ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) adalah suatu alternatif yang dapat
diperluas dan diimplementasikan untuk mengubah peran siswa menjadi pusat dari proses
pembelajaran. Dengan menggunakan model PBL, siswa terlibat dalam tantangan untuk
mempelajari bagaimana mereka bisa belajar secara efektif dan bekerja sama dalam
menyelesaikan masalah dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) dalam pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA) di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskripsi dengan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan proses pembelajaran. Subjek
penelitian meliputi peserta didik dan guru sekolah dasar. Teknik pengumpulan data meliputi
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil
memaksimalkan proses pembelajaran menggunakan model PBL dalam pembelajaran IPA.
Sekolah telah melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan baik, menggunakan modul
pembelajaran dan LKPD. Semua tahapan PBL dijalankan secara konsisten. Guru
membimbing peserta didik melalui kegiatan kelompok untuk merumuskan hipotesis,
melakukan eksperimen, dan mempresentasikan hasil. Evaluasi menunjukkan bahwa
meskipun ada kendala seperti kesulitan dalam mengidentifikasi masalah dan kurangnya
kepercayaan diri, PBL efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan
keterampilan ilmiah peserta didik. Dukungan dan bimbingan tambahan dari guru diperlukan
untuk mengatasi kendala tersebut.
References
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.
https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam
Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3),
https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1),
–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441
Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning
(Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di
Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 106–112.
https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9500
Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model
Pembelajaran ). Indonesia Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23.
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1–8.
Safitri, I., & Endarini, E. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem
Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,
(2), 412–418. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.366
Keywords | : |
Keywords:
model pembelajaran, pembelajaran berbasis proyek
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-29
|
How to Cite | : |
Reza Tito Anggara, Rafidah, R., Putri, Y. M., Pratiwi, N., & Pratama, M. R. (2024). ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 76–78. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2155
|
Issue | : |
Section
Articles
|