Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Terhadap Penguasaan Pemahaman Konsep Fisika Siswa

Septhiany Pricillya ( Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )
Hadi hasbey ( Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )
I Made Astra ( Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )

Abstract

 

Pendidikan di abad 21 menuntut para pendidik agar dapat mempersiapkan proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat menguasai pembelajaran secara aktif, seperti pemahaman akan konsep-konsep fisika melalui penerapan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan hakikat pembelajaran fisika. Berdasarkan observasi yang dilakukan di salah satu SMAN Jakarta, yakni siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep fisika. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat mengoptimalkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran fisika yaitu model pembelajaran REACT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemahaman konsep fisika pada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran REACT Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experimental design berbentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian berupa 2 kelas XI dilakukan dengan cara purposive sampling, kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) dan kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Dengan menganalisis perbedaan antara skor pretest dan posttest serta menghitung gain yang ternormalisasi, hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep fisika siswa pada materi Momentum dan Impuls.

References

Arifin, F. A., Mufit, F., & Asrizal. (2021). Validity and practicality of interactive multimedia based on cognitive

conflict integrated new literacy on thermodynamic and mechanical waves material for class xi high school

students. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1).

Arifuddin, Sutrio, & Taufik, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Berbasis Hands On Activity dalam

Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi

Pendidikan, 7(2), 894–900.

Damayanti, E. D., Fitrianti, A., Rusdiana, D., & Suwarma, I. R. (2022). Respon Siswa Terhadap Pengembangan Alat

Praktikum Digital Gerak Jatuh Bebas Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Jurnal Ikatan Alumni Fisika

Universitas Negeri Medan, 8(1), 12–17.

Dewi, N. G., Irianti, M., Riau, U., Bina Widya, K. K., Baru, S., Tampan, K., & Pekanbaru, K. (2023). Penggunaan

Media Pembelajaran Fisika Vascak Physics Animation untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada

Materi Alat Optik Kelas XI SMA Negeri 3 Bangko Pusako. Journal on Education, 5(2), 4774–4782.

Khoiri, N. (2021). Efektivitas Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Proses Sains.

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 72–77.

Novitasari, D., Widyaningsih, S. W., & Sebayang, S. R. B. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik

Kelas X IPA di SMA Negeri 1 Manokwari melalui Pembelajaran Online. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu

Fisika, 3(1), 39–57.

Rizal, M. S. A., Pujianto, D., & Permadi, A. (2022). Pengaruh Metode Latihan 5-post drill terhadap hasil three point

shooting klub basket MBK Kota Bengkulu. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2),

–287.

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites

untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah

Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.

Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72–77.

Taraufu, A. F., Gumolung, D., & Caroles, J. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran REACT (Relating,

Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transferring) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep

Asam Basa. Oxygenius Journal Of Chemistry Education, 2(2), 52.


Keywords  :  
Keywords: REACT, pemahaman kondep, momentum, impuls
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Septhiany Pricillya, hasbey, H., & Astra, I. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) Terhadap Penguasaan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 301–305. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2118
Issue  :