Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Konteks STEM Pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki hasil penelitian terkait keterampilan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan STEM yang terintegrasi dengan PjBL. Pendekatan pembelajaran dirancang agar peserta didik memahami materi pelajaran, mengaitkan pengetahuan baru dengan pengetahuan sebelumnya dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Systematic Literature Review (SLR) dengan model metasintesis, penelitian ini memilih artikel penelitian terkait keterampilan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar dalam pembelajaran IPA melalui pendekatan STEM yang terintegrasi dengan PjBL dari Google Scholar dan Google Site masing-masing sebagai sumber data Primer dan data sekunder. Setelah ditinjau melalui kriteria inklusi dan eksklusi yang dinilai dengan penilaian kualitas, maka dilakukan analisis terhadap 10 artikel ilmiah. Temuan menunjukkan bahwa banyak penelitian yang memiliki minat yang besar untuk mengembangkan materi belajar mengajar berbasis STEM terintegrasi PjBL untuk mencapai pembelajaran abad 21 seperti keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berpikir kritis, keterampilan bertanya dasar, dan keterampilan literasi sains.
References
Afifah, A. N., Ilmiyati, N., & Toto, T. (2019). MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 73. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i2.1910
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Pembelajaran berbasis proyek terintegrasi batang untuk meningkatkan literasi sains siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 261-267. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i2.5493
Lyn, J., Ramos, S., Dolipas, B. B., & Villamor, B. B. (n.d.). Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kinerja Akademik dalam Fisika Mahasiswa: Sebuah Analisis Regresi. Jurnal Internasional Isu Penelitian Interdisipliner Inovatif, 4, 2013. http://education.qld.gov.au/corporate/newbasics/html/pedagogies/intellect/int1a.html
Nuryani, S., Hamdani, M. L., & Khaleda, N. I. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599-603. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf
Oktavia, Z., & Ridlo, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Siswa Sekolah Dasar dalam Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbasis STEM. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(3), 311-320. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.27573
Puji Lestari, T., & Susilogati Sumarti, S. (2018). Model Project Based Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD. 18 JPE, 7(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Rahmawati, Y., Hadinugrahaningsih, T., Ridwan, A., Palimbunga, U. S., & Mardiah, A. (2021). Mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SMK pada mata pelajaran elektrokimia melalui pembelajaran STEM - Project-based learning (STEM-PjBL). Prosiding Konferensi AIP, 2331. https://doi.org/10.1063/5.0041915
Riti, Y. U. R., Degeng, I. N. S., & Sulton. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Menerapkan Metode Design Thinking untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran Kimia. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Sri Kuwita Gandi, A., Haryani, S., & Setiawan, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi STEM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Artikel Info. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 18-23. https://doi.org/10.15294/jpe.v10i1.33825
Sumarni, W., Wijayati, N., & Supanti, S. (2019). KEMAMPUAN KOGNITIF DAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERPENDEKATAN STEM SMA Negeri 14 Semarang 2). In Jurnal Pembelajaran Kimia OJS (Vol. 4, Issue 1).
Wulandari, A., Yektyastuti, R., & Effane, A. (n.d.). Design Thinking Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar.
Keywords | : |
Keywords:
Systematic Literature Review (SLR), STEM-PjBL, Berpikir Kritis, SLR, STEM-pjbl, berpikir kritis
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-18
|
How to Cite | : |
Hasanah Dewi Lestari, Rahmawati, Y., & husman, herlina. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Konteks STEM Pada Pembelajaran IPA Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 189–195. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2136
|
Issue | : |
Section
Articles
|