Kebijakan Teknologisasi di Pendidikan Tinggi: Persoalan dan Tantangan pada Era Artificial Intelligence (AI)

Hastangka ( Pusat Riset Pendidikan BRIN, Indonesia )

Abstract

Banyak studi membahas penggunaan teknologi dalam pendidikan atau pengaruh teknologi dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun jarang uraian dan pembahasan berkaitan dengan bagaimana kebijakan masuknya teknologi dalam tingkat institusi pendidikan khususnya dalam pelayanan pendidikan dan meningkatkan akses pendidikan bagi pelajar atau mahasiswa, termasuk stakeholder di dalamnya. Tujuan dari studi ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana persoalan dan tantangan kebijakan teknologisasi di Perguruan Tinggi.  Tulisan ini akan membahas isu kebijakan teknologisasi dalam pendidikan, dan bagaimana persoalan dan tantangan pada era AI. Subyek dan Metode yang digunakan dalam studi ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan kajian pustaka. adanya kebijakan teknologisasi di perguruan tinggi mengarahkan pada efisiensi dan efektivitas serta adanya standarisasi layanan akademik dan administrasi, serta kualitas pembelajaran yang lebih baik. pada era AI, kebijakan teknologisasi yang berkembang belum secara maksimal dapat mengendalikan dampak dari AI dalam mendorong budaya kritis dan analitik di kalangan civitas akademik, potensi yang dapat terjadi terdapat dua hal yaitu potensi positif dan negative yang dapat menjadi persoalan dan tantangan ke depan.

References

Anih, E. (2016). Modernisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan

Komunikasi Memasuki Abad 21. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 185-196.

Eka Puji Astutik, N. A. (2023). ARTIFICIAL INTELLIGENCE: DAMPAK PERGESERAN PEMANFAATAN

KECERDASAN MANUSIA DENGAN KECERDASAN BUATAN BAGI DUNIAPENDIDIKAN DI

INDONESIA . Sindoro:CENDIKIA PENDIDIKAN Vol.1 No.10 Tahun 2023, 101-112.

Fajar Arianto, L. H. (2020). Model Penerimaan dan Pemanfaatan Teknologi E-LEARNING di Perguruan

Tinggi . Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 8 No 1, 110-121.

Indrayani, E. (2011). Pengelolaan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi

Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1 , 51-67.

Isep Sunandi, J. J. ( 2023). Dampak Integrasi Teknologi pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan

Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 7 Nomor 1, 3046-3054.

Jaakkola, M. (2023). Reporting on artificial intelligence: a handbook for journalism educators. Paris:

UNESCO.

Kebudayaan, M. P. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020

tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.

Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khairul Marlin, E. T. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat

GPTTerhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi .

INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 5192-5201.

Marsus Suti, M. Z. (2020). Tata Kelola Perguruan Tinggi dalam Era Teknologi Informasi dan Digitalisasi.

JEMMA, Volume 3 Nomor 2, September, 203-214.

Muhammad Ade Kurnia Harahap, H. L. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (AI) Bagi

Dosen Dalam Menghadapi Tantangan Perguruan Tinggi Pada Era Disrupsi. Innovative: Journal

of Social Science Research, 10566-10576.

Noer Hafidz Harsya, Z. C. (2024). Evaluasi Pandangan Mahasiswa UNNESTerhadap Dampak Positif

danHambatan Penggunaan AI (ChatGPT) dalamPembelajaran. Jurnal Majemuk Vol.3No. 2 Juni,

-374.

Rahmayanti, M. L. (2008). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pendidikan pada Perguruan

Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Teknoin 2008 , (pp. 133-141). Yogyakarta.

Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal

of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 2No. 1,, 37-42.

Sardjana, D. (2015, Juni 26). Kebijakan E-learning Perguruan Tinggi dalam Strategi Manajemen

Pendidikan. Retrieved from kompasiana.com:

https://www.kompasiana.com/sardjana/54ff9727a333114f5c50fb29/kebijakan-e-learning-

perguruan-tinggi-dalam-strategi-manajemen-pendidikan

Soni Akhmad Nulhaqim, R. D. (xx). Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan

di Indonesia untuk Menghadapi ASEAN Community 2015 Studi Kasus: Universitas Indonesia,

Universitas Padjajaran, Institute Teknologi Bandung. SHARE: Social Work Jurnal Vol 6 No 2,

-272.


Keywords  :  
Keywords: Kebijakan pendidikan, Perguruan tinggi, AI.
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Hastangka. (2024). Kebijakan Teknologisasi di Pendidikan Tinggi: Persoalan dan Tantangan pada Era Artificial Intelligence (AI). PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 145–151. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2142
Issue  :