY HISTORY.
Yafi Ilmisa, U., & Putri, D. H. (2020). A Misconception Analysis of Biology Students of Universitas Negeri Padang in the Microbiology Subject Using Certainly of Response Index (CRI).
Yudhi, O., 1, A., & Saptono, S. (2021). Analysis of Students’ Misconceptions Using Three Tier-Test Multiple Choice on Ecosystem Material in SMA. Et al / Journal of Biology Education, 10(3), 277–284. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Published | : |
2025-06-19
|
How to Cite | : |
Maftuha, M. R. (2025). Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Ekosistem Menggunakan Three-Tier Diagnostic Test. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 9–20. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3105
|
Issue | : |