Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Make A Match Untuk Peserta Didik Kelas III Di SDN 103/II Tanjung Agung
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses dan hasil belajar yang rendah pada pembelajaran matematika kelas III SDN 103/II Tanjung Agung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan proses dan hasil belajar matematika menggunakan model make a match di kelas III SDN 103/II Tanjung Agung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus masing –masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 103/II Tanjung Agung. Penelitian ini dilaksanakan di semester dua tahun ajaran 2024 di SDN 103/II Tanjung Agung. Data penelitian ini di kumpulkan melalui teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil persentase ketuntasan jumlah nilai siswa yang mencapai KKM pada kondisi awal 36,36% atau 8 siswa dari 22 siswa yang mencapai KKM, pada siklus I siswa yang mencapai KKM 59,09% atau 13 orang dari 22 siswa, dan pada siklus II yang mencapai KKM sebesar 86,36% atau 19 orang dari 22 siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan proses dan hasil matematika peserta didik kelas III di SDN 103/II Tanjung Agung.
References
Aliputri, D.H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1): 70-77.
Anggraeni, Andini Setyo. “Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan
Hasil Belajar Siswa Kompetensi Segitiga Dan Segiempat Bagi Siswa Kelas VII B SMPN 14 Surakarta Tahun
Ajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), (2017), Vol. 5: 85-103.
Annisa, L. & Wakijo. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make Match Berbasis Masalah
terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Trimurjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1),
-83.
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pelajar.
Bayu Ahyar, Dasep. 2021. Model-Model Pembelajaran. Surakarta: Pradina Pustaka
Fatimah, I.D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Media Kartu Bergambar Untuk
Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan, 2(1): 28-37
Heruman, (2016). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Majid Abdul, (2017). Strategi Pembelajaran, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2017). Statiska untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Keywords | : |
Keywords:
proses, hasil belajar matematika, make a match
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-29
|
How to Cite | : |
ANDIKA RAHMAN, eka putra, R., & Dani, R. (2024). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Make A Match Untuk Peserta Didik Kelas III Di SDN 103/II Tanjung Agung. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1). Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2132
|
Issue | : |
Section
Articles
|