Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi (DRTA) Direct Reading Thinking Activity Siswa Kelas V.I SDN 101/II Muara Bungo
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah peneliti menemukan kendala pada siswa di kelas V.I SDN 101/II Muara Bungo, dimana proses belajar siswa dalam keterampilan membaca pemahaman masih kurang, terdapat beberapa orang siswa yang masih merasa kesulitan dalam menjawab pertanyaan dari guru, siswa masih kesulitan dalam menentukan ide pokok dalam setiap paragraf serta kesulitan dalam menceritakan kembali isi teks yang telah dibaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini adalah data kualitatif diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi peserta didik sedangkan data kuantitatif yaitu hasil belajar yang diperoleh dari tes hasil belajar.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat dari peningkatan proses pembelajaran dengan presentase proses pendidik mengajar yaitu siklus I pertemuan 1&2. 87,5% dan siklus II pertemuan 1&2. 92,5% serta presentase ketuntasan jumlah nilai siswa yang mencapai KKP pada kondisi awal 51,35% atau 19 siswa dari 37 siswa yang mencapai KKP, pada siklus I siswa yang mencapai KKP (67,56%) atau (25) orang dari 37 siswa, dan pada siklus II siswa yang mencapai KKP sebesar (81,10%) atau (30) orang dari 37 siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Direct Reading Thinking Activity dapat meningkatkan proses keterampilan membaca pemahaman siswa dikelas V.I SDN 101/II Muara Bungo.
References
Dalman.2013.Keterampilan membaca.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Isnatunnikmah, A., & Rianto, E. (2016). Metode silaba terhadap kemampuan membaca permulaan anak disleksia
kelas 3 di SD. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(2), 1-10.
Khomariah Nur. 2013. “Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi Directed Reading
Thingking Activity (DRTA) pada siswa kelas V SDN Karanganyer 01 Kota Semarang.
Ramadaniah, A. R., & Hakim, I. A. (2018). Minat Baca Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Taman Bacaan
Masyarakat Jayanti Palembang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment.
Saddhono, F. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: CV. Karya Putra Darwati
Stauffer, Russel G. (2012). Directing Reading Maturity as A Cognitiv Proces. New York: Harper & Row Publishers
Sulistyo, A. (2017). Evaluasi program budaya membaca di sekolah dasar negeri. Kelola: Jurnal Manajemen
Pendidikan, 4(1), 48-58.
Tampubolon, (2018) Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien, (Bandung: Angkasa)
Tolibin, I. (2014). Pengaruh Penggunaan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Kemampuan
Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V MI S Sidorejo Tahun Ajaran 2013/2014. FIP UNY. Diperoleh 20
Desember 2014, dari eprints.uny.ac.id/13539/1/Skripsi.
Wiryodijoyo, Suwaryono. (2013). Membaca : strategi pengantar dan tekniknua Jakarta : FKIP UNIVERSITAS
BENGKULU
Keywords | : |
Keywords:
membaca pemahaman, strategi DRTA, PTK
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-18
|
How to Cite | : |
Agustomi, aprizan, & helida fitra, dedek. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi (DRTA) Direct Reading Thinking Activity Siswa Kelas V.I SDN 101/II Muara Bungo. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 206–210. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2133
|
Issue | : |
Section
Articles
|