Upaya Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model SAVI (Somatic, Auditory, Visual Dan Intelektual) Di Kelas V SDN 224/II Sijau Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan empat tahap setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPAS menggunakan model SAVI melalui teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil peneltian didapatkan adanya peningkatan yang mana dari siklus 1 untuk proses belajar peserta didik sebesar 61,76% dan hasil belajar sebesar 38,23%, Sedangkan siklus 2 proses belajar peserta didik sebesar 91,17% dan hasil belajar sebesar 82,35%. Maka dapat disimpulkan adanya peningkatan baik dari segi proses maupun hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran IPAS kelas 5 SDN 224/II Sijau Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo.
References
Aprizan, Dkk. 2022. Penelitian Tindakan Kelas. Muara Bungo: Penerbit Lekeisha.
Alfiani, D. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap Hasil
Belajar Anak Usia Dini. Syekhnurjati.
Aunurrahman. (2016). Media Proyeksi Dan Multi Penggunaannya. Journal of Chemical Information and Modeling,
(9), 1689–1699.
Cantona, Gede Eric, Dan Komang Sudarma. 2020. “Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Mind Mapping
Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 3 (2): 11.
Kustina, R., & Sinta, M. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI pada Materi Teks Cerita Ulang Siswa di
Kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa, 5(2), 132-138.
Peri Wijaya, I. K., Bayu, G. W., & Sumantri, M. (2021). Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization,
Intellectualy (SAVI) Berbantuan Icebreaker Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan
Profesi Guru, 4(1), 54–60. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.27979
Saleh, S. (2020). Implementasi Model Savi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS
Tentang Kenampakan Alam dan Keragaman Sosial Budaya Kelas IV SD Negeri 50 Kota Ternate. Suparyanto
Dan Rosad (2015, 8(November), 242–247.
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas Vi Sdn 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109.
https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.373
Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit
Yayasan Kita Menulis.
Yulia, Shasliani, & Isnawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi ( Somatic , Auditory ,
Visual dan Intellectualy ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang.
Jurnal Publikasi Pendidikan, 20(30), :1-9.
Keywords | : |
Keywords:
Proses pembelajaran, Hasil Belajar, SAVI.
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-29
|
How to Cite | : |
Ibnu Kharis alfauzi, wiyoko, tri, & R.Habibie, Z. (2024). Upaya Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model SAVI (Somatic, Auditory, Visual Dan Intelektual) Di Kelas V SDN 224/II Sijau Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 49–54. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2160
|
Issue | : |
Section
Articles
|