Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Make A Match Untuk Peserta Didik Kelas III Di SDN 103/II Tanjung Agung

ANDIKA RAHMAN ( a:1:{s:5:"en_US";s:36:"UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO";} )
Randi eka putra ( universitas muhammadiyah muara bungo, Indonesia )
Refril Dani ( universitas muhammadiyah muara bungo, Indonesia )

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses dan hasil belajar yang rendah pada pembelajaran matematika kelas III  SDN 103/II Tanjung Agung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan proses dan hasil belajar matematika menggunakan model make a match di kelas III SDN 103/II Tanjung Agung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus masing –masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 103/II Tanjung Agung. Penelitian ini dilaksanakan di semester dua tahun ajaran 2024 di SDN 103/II Tanjung Agung. Data penelitian ini di kumpulkan melalui teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil persentase ketuntasan jumlah nilai siswa yang mencapai KKM pada kondisi awal 36,36% atau 8 siswa dari 22 siswa yang mencapai KKM, pada siklus I siswa yang mencapai KKM 59,09% atau 13 orang dari 22 siswa, dan pada siklus II yang mencapai KKM sebesar 86,36% atau 19 orang dari 22 siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match dapat meningkatkan proses dan hasil matematika peserta didik kelas III di SDN 103/II Tanjung Agung.

References

Aliputri, D.H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1): 70-77.

Anggraeni, Andini Setyo. “Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan

Hasil Belajar Siswa Kompetensi Segitiga Dan Segiempat Bagi Siswa Kelas VII B SMPN 14 Surakarta Tahun

Ajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), (2017), Vol. 5: 85-103.

Annisa, L. & Wakijo. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make Match Berbasis Masalah

terhadap Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Trimurjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1),

-83.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pelajar.

Bayu Ahyar, Dasep. 2021. Model-Model Pembelajaran. Surakarta: Pradina Pustaka

Fatimah, I.D. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Dengan Media Kartu Bergambar Untuk

Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan, 2(1): 28-37

Heruman, (2016). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Majid Abdul, (2017). Strategi Pembelajaran, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2017). Statiska untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


Keywords  :  
Keywords: proses, hasil belajar matematika, make a match
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
ANDIKA RAHMAN, eka putra, R., & Dani, R. (2024). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Make A Match Untuk Peserta Didik Kelas III Di SDN 103/II Tanjung Agung. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1). Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2132
Issue  :