Kebijakan Teknologisasi di Pendidikan Tinggi: Persoalan dan Tantangan pada Era Artificial Intelligence (AI)
Abstract
Banyak studi membahas penggunaan teknologi dalam pendidikan atau pengaruh teknologi dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun jarang uraian dan pembahasan berkaitan dengan bagaimana kebijakan masuknya teknologi dalam tingkat institusi pendidikan khususnya dalam pelayanan pendidikan dan meningkatkan akses pendidikan bagi pelajar atau mahasiswa, termasuk stakeholder di dalamnya. Tujuan dari studi ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana persoalan dan tantangan kebijakan teknologisasi di Perguruan Tinggi. Tulisan ini akan membahas isu kebijakan teknologisasi dalam pendidikan, dan bagaimana persoalan dan tantangan pada era AI. Subyek dan Metode yang digunakan dalam studi ini akan menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan kajian pustaka. adanya kebijakan teknologisasi di perguruan tinggi mengarahkan pada efisiensi dan efektivitas serta adanya standarisasi layanan akademik dan administrasi, serta kualitas pembelajaran yang lebih baik. pada era AI, kebijakan teknologisasi yang berkembang belum secara maksimal dapat mengendalikan dampak dari AI dalam mendorong budaya kritis dan analitik di kalangan civitas akademik, potensi yang dapat terjadi terdapat dua hal yaitu potensi positif dan negative yang dapat menjadi persoalan dan tantangan ke depan.
References
Anih, E. (2016). Modernisasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi Memasuki Abad 21. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA), 185-196.
Eka Puji Astutik, N. A. (2023). ARTIFICIAL INTELLIGENCE: DAMPAK PERGESERAN PEMANFAATAN
KECERDASAN MANUSIA DENGAN KECERDASAN BUATAN BAGI DUNIAPENDIDIKAN DI
INDONESIA . Sindoro:CENDIKIA PENDIDIKAN Vol.1 No.10 Tahun 2023, 101-112.
Fajar Arianto, L. H. (2020). Model Penerimaan dan Pemanfaatan Teknologi E-LEARNING di Perguruan
Tinggi . Jurnal Teknologi Pendidikan Vol 8 No 1, 110-121.
Indrayani, E. (2011). Pengelolaan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1 , 51-67.
Isep Sunandi, J. J. ( 2023). Dampak Integrasi Teknologi pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan
Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 7 Nomor 1, 3046-3054.
Jaakkola, M. (2023). Reporting on artificial intelligence: a handbook for journalism educators. Paris:
UNESCO.
Kebudayaan, M. P. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020
tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khairul Marlin, E. T. (2023). Manfaat dan Tantangan Penggunaan Artificial Intelligences (AI) Chat
GPTTerhadap Proses Pendidikan Etika dan Kompetensi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi .
INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 5192-5201.
Marsus Suti, M. Z. (2020). Tata Kelola Perguruan Tinggi dalam Era Teknologi Informasi dan Digitalisasi.
JEMMA, Volume 3 Nomor 2, September, 203-214.
Muhammad Ade Kurnia Harahap, H. L. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (AI) Bagi
Dosen Dalam Menghadapi Tantangan Perguruan Tinggi Pada Era Disrupsi. Innovative: Journal
of Social Science Research, 10566-10576.
Noer Hafidz Harsya, Z. C. (2024). Evaluasi Pandangan Mahasiswa UNNESTerhadap Dampak Positif
danHambatan Penggunaan AI (ChatGPT) dalamPembelajaran. Jurnal Majemuk Vol.3No. 2 Juni,
-374.
Rahmayanti, M. L. (2008). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pendidikan pada Perguruan
Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Teknoin 2008 , (pp. 133-141). Yogyakarta.
Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal
of Multidisciplinary on Social and Technology Vol. 2No. 1,, 37-42.
Sardjana, D. (2015, Juni 26). Kebijakan E-learning Perguruan Tinggi dalam Strategi Manajemen
Pendidikan. Retrieved from kompasiana.com:
https://www.kompasiana.com/sardjana/54ff9727a333114f5c50fb29/kebijakan-e-learning-
perguruan-tinggi-dalam-strategi-manajemen-pendidikan
Soni Akhmad Nulhaqim, R. D. (xx). Peranan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan
di Indonesia untuk Menghadapi ASEAN Community 2015 Studi Kasus: Universitas Indonesia,
Universitas Padjajaran, Institute Teknologi Bandung. SHARE: Social Work Jurnal Vol 6 No 2,
-272.
Keywords | : |
Keywords:
Kebijakan pendidikan, Perguruan tinggi, AI.
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-29
|
How to Cite | : |
Hastangka. (2024). Kebijakan Teknologisasi di Pendidikan Tinggi: Persoalan dan Tantangan pada Era Artificial Intelligence (AI). PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 145–151. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2142
|
Issue | : |
Section
Articles
|