Implementasi Student Led Conference Untuk Menguatkan Dimensi Kemandirian Pada Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar
Abstract
Student Led Conference merupakan sebuah metode inovatif berupa konferensi atau pertemuan antara siswa, guru dan orang tua di mana siswa mengkomunikasikan hasil belajar, tujuan serta strateginya dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas VB SD Negeri Nogopuro yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model Miles, Huberman dan Saldana yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Student Led Conference dilaksanakan dalam lima tahapan yang masing-masing menguatkan karakter kemandirian dalam sub dimensi yang berbeda. Kelima tahapan ini berupa refleksi, menyiapkan portofolio, menyiapkan presentasi, menata ruangan dan, pelaksanaan Student led conference. Penerapan Student led conference di SD Negeri Nogopuro menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan berhasil menguatkan karakter kemandirian siswa untuk merefleksi diri, mengembangkan pengendalian dan disiplin diri, menjadi inufidu yang percaya diri, resilien, adaptif, inisiatif dan mandiri.
References
Adinugraha, H. H., Sartika, M., Astuti, S. D., & Mahmud, M. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa sebagai Sarana Pengembangan Bakat Kepemimpinan Siswa yang Jujur, Percaya Diri, Tanggungjawab, Disiplin, dan Kreatif. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 251–257.
Afif, M., & Hidayati, D. (2024). School principals managerial leadership strategies in increasing students ’ digital literacy. Fundamental Pendidikan Dasar, 7(1), 26–33.
Agustyarini, Y., Ria Kusrini, N. A., & Ningrum, R. W. (2024). Implementasi Program Student Led Conference (SLC) Dalam Pembelajaran Kolaboratif Siswa Guru dan Orang Tua. Chalim Journal of Teaching and Learning, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.31538/cjotl.v4i1.1007
Cohen, L., Manion, L., Lecturer, P., Morrison, K., & Lecturer, S. (n.d.). Research Methods in Education.
Eko, B., Cahyono, H., Maruti, E. S., & Arfani, F. (2024). Self-Directed Learning ( SDL ) Model on Pentigraph Writing Skills Among Primary School Students. Profesi Pendidikan Dasar, 11(2), 34–49. https://doi.org/10.23917/ppd.v11i2.4751
Hanif, I. S., Yunitasari, D., & Java, C. (2024). Forming the mental and disciplinary character of students through extracurricular scouting activities at school. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 8(1), 12–24.
Hermawati, D., Rohaeni, A., & Nurhayati, S. (2021). Implementation of the student-led conference method To develop children ’s self-reliance. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 10(1), 73–79.
Kamal, M., & Rochmiyati, S. (2022). Indikator kemandirian dalam profil pelajar pancasila pada akhir fase c rentang usia 12–15 tahun. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 150–171.
Kurniawan, B., & Muh, A. S. (2021). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Science Integrated Learning ( SIL ) Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Konvariabel Kemandirian Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2).
Lestari, S. (2024). Pengaruh Refleksi Diri dalam Mengembangkan kompetensi Profesional Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(3), 299–304.
Mursidik, M., & Malang, U. N. (2024). Self-regulated learning profile of students with auditory learning style in mathematics lessons. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 14(June), 1–13.
Sarassang, M., & Wibawanta, B. (2023). Evaluasi Program Student-Led Conference (SLC) Dalam Meningkatkan Kepemimpinan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(3), 221–234. https://doi.org/10.30605/ jsgp.6.3.2023.2815
Sisman, C., & Bahadır, E. (2021). The effects of student led conferences on the improvement of 21st century career and life skills. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(4), 152–169. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.4.9
Sumandari, T. E., Warsito, R., & Suwartini, S. (2024). Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik SD NEGERI 2 Gumul Karangnongko Klaten. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 25–33.
Thoe, Jamaludin, J., Pang, Y. J., Choong, C., & Lay, Y. F. (2022). Developing Conceptual and Procedural Knowledge / Skills of Lifelong Learners from Basic to Advance Learning : Exemplars , Challenges and Future Direction. Dinamika Urnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 13(2).
Viorella, N., Fedina, S., Umam, R., & Istianatusyahri, D. (2024). The effect of physical activity programs on improving motor , social and attitude abilities of students with autism spectrum disorders in inclusive schools. Jurnal Fundamental Pendidikan Dasar, 7(1), 44–50.
West, K. L. (2017). Teacher Perceptions and Benefits of Student-Led Conferencing in Southern and Central Illinois Elementary Schools. 1–126.
Williams, C. (2020). Levels of Feedback in Preparation for a Student-Led Conferencing Event : a Case Study of Elementary Students ’ Experiences. 1–108.
Wicaksono, L., Tanjungpura, U., & Barat, K. (2023). The effectiveness of animated video on social science learning outcomes and activeness in elementary school students. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 13(June), 38–48. https://doi.org/10.25273/pe.v13i1.16291
Keywords | : |
Keywords:
kemandirian, Profil pelajar Pancasila, Student led conference
|
Galleys | : | |
Published | : |
2025-06-19
|
How to Cite | : |
Ismiyati, T. (2025). Implementasi Student Led Conference Untuk Menguatkan Dimensi Kemandirian Pada Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 1–8. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3102
|
Issue | : |