PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY DI SEKOLAH DASAR

Ilham Ifliadi ( a:1:{s:5:"en_US";s:17:"Universitas Jambi";} )
imam prasetyo ( )
suhaidi ( )
lola ineswenty mendrofa ( )
anggi kurniawan ( )

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang cepat di era globalisasi saat ini memberikan pengaruh yang signifikan pada bidang pendidikan. Keberadaan teknologi dianggap penting dalam menunjang aktivitas pendidikan di era pendidikan abad ke-21 dan revolusi pendidikan keempat (Pendidikan 4.0). Dalam fase ini, peran guru bergeser dari pusat pembelajaran menjadi fasilitator yang mendukung siswa dalam memenuhi kebutuhan belajar mereka. Salah satu aplikasi teknologi yang populer adalah Educandy, sebuah platform berbasis web yang menawarkan berbagai permainan dan kuis pendidikan untuk mendukung pembelajaran interaktif. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif melalui studi pustaka untuk mengevaluasi pemanfaatan media pembelajaran Educandy dalam konteks pembelajaran. Penelitian ini berisikan ulasan mengenai Langkah-langkah mengaplikasikan Educandy meliputi pembuatan akun, pembuatan permainan, dan penggunaan dalam kelas. Hasilnya menunjukkan bahwa Educandy dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, serta memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik dan interaktif serta menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari media pembelajaran Educandy.

References

Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021).

Peran Teknologi Pendidikan dalam

Pembelajaran. Islamika, 3(1),

–133.

https://doi.org/10.36088/islamika.v3i

1047

Fadhilah, F. N. (2023). Pengembangan

Media Bahasa Arab Menggunakan

Web Educandy. Al-Ittijah : Jurnal

Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa

Arab, 14(1), 51–62.

https://doi.org/10.32678/al-

ittijah.v14i1.5609

Fitriati, I., Purnamasari, R., Fitrianingsih,

N., Irawati, I., & Belajar, M. (2021).

Implementasi Digital Game Based

Learning Menggunakan Aplikasi

Educandy Untuk Evaluasi dan

Motivasi Belajar Mahasiswa Bima.

Prosiding Seminar Nasional

Penelitian Dan Pengabdian 2021 :

Penelitian Dan Pengabdian Inovatif

Pada Masa Pandemi Covid-19,

–312.

H.I.A, P. (2023). Implementasi Penggunaan

Media ChatGPT dalam Pembelajaran

Era Digital. Journal of Educational

and Cultural Studies, 2(2), 1–8.

Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., &

Setiawan, T. Y. (2023). Pemanfaatan

Aplikasi Game Wordwall dalam

Pembelajaran untuk Menumbuhkan

Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Seminat Nasional

Paedagoria, 3, 527–532.

https://wordwall.net/

Ihza, F., Umalihayati, Dayurni, P., & Surani,

D. (2023). Efektivitas Platform

Learning Management System. 4(2),

–122.

Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P.

A., & Marini, A. (2023).

Pengembangan Media Pembelajaran

Melalui Game Educandy Untuk

Meningkatkan Karakter Belajar

Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Dan Sosial Humaniora,

(3), 442.

Putri, A. M. K., Akhwani, A., Nafiah, N., &

Djazilan, M. S. (2021). Pengaruh

Media Educandy pada Pembelajaran

PPKn terhadap Motivasi Belajar

Daring Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 5(5), 4206–4211.

https://jbasic.org/index.php/basicedu/

article/view/1537

Rahmawati, N. K., Kusuma, A. P., &

Hamdani, H. (2023).

PENGGUNAAN MEDIA

PEMBELAJARAN INTERAKTIF

BERBASIS DIGITAL. Jurnal

Pengabdian Mandiri, 4(1), 88–100.

Sesilia Ferdianti, & Agus Saeful Anwar.

(2023). Pemanfaatan Media

Pembelajaran Educandy Berbasis

Games Edukasi pada Pelajaran

Matematika untuk Meningkatkan

Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas

V SDN Cipicung. Jurnal Lensa

Pendas, 8(1), 17–22.

https://doi.org/10.33222/jlp.v8i1.248

Sukma, Z. D., Saputra, H. H., & Erfan, M.

(2023). PENGARUH

PENGGUNAAN MEDIA

PEMBELAJARAN GAME

EDUCANDY TERHADAP HASIL

BELAJAR SISWA DALAM MUATAN

IPS KELAS V SDN 21 AMPENAN

Zasri. 2(4), 1607–1614.

https://jbasic.org/index.php/basicedu/

article/view/1537

Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy

Dalam Evaluasi Pembelajaran

Bahasa Indonesia. Lingua Rima:

Jurnal Pendidikan Bahasa Dan

Sastra Indonesia, 10(1), 55.

https://doi.org/10.31000/lgrm.v10i1.

Yaningsih, Y. F., Nurrahmasari, A. T.,

Lathifah, L. N., & Wahyuni, N. I.

(2023). Peningkatan Minat Belajar

Siswa Kelas V Sd Negeri

Gajahmungkur 03 Semarang

Terhadap Pembelajaran Pendidikan

Pancasila Dengan Menggunakan

Media Educandy dan Wordwall.

Madani : Jurnal Ilmiah

Multidisipline, 1(11), 283–292.

https://doi.org/10.5281/zenodo.1025


Keywords  :  
Keywords: learning media, educandy, elemetary school, education technology
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Ilham Ifliadi, prasetyo, imam, suhaidi, ineswenty mendrofa, lola, & kurniawan, anggi. (2024). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUCANDY DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 95–101. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2150
Issue  :