Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi (DRTA) Direct Reading Thinking Activity Siswa Kelas V.I SDN 101/II Muara Bungo

Agustomi ( a:1:{s:5:"en_US";s:36:"Universitas Muhammadiyah Muara Bungo";} )
aprizan ( universitas muhammadiyah muara bungo, Indonesia )
dedek helida fitra ( universitas muhammadiyah muara bungo, Indonesia )

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah peneliti menemukan kendala pada siswa di kelas V.I SDN 101/II Muara Bungo, dimana proses belajar siswa dalam keterampilan membaca pemahaman masih kurang, terdapat beberapa orang  siswa yang masih merasa kesulitan dalam menjawab pertanyaan dari guru, siswa masih kesulitan dalam menentukan ide pokok dalam setiap paragraf serta kesulitan dalam menceritakan kembali isi teks yang telah dibaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini adalah data kualitatif diperoleh dari lembar observasi guru dan lembar observasi peserta didik sedangkan data kuantitatif yaitu hasil belajar yang diperoleh dari tes hasil belajar.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat dari peningkatan proses pembelajaran dengan presentase proses pendidik mengajar yaitu siklus I pertemuan 1&2. 87,5% dan siklus II pertemuan 1&2. 92,5% serta presentase ketuntasan jumlah nilai siswa yang mencapai KKP pada kondisi awal 51,35% atau 19 siswa dari 37 siswa yang mencapai KKP, pada siklus I siswa yang mencapai KKP (67,56%) atau (25) orang dari 37 siswa, dan pada siklus II siswa yang mencapai KKP sebesar (81,10%) atau (30) orang dari 37 siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Direct Reading Thinking Activity dapat meningkatkan proses keterampilan membaca pemahaman siswa dikelas V.I SDN 101/II Muara Bungo.

References

Dalman.2013.Keterampilan membaca.Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Isnatunnikmah, A., & Rianto, E. (2016). Metode silaba terhadap kemampuan membaca permulaan anak disleksia

kelas 3 di SD. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(2), 1-10.

Khomariah Nur. 2013. “Peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi Directed Reading

Thingking Activity (DRTA) pada siswa kelas V SDN Karanganyer 01 Kota Semarang.

Ramadaniah, A. R., & Hakim, I. A. (2018). Minat Baca Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Taman Bacaan

Masyarakat Jayanti Palembang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment.

Saddhono, F. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: CV. Karya Putra Darwati

Stauffer, Russel G. (2012). Directing Reading Maturity as A Cognitiv Proces. New York: Harper & Row Publishers

Sulistyo, A. (2017). Evaluasi program budaya membaca di sekolah dasar negeri. Kelola: Jurnal Manajemen

Pendidikan, 4(1), 48-58.

Tampubolon, (2018) Kemampuan Membaca Teknik Membaca Efektif dan Efisien, (Bandung: Angkasa)

Tolibin, I. (2014). Pengaruh Penggunaan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) terhadap Kemampuan

Membaca Pemahaman pada Siswa Kelas V MI S Sidorejo Tahun Ajaran 2013/2014. FIP UNY. Diperoleh 20

Desember 2014, dari eprints.uny.ac.id/13539/1/Skripsi.

Wiryodijoyo, Suwaryono. (2013). Membaca : strategi pengantar dan tekniknua Jakarta : FKIP UNIVERSITAS

BENGKULU


Keywords  :  
Keywords: membaca pemahaman, strategi DRTA, PTK
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-18
How to Cite  :  
Agustomi, aprizan, & helida fitra, dedek. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi (DRTA) Direct Reading Thinking Activity Siswa Kelas V.I SDN 101/II Muara Bungo. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 206–210. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2133
Issue  :