PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang cepat di era globalisasi saat ini memberikan pengaruh yang signifikan pada bidang pendidikan. Keberadaan teknologi dianggap penting dalam menunjang aktivitas pendidikan di era pendidikan abad ke-21 dan revolusi pendidikan keempat (Pendidikan 4.0). Dalam fase ini, peran guru bergeser dari pusat pembelajaran menjadi fasilitator yang mendukung siswa dalam memenuhi kebutuhan belajar mereka. Salah satu aplikasi teknologi yang populer adalah Educandy, sebuah platform berbasis web yang menawarkan berbagai permainan dan kuis pendidikan untuk mendukung pembelajaran interaktif. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif melalui studi pustaka untuk mengevaluasi pemanfaatan media pembelajaran Educandy dalam konteks pembelajaran. Penelitian ini berisikan ulasan mengenai Langkah-langkah mengaplikasikan Educandy meliputi pembuatan akun, pembuatan permainan, dan penggunaan dalam kelas. Hasilnya menunjukkan bahwa Educandy dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, serta memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik dan interaktif serta menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari media pembelajaran Educandy.
References
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021).
Peran Teknologi Pendidikan dalam
Pembelajaran. Islamika, 3(1),
–133.
https://doi.org/10.36088/islamika.v3i
1047
Fadhilah, F. N. (2023). Pengembangan
Media Bahasa Arab Menggunakan
Web Educandy. Al-Ittijah : Jurnal
Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa
Arab, 14(1), 51–62.
ittijah.v14i1.5609
Fitriati, I., Purnamasari, R., Fitrianingsih,
N., Irawati, I., & Belajar, M. (2021).
Implementasi Digital Game Based
Learning Menggunakan Aplikasi
Educandy Untuk Evaluasi dan
Motivasi Belajar Mahasiswa Bima.
Prosiding Seminar Nasional
Penelitian Dan Pengabdian 2021 :
Penelitian Dan Pengabdian Inovatif
Pada Masa Pandemi Covid-19,
–312.
H.I.A, P. (2023). Implementasi Penggunaan
Media ChatGPT dalam Pembelajaran
Era Digital. Journal of Educational
and Cultural Studies, 2(2), 1–8.
Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., &
Setiawan, T. Y. (2023). Pemanfaatan
Aplikasi Game Wordwall dalam
Pembelajaran untuk Menumbuhkan
Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Seminat Nasional
Paedagoria, 3, 527–532.
Ihza, F., Umalihayati, Dayurni, P., & Surani,
D. (2023). Efektivitas Platform
Learning Management System. 4(2),
–122.
Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P.
A., & Marini, A. (2023).
Pengembangan Media Pembelajaran
Melalui Game Educandy Untuk
Meningkatkan Karakter Belajar
Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal
Pendidikan Dan Sosial Humaniora,
(3), 442.
Putri, A. M. K., Akhwani, A., Nafiah, N., &
Djazilan, M. S. (2021). Pengaruh
Media Educandy pada Pembelajaran
PPKn terhadap Motivasi Belajar
Daring Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 5(5), 4206–4211.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/
article/view/1537
Rahmawati, N. K., Kusuma, A. P., &
Hamdani, H. (2023).
PENGGUNAAN MEDIA
PEMBELAJARAN INTERAKTIF
BERBASIS DIGITAL. Jurnal
Pengabdian Mandiri, 4(1), 88–100.
Sesilia Ferdianti, & Agus Saeful Anwar.
(2023). Pemanfaatan Media
Pembelajaran Educandy Berbasis
Games Edukasi pada Pelajaran
Matematika untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas
V SDN Cipicung. Jurnal Lensa
Pendas, 8(1), 17–22.
https://doi.org/10.33222/jlp.v8i1.248
Sukma, Z. D., Saputra, H. H., & Erfan, M.
(2023). PENGARUH
PENGGUNAAN MEDIA
PEMBELAJARAN GAME
EDUCANDY TERHADAP HASIL
BELAJAR SISWA DALAM MUATAN
IPS KELAS V SDN 21 AMPENAN
Zasri. 2(4), 1607–1614.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/
article/view/1537
Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy
Dalam Evaluasi Pembelajaran
Bahasa Indonesia. Lingua Rima:
Jurnal Pendidikan Bahasa Dan
Sastra Indonesia, 10(1), 55.
https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.
Yaningsih, Y. F., Nurrahmasari, A. T.,
Lathifah, L. N., & Wahyuni, N. I.
(2023). Peningkatan Minat Belajar
Siswa Kelas V Sd Negeri
Gajahmungkur 03 Semarang
Terhadap Pembelajaran Pendidikan
Pancasila Dengan Menggunakan
Media Educandy dan Wordwall.
Madani : Jurnal Ilmiah
Multidisipline, 1(11), 283–292.
Keywords | : |
Keywords:
learning media, educandy, elemetary school, education technology
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-29
|
How to Cite | : |
Ilham Ifliadi, prasetyo, imam, suhaidi, ineswenty mendrofa, lola, & kurniawan, anggi. (2024). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 95–101. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2150
|
Issue | : |
Section
Articles
|